26 C
Padang
Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

68 Santri Nurul Jihad Ikuti Khatam Al-Quran
6

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak 68 santri MDA Masjid Nurul Jihad Kelurahan Padang Datar, Kecamatan Payakumbuh Barat, ikuti khatam Al-Quran, Senin (4/8). Kegiatan Khatam ini diawali dengan kegiatan pawai taaruf yang dilaksanakan di Kelurahan Padang Datar. Turut hadir dalam peringatan khatam ini, Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar dan Kepala Kantor Kementerian Agama H. Salman K Memet, bersama sejumlah pejabat lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Khatam Al-Qur’an MDA Masjid Nurul Jihad Kelurahan Padang Datar, H. Zul Daswar, menginformasikan, dari 68 santri peserta khatam ini, 33 santri adalah laki-laki dan 35 santri perempuan. Kegiatan khatam Al-Qur’an itu, berlangsung selama dua hari, 3-4 Agustus 2014. Sementara sebagai penyemangat santri dalam berkhatam panitia menyiapkan beragam hadiah mulai dari peralatan elektronik, meja belajar hingga sepeda, total nilai sekitar Rp40 juta.

Walikota Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar, memberikan ucapan selamat kepada seluruh santri pengikut khatam dan para orang tua peserta. Keduanya, mengajak, para orang tua santri agar terus membimbing anak-anaknya terutama dalam segi ibadah dan aqidah sesuai dengan filosofi masyarakat minangkabau “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah”.

Kepada para santriwan dan santriwati, diingatkan, agar pasca perayaan khatam tidak berhenti membaca Alqur’an. Seyogianya, memotivasi diri agar mampu mendalami isi kandungan Alqur’an setiap hari. “Kalau perlu, seluruh murid TPA, hafal Alqur’an 30 juz, katanya.

Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh Salman K. Memed, selain mengapresiasi perayaan Khatam Al-Qur’an MDA Masjid Nurul Jihad Padang Datar, juga menantang TPA setempat, untuk melahirkan qori dan qoriah terbaik di tingkat provinsi. Untuk itu, para tenaga pengajar TPA/MDA, diminta, agar memberikan pelajaran dasar ilmu baca Alqur’an dengan tepat dan benar.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img