29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Balitbangtan dan MSU Kerjasama Kembangkan Kentang Tahan Busuk Daun
B

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Kentang merupakan salah satu komoditas unggulan hortikultura di Indonesia. Dalam skala global, kentang dianggap sebagai sumber bahan pangan setelah padi, jagung dan gandum. Pengembangan kentang di Indonesia bertujuan memenuhi kebutuhan kentang olahan maupun kentang meja.
baca juga : Dengan Pembangunan Yang Merata Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat
Beberapa kendala produksi kentang di Indonesia antara lain terbatasnya lahan-lahan pertanaman dan hanya di daerah-daerah tertentu terutama dataran tinggi. Tidak kalah penting adalah kendala serangan penyakit terutama penyakit busuk daun disebabkan oleh Phytophthora infestans.
Petani mengendalikan serangan penyakit ini dengan menggunakan penyemprotan fungisida sebanyak 20-30 kali per musim tanam untuk memproleh hasil seperti yang diharapkan tanpa mempertimbangkan dampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan. Usaha pengendalian yang ramah dilakukan hanya bisa dicapai dengan memanfaatkan varietas tahan terhadap penyakit busuk daun.
Melalui kerjasama antara Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), yaitu Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen) dan Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), dalam wadah Agricultural Biotechnology Support Project II/USAID diperoleh varietas tetua Katahdin dari hasil Bioteknologi yang membawa gen tahan terhadap P. infestans dengan spektrum ras yang luas.
Hasil pengujian di beberapa lokasi menunjukkan bahwa turunan Granola tahan dan Atlantic tahan menunjukkan ketahanannya terhadap P. infestans di beberapa lokasi pertanaman di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Ketahanan bisa mencapai umur tanaman 50 hari tanpa penyemprutan fungisida.
Kentang biotek ini telah dinyatakan aman pangan dan lingkungan oleh Badan POM Indonesia serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Untuk antisipasi patahnya ketahanan kentang hasil biotek tersebut, melalui dana dari USAID Balitbangtan (BB Biogen dan Balitsa) bekerjasama dengan Michigan State University (USA) melalui Feed the Future Biotechnology Potato Partnership (FtFBPP) Project mengembangkan kentang Granola tahan P. infestans yang bersifat lebih lama atau berkelanjutan (durable). Kentang yang dikembangkan mengandung tiga gen ketahanan berbeda dan berspektrum ras yang luas.
Dalam kunjungannya ke BB Biogen, salah satu Associate Profesor yang terlibat di penelitian tersebut yaitu Dr. Phillip Wharton (Ahli Patologi Kentang dari University of Idaho, USA) menyampaikan pentingnya pemanfaatan varietas tahan dalam produksi kentang. Penggunaan varietas kentang tahan P. infestans sangat membantu petani dalam produksinya.
“Kentang yang memiliki gen ketahanan lebih dari satu tentunya akan lebih unggul dibandingkan dengan yang mengandung gen tunggal karena bila suatu saat satu gen tidak ampuh lagi maka gen lain akan meggantikan fungsi ketahanannya,” kata Philip.
Selama ini kerjasama antara Balitbangtan dengan MSU berjalan lancar dan diharapkan varietas Granola yang dikembangkan mengandung tiga gen ketahanan terhadap penyakit busuk daun akan memberikan manfaat besar bagi petani kentang dan ramah lingkungan serta petani sejahtera.(rel balitbang)
 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.
- Advertisement -

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).
- Advertisement -

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Andre Minta Kader Kerja Keras Untuk Hadapi Pemilu 2024

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Rabu 7/4 malam rakorda Gerindra Sumbar digelar. Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Daerah ini lansung langsung dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

Kukuhkan Pengurus Lokal Orari, Wako Sawahlunto: Solusi Sulitnya Jaringan Telekomunikasi

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta mengukuhkan pengurus lokal Organisasi Radio Amatir (Orari) Sawahlunto Sijunjung, Camping Ground Kandi, Minggu (14/3). Walikota berjanji akan membantu...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...
- Advertisement -