26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bangun Dua Sekolah Umum di Payakumbuh Selatan
B

Kategori -
- Advertisement -

Janji pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako H. Suwandel Muchtar, untuk mewujudkan dua bangunan sekolah lanjutan di Kecamatan Payakumbuh Selatan terwujud.  Gedung SMPN 10 Payakumbuh di Kelurahan Kapalo Koto, yang rampung, April  2014, diresmikan pemakaiannya oleh Wawako Suwandel Muchtar, dalam acara di halaman gedung sekolah tersebut, Selasa (17/6).

Peresmian gedung SMPN 10 di atas lahan lebih kurang  1,5 hektar itu, dihadiri ratusan warga setempat bersama Wakil Ketua DPRD Suhaimi Birran,  Anggota Muspida, Pimpinan SKPD, Camat Payakumbuh Selatan Herlina, Ketua KAN Aur Kuniang YB. Dt. Parmato Alam, Ketua KAN Limbukan Th. Dt. S nan Mangiang, Ketua GOW Ny. Hj. Rasyidah Suwandel, Kepala-Kepala SD/SLTP/SLTA se-Kota Payakumbuh, dan sejumlah undangan lainnya.

Sebuah sekolah lagi yang tengah dipacu penyelesaiannya, adalah SMAN 5 Payakumbuh di kawasan Tangah Padang Kelurahan Balai Panjang. Bangunan SMAN 5 ini, untuk tahap awal  sudah  rampung sejak Mei lalu. Gedung sekolah ini akan dilanjutkan lagi pembangunannya tahun depan. Dana pembangunannya sebesar Rp1,4 Miliar lebih, merupakan bantuan pemerintah pusat  (block green).

Sementara, dana pembangunan SMPN 10, dilaporkan Kepala Disdik Payakumbuh H. Hasan Basri Sy, S.Pd,  berasal dari hibah Pemerintah Australia, lewat program Kemitraan Pendidikan Australia dengan Indonesia.  Selain fisik, juga dibantu dengan mobiler dan perabot sekolah, yang nilainya lebih kurang Rp1,9 Miliyar.

Bangunan terdiri dari 9 ruang kelas, gedung perpustakaan, gedung labor, gedung majelis guru dan gedung kantor serta kepala sekolah.  Fisik bangunan sekolah ini, juga disesuaikan dengan  kebutuhan  anak-anak disabel. Pelajar yang memakai kursi roda, dapat leluasa masuk ruang kelas, tidak harus melewati anak  tangga.

Menurut Hasan,   SMPN 10 yang baru beroperasi  tahun ajaran 2013/2014 ini,  memiliki 33 pelajar kelas I. Sebelumnya, menumpang belajar di gedung SMPN 9 di Jalan Pahlawan  Payakumbuh.   Usai diresmikan, seluruh pelajar akan pindah ke gedung baru di Kapalo Koto. Dan tahun ajaran 2014/2015, SMPN 10 akan menerima 200 murid baru,  katanya.

Tokoh masyarakat setempat YB. Dt. Parmato Alam, yang juga Ketua KAN Aur Kuniang serta anggota DPRD Payakumbuh dari fraksi Partai Golkar ini, mengucapkan penghargaan kepada  Pemko yang punya kepedulian tinggi mengatur pemerataan sekolah di lima kecamatan Payakumbuh. Menurutnya, warga Payakumbuh Selatan, akan  terus berpartisipasi mendukung pembangunan, sepanjang memberingkatikan kontribusi buat kemaslahatan rakyat banyak, sebutnya.

Wakil Walikota Suwandel Muchtar dalam sambutannya mengatakan, komitmen Pemko dibidang pendidikan sangat tinggi, dalam rangka menciptakan sumber daya manusia  berkualitas, beriman dan bertaqwa. Bidang pendidikan, katanya, visi Kepala Daerah yang sudah dituangkan dalam RPJMD 2012-2017. Karena itu, penganggarannya dalam APBD Payakumbuh pun, mendapat kapling paling tinggi, di atas 30%.

Target Pemko, dengan makin ditingkatkannya pembangunan infrastruktur dan fasilitas sekolah,  ke depan  akan banyak lahir pelajar berkualitas yang mampu bersaing dalam  olimpiade sains internasional. Karena itu, secara terus menerus, Dinas Pendidikan Payakumbuh, diharapkan, meningkatkan kualitas tenaga pengajar, yang akhirnya berdampak kepada  semula lulusan  pelajar di Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img