26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

47 Peserta Ujuk Kebolehan di Lomba Penyanyi Minang Yang Digelar Dinas Kebudayaan Sumbar
4

Kategori -
- Advertisement -


Payakumbuh, BeritaSumbar.com,-Selama dua hari dinas Kebudayaan Sumatera Barat gelar lomba penyanyi minang di Kota Payakumbuh. Kegiatan ini dilangsungkan di Agam Jua Cafe Payakumbuh dari tanggal 30 sampai 31 Mei 2023.

Kota Payakumbuh jadi pilihan dari 19 daerah tingkat dua yang ada di Sumbar ini untuk menjadi tuan rumah lomba penyanyi minang tersebut. Lomba yang juga bertujuan mengangkat budaya Minang melalui lagu ini di gelar di Agam Jua Cafe Payakumbuh. Acara dibuka Langsung Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera barat Syaifulllah didampingi Supardi SH ketua DPRD Sumbar, Elvi Jaya Asisten Walikota hadir mewakili PJ Wako Payakumbuh pada Selasa 30/5/23 siang. 

Sebanyak  47 peserta dari seluruh daerah tingkat II di Sumbar ikut unjuk kebolehan untuk jadi yang terbaik dalam menyanyikan lagu Minang. Untuk peserta panitia pelaksana hanya memberikan syarat batasan umur maksimal saja. Peserta tidak boleh berumur lebih dari 27 tahun.

“Lomba penyanyi minang ini sebagai bentuk membangkitkan lagi budaya Minang melalui seni lagu kepada generasi muda. Ini juga dalam rangka meriahkan Hari Musik Nasional,” ujar Syaifullah Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar saat membuka Lomba  Penyanyi Minang tersebut.

Pemprov Sumbar, terutama Dinas Kebudayaan sangat berterimakasih kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi SH yang memiliki perhatian tinggi dan mensupport penuh terselenggaranya lomba penyanyi Minang tersebut.

“Pak Ketua DPRD memiliki perhatian tinggi dalam meriahkan kembali lagu-lagu Minang. Sudah banyak legendaris penyanyi  Minang ini berpulang. Karena itu perlu generasi muda sebagai penerus budaya ini,” kata kepala dinas Kebudayaan Sumbar ini.

Sedangkan Ketua DPRD Sumbar Supardi SH mengatakan, generasi muda saat ini sudah mulai berpindah ke lagu-lagu pop nasional. Sehingga, lagu Minang terkesan ditinggalkan. Karena itu perlu dilakukan penguatan-penguatan kepada generasi muda untuk mengenalkan kembali, untuk menghidupkan kembali budaya Minang melalui nyanyian tersebut.

“Mudah-mudahan, kedepan lahir bibit-bibit penyanyi Minang dalam mempertahankan budaya kita ini,” ujar Supardi. 

Sementara Asisten Walikota Payakumbuh Elvi Jaya mendukung penuh penyelenggaran lomba penyanyi Minang yang dipusatkan di Kota Payakumbuh. Katanya, hal tersebut setidaknya sudah menjadi promosi tersendiri bagi Kota Payakumbuh.

“Kuliner Payakumbuh enak-enak, kotanya juga sejuk. Kami senang Payakumbuh bisa jadi tuan rumah dalam iven skala Sumbar,” ujarnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img