25 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

600-an Pramuka Berkemah, HUT PRAMUKA KE-52 MERIAH DI PAYAKUMBUH
6

Kategori -
- Advertisement -

Gelanggang Olahraga Kubu Gadang jadi ajang perkemahan bagi 600-an Pramuka Payakumbuh, sejak Kamis (29/8) hingga Minggu (1/9) mendatang. Anggota Pramuka berasal dari 36 Gudep, meliputi 14 Pangkalan SD dan masing-masing 11 Pangkalan SLTP dan SLTA itu, berkemah dalam rangkaian memperingati HUT Pramuka ke-52/2013. Kemah Hari Pramuka (KHP) itu, setelah dibuka Walikota Riza Falepi akan diisi dengan berbagai lomba yang bertajuk Best Of The Best Batiah Scouting Competition (BOB-BSC).

 

 

Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-52/2013, sekaligus pembukaan KHP dan Lomba BOB-BSC itu, berlangsung cukup meriah. Dihadiri anggota Muspida, sejumlah pimpinan SKPD, kepala sekolah dan sejumlah undangan lainnya. Walikota Riza Falepi, dalam pidatonya, mengajak seluruh generasi muda dan jajaran pendidikan untuk menjabarkan tema peringatan HUT Pramuka 2013.

 

Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermartabat melalui Gerakan Pramuka” yang menjadi tema besar peringatan Hari Pramuka tahun ini, dinilai walikota sangat erat dengan bagian dari visi dan misi Walikota Payakumbuh 2012-2017. Mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat, harus dimulai sejak dini. Dimulai dari rumah tangga, lingkungan sekolah dan di tengah masyarakat. Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah untuk membangun karakter bangsa yang luhur dan mulia, katanya.

 

 

 

Walikota Riza Falepi, mengapresiasi Kwarcab Pramuka Payakumbuh yang dipimpin H. Irwandi, SH, mantan Sekdako Payakumbuh, mampu menggelorakan semangat kepramukaan dilingkungan pendidikan, dari SD hingga ke tingkat SLTA. Sebuah prestasi yang pantas dibanggakan dan dipertahankan, katanya.

 

Menurut Walikota Riza, pendidikan kepramukaan berperan lebih besar dalam mencetak generasi muda yang berkarakter unggul, dan berwawasan kebangsaan yang kuat. Mampu melahirkan generasi muda yang punya nilai-nilai toleransi, semangat kebersamaan dan semangat kegotong-royongan. Bangsa dan negara ini menjadi besar dan dikenal luas di dunia, karena punya nilai-nilai budaya luhur yang tak luntur akibat arus globalisasi yang makin kuat, sebutnya.

 

Ketua Kwarcab Pramuka Payakumbuh H. Irwandi didampingi Sekretaris Kwarcab Pramuka Iwan, SE, melaporkan, selama kegiatan Kemah Hari Pramuka itu, akan diisi dengan lomba-lomba peraturan baris-berbaris (PBB), pionering, lintas medan, survival, cerdas cermat, nationalisme games (cinta tanah air), scout choir competition, tarik tambang, lomba yel-yel. Kwarcab Pramuka juga akan memilih pramuka putera dan pramuka puteri terbaik selama kemah hari pramuka.

 

 

Usai upacara, Walikota Payakumbuh menyematkan Lencana Darma Bakti Tahun 2013 kepada dua pengurus Pusdiklatcab Kwarcab Pramuka Payakumbuh, Syafyuzel, S.Pd, guru Pembina Pramuka SMKN 2 dan Yurnita Sitepu, S.Pd, Pembina Pramuka SMPN 4 Payakumbuh, didampingi Ketua Kwarcab Irwandi. Sebelum meninggalkan lapangan upacara, Walikota Riza bersama pengurus Kwarcab tak henti-hentinya menyalami anggota Pramuka sambil berfoto bersama.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img