24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Asdep KemenPAN-RB Evaluasi Layanan Publik Di Payakumbuh
A

Kategori -

Payakumbuh — Asisten Deputi Pelayanan Publik Wilayah 1 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) Jeffrey Erlan Muller mendatangi Kota Payakumbuh, Kamis (3/9).

Kehadiran rombongan disambut Wali Kota Riza Falepi yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda, Kepala DPMPTSP Harmayunis, Kadisdukcapil Yunida Fatwa, Asisten I Yoherman, serta Kapolresta Payakumbuh AKBP Alex Prawira di Balaikota Payakumbuh.

Kunjungan orang kementerian ini dalam rangka mengevaluasi pelayanan publik pada Unit Pelayanan Publik (UPP) di Lingkup Kota Payakumbuh seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Polres, dan Mal Pelayanan Publik MPP.

“Sesuai dengan Permenpan Nomor 17 Tahun 2017 tentang pedoman penilaian kinerja UPP,” kata Jeffrey didampingi Maulana, Taufik, dan Nanang.

“Kami dari tim penilai KemenPAN-RB hanya tujuh orang, Payakumbuh alhamdulillah menjadi salahsatu kota yang dapat kami datangi langsung, dan ada beberapa kota/kabupaten lain yang kami dibantu sama tim provinsi untuk penilaian evaluasinya,” tambah Jeffrey.

Diterangkannya, karena wabah Covid-19, khusus rumah sakit kali ini tidak dilakukan evaluasi ke lapangan. Tahun dulu, tim kementerian langsung datang ke kota/kabupaten.

“Saat ini kami lebih berdasarkan analisa kerja, melihat hasil masukan sebelumnya, dari hasil analisa sebelumnya dan kami klarifikasi. Melihat di dua OPD Pemko Payakumbuh DPMPTSP dan Disdukcapil sudah cukup baik, target kinerja cukup terpenuhi lah,” kata Jeffrey.

Menurut Jeffrey, situasinya sangat bisa dimengerti karena disaat pandemi Covid-19. Namun untuk pelayanan publik, pemerintah harus selalu hadir melayani, tidak ada namanya pelayanan dihentikan atau ditutup, yang ada itu pertemuan fisik ditidakan.

“Dalam situasi ini layanan online dapat menjadi andalan, kita melihat ada hikmahnya bagaimana teknologi informasi bisa dimanfaatkan dengan cukup baik oleh pemerintah, apakah mereka mampu menghadirkan pelayanan prima dengan tantangan yang ada,” pungasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Rida Ananda menerangkan Pemerintah Kota Payakumbuh sangat memperhatikan urusan pelayanan, bahkan untuk saat ini saja, meski di tengah pandemi yang membuat pelayanan menjadi serba terbatas, upaya memberikan layanan di menjadi tantangan tersendiri.

“Di MPP, biasanya pelayanan instansi vertikal dan instansi Pemko itu full. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 maka beberapa layanan instansi dihentikan dulu. Kita juga dibantu sama layanan polres yang terbaru, yaitu layanan perpanjangan SIM A dan C usai MPP didatangi Mabes Polri beberapa waktu lalu, kunjungannya bisa sampai 50 orang perhari di awal-awal bulan,” terang Sekda. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Jangkau Pasar Yang Luas, Bupati Dorong UMKM Sertifikasi Produk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Rabu 21/4 Inspektur Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Dra, Maya Gustina Andarini, Apt, Msc berkunjung ke Limapuluh Kota. Tim Dari Balai Obat Dan Makanan ini disambut lansung oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo
- Advertisement -

Wabup Limapuluh Kota Pimpin Rapat Pembahasan Geopark

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri Pimpin Rapat Pembahasan Geopark Senin ( 19/04/2021 ) di Ruang Rapat Bupati Limapuluh Kota.

Tim Safari Ramadhan DPRD Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Al Mukarrahmah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Didampingi Ketua DPRD Kota Payakumbuh Beserta Sekretaris Daerah Dan Jajaran OPD Kota Payakumbuh, Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Mesjid Al-Mukarrahmah Padang Tinggi Piliang, Sabtu (17/4). Tim Safari Ramadhan dari Provinsi Sumatra Barat Dipimpin oleh Supardi,Ketua DPRD Sumbar.
- Advertisement -

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Percakapan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di group internal ASN dilingkungan pemerintah kota (Pemkot) setempat, yang isinya menyentuh perasaan beredar luas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Dokter Bek : Pasien Covid-19 Meninggal Kemarin, Hasil Swab Baru Keluar Hari Ini

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. BM, laki-laki (67), warga Padang Tangah Payobadar yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan gejala demam, batuk serta lemah anggota gerak dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Walikota dan Kapolres komit Atas Keputusan Pemerintah Menghadapi pengamanan Idul Fitri 1442 H

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berdasarkan surat telegram Kapolda Sumbar nomor : STR/1235/VI/OPS.1.1/2021 tanggal 20 April 2021, Polres Payakumbuh menerima undangan zoom meeting Rakor lintas sektoral Ops Ketupat SGL 2021.

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Pelatihan Rendang Go Digital Oleh Pertamina, Peserta Diberi Materi “Dagiangnyo Bana”

ayakumbuh,BeritaSumbar.com,- 40 orang pengusaha Randang telah mengikuti pelatihan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce dilaksanakan oleh BUMN Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh selama dua hari, bahkan mereka mendapat bantuan tabung LPG Bright Gas ukuran 5 Kg.

Asyik Mabuk Lem Konsumsi Miras, 5 Remaja Diamankan Pol PP

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di bulan suci ramadhan yang suci dan penuh berkah, Pemerintah Kota Payakumbuh terus membuktikan komitmen untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bebas dari segala bentuk maksiat dan penyakit masyarakat.

Hadiri Vaksinasi Kedua, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Selalu Patuhi Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama pada tanggal 23 Maret 2021 yang langsung disaksikan oleh walikota Riza Falepi, tepat pada hari Selasa (20/4/2021) kembali dilaksanakan proses vaksinasi kedua yang bertempat di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat.

Bersama Pertamina, Pelaku UMKM Payakumbuh Ikuti Workshop Digital

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz membuka secara resmi kegiatan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce yang berlokasi di Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh, Selasa (20/4).

Chairul Anwar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pilkada Kota Payakumbuh tidak jadi dihelat tahun depan. Pilkada Serentak baru akan digelar tahun 2024 mendatang. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para kandidat yang ingin maju di pilkada Kota Payakumbuh mendatang untuk sosialisasi.
- Advertisement -