27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Anwar Abbas peraih suara tertinggi sidang tanwir Muhammadiyah, berasal dari Guguak Limopuluah Kota
A

Kategori -

Makassar – Perwakian pimpinan wilayah dari seluruh provinsi Indinesia sudah menetapkan 39 calon tetap pengurus pusat Muhammadiyah melalui sidang tanwir (pra muktamar) Muhammadiyah di Makassar, Ahad 2 Agutus 2015. Di antara calon tetap yang akan bersaing menjadi 13 formatur periode 2015-2020 itu ada sejumlah tokoh yang berasal dari Sumatera Barat.

“Ada beberapa putra daerah Sumatera Barat yang masuk dalam 39 calon tetap tersebut,” ujar Sekretaris Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat Nurman Agus, Ahad 2 Agustus 2015.

Calon yang berasal dari Sumatera Barat itu di antaranya, Anwar Abbas. Pria kelahiran Guguak Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat itu, mendapatkan suara tertinggi pada sidang tanwir, 151 suara.

Yunahar Ilyas, 59 tahun. Guru Besar Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta in lahir di Bukittinggi Sumatera Barat. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Pada sidang tanwir Yunahar mendapatkan 149 suara.

Kemudian, Goodwil Zubir. Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia itu berasal dari Padang Sumatera Barat. Pria berusia 53 tahun itu pernah menjabat Sekretaris PP Muhamadiyah dan Ketua PP Muhammadiyah. Alumni IAIN Imam Bonjol Padang in mendapatkan 120 suara. “Lalu ada juga ada Yusuf Syafruddin Anhar yang masuk 39 calon tetap tersebut,” ujarnya.

Kata Nurman, peserta Muktamar akan memili 13 orang dari 39 orang calon sebagai pimpinan. Mereka yang akan menjadi formatur untuk memilih ketua umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020.

Menurutnya, 39 calon tersebut sudah memenuhi semua kriteria ketua umum. Namun, bagi Nurman, yang terpenting itu ketua umum terpilih memiliki high ideologi dan high politik. “Itu tak bisa dipisahkan,” ujarnya.

Sebelumnya, penetapan daftar calon tetap dibacakan Ketua Panitia Pemilihan sekaligus Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais pada sidang pleno sekitar pukul 10.00 WITA. Pembacaan di hadapan pimpinan sidang tanwir yang diketuai Haedar Nashir dan dihadiri 200 lebih peserta tanwir. Adapun pemutungan suara dilakukan Sabtu siang kemarin dan dilanjutkan penghitungan suara seca tertutup pada malam hari. “Hasil penghitungan suara menjadi keputusan yang diterima oleh seluruh peserta tanwir,” kata Dahlan Rais di sela sidang pleno, Ahad 2 Agustus 2015.


Sumber: Tempo/Andri El Faruqi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)
- Advertisement -