24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Aduh, By Pass Dua Jalur Padang Lagi-lagi Terkendala Lahan
A

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mendesak Pemerintah Kota Padang untuk segera merampungkan pembebasan 61 persil lahan yang masih tersisa agar pengerjaan jalur dua by pass dapat secepatnya dirampungkan.

Provinsi siap mendukung Pemkot Padang untuk menyelesaikan persoalan itu melalui jalan konsolidasi maupun ganti rugi, karena dana untuk itu sudah disiapkan, kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Mardi didampingi Kepala Bagian (Kabag) Data Praja, Darmansyah di Padang, Kamis.

Menurutnya, meskipun tersedia dana, tetapi Pemprov tidak bisa langsung mengalihkan cara pembebasan lahan tersebut dari konsolidasi kepada proses ganti rugi, karena tidak ada payung hukumnya.

Kalau kita tetap paksakan, akan beresiko hukum dan bisa berujung penjara, katanya.

Dari catatan Biro Pemerintahan menurut dia, 61 persil yang masih belum bebas itu terbanyak di daerah Kuranji diperkirakan 41 persil, Lubuk Begalung dan perbatasan Padang Pariaman dengan panjang kurang lebih dua kilometer.

Belum bebasnya lahan ini menurut dia karena masih belum sepahamnya tim “appraisal” dengan warga pemilik tanah.

“Harga tanah yang ditetapkan tim appraisal dinilai terlalu murah oleh warga pemilik tanah. Padahal, tim berpedoman kepada tim independen,” katanya.

Ia menambahkan, dalam proses konsolidasi ada bebarapa warga pemilik tanah yang menempuh jalur hukum dengan melakukan gugatan ke pengadilan. Diperkirakan sebanyak 14 pemilik tanah ini menang di pengadilan tingkat pertama.

Dalam tuntutannya mengharuskan Pemkot Padang untuk melakukan ganti rugi tanah. Namun, Pemkot Padang meminta tidak hanya pada pengadilan tingkat pertama, tapi harus keputusan pengadilan tinggi, ujarnya.

(Antara/Oleh Agung Pambudi)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img