26 C
Padang
Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

68% Lebih Pelajar Payakumbuh Diterima di PTN Ternama
6

Kategori -
- Advertisement -

Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengaku, senang dan cukup bangga dengan prestasi yang diukir tamatan SLTA Payakumbuh. Dari 1.253 pelajar yang tamat pada tahun ajaran 2012/2013, 857 (68,39%)  siswa  di antaranya, diterima pada PTN (perguruan tinggi negeri) ternama di Indonesia.  Jumlah tersebut meningkat lebih tajam dibanding tahun sebelumnya.

Dihubungi di Payakumbuh, Minggu (24/11), Walikota Riza Falepi, mengemukakan, peningkatan mutu pendidikan pada seluruh tingkatan sekolah, target pertama yang ia berikan kepada  jajaran Dinas Pendidikan Payakumbuh. Tidak hanya peningkatan mutu, pihak sekolah juga dirangsang menciptakan pendidikan berkarakter dan berakhlak mulia. Aplikasinya, kegiatan menghafal Alqur’an  sudah berjalan di Payakumbuh, sejak awal November lalu.

Menurut Walikota Riza, Pemko sudah menyiapkan dana cukup besar mendorong pelajar lebih berprestasi, dengan berbagai beasiswa.  Selain dana Pemko, beasiswa juga diperuntukkan buat pelajar berprestasi dari keluarga golongan ekonomi lemah, lewat kegiatan CSR Bank Nagari.  Lebih kurang 1.000 pelajar akan mendapat beasiswa itu, katanya.

Terhadap pelajar yang mampu  menghafal Alqur’an 30 juz, sebut Walikota, Pemko akan mengirim yang bersangkutan menunaikan ibadah Umrah ke Mekkah. Reward seperti itu perlu dilakukan, agar pelajar Payakumbuh lebih termotivasi menghafal kita suci satu-satunya bagi umat Islam, kata Riza.

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh H. Hasan Basri Sy, S.Pd, di tempat terpisah mengatakan, tahun akademis 2011/2012, hanya 625 pelajar (50%)    yang diterima PTN ternama, dari 1.250 pelajar   Payakumbuh yang menyelesaikan pendidikannya waktu itu.

Peningkatan angka yang diterima pada PTN, seperti ITB dan  Unpad Bandung, UGM Yokyakarta, UI Jakarta, Unand Padang, Undip Semarang, USU Medan, Unair Surabaya, UNRI Pekanbaru itu,  bukti nyata usaha peningkatan mutu yang dilakukan Dinas Pendidikan dengan berbagai program cukup berhasil. “Kita akan terus mencari terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan di kota ini,” sebut Hasan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img