27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

45 Tahun Kota Payakumbuh, Pesta Rakyat yang Merakyat
4

Kategori -

Payakumbuh – Peringatan HUT Kota Payakumbuh ke45/2015, Kamis (17/12), benar-benar menjadi milik warga kota. Usai rapat paripurna istimewa DPRD, dalam rangka memperingati hari jadi kota itu, seluruh pimpinan dan anggota dewan bersama kepala daerah, anggota Forkopinda, pimpinan dan pejabat kota, berbaur dengan seluruh elemen masyarakat, makan siang bersama di Medan nan Bapaneh Payakumbuh.

Makan bersama yang dikemas dalam bentuk Pesta Rakyat yang digawangi Ketua Dekranasda Ny, dr. Henny Riza Falepi, itu diapresiasi Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Jefrinal Aziz dan sejumlah tamu yang datang dari beberapa kota/kabupaten di Sumbar.

Pesta itu diawali dengan do’a bersama dipimpin Maharnis Zul, anggota DPRD, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Riza Falepi bersama Wawako Suwandel Muchtar, untuk selanjutnya diberikan kepada gubernur. Ketua Dekranasda yang merupakan isteri walikota, memberi sesuap tumpeng kepada walikota di hadapan ribuan pengunjung pesta rakyat.

Gubernur menilai, pesta itu benar-benar merakyat dan baru Payakumbuh yang mampu memberi makan ribuan rakyatnya dengan gratis. “Saya sangat senang melihatnya. Dan Iven ini perlu dipertahankan terus dan ditingkatkan di masa datang,” katanya.

Gubenur berharap, pasangan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar bersama seluruh anggota DPRD terus bergandengan membangun Payakumbuh. Kota ini berpotensi menjadi kota tujuan dan mampu menjadi kekuatan ekonomi Sumatera Barat dalam beberapa tahun ke depan.

Program pembangunan yang menyentuh kepentingan rakyat banyak, katanya, bakal mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam segala aspek pembangunan. Dalam keterbatasan keuangan daerah, dengan tumbuh kembangnya peran serta masyarakat, kota itu akan jauh lebih maju loncatannya, dibanding sikap warga yang antisipatif. Masyarakat Payakumbuh berpotensi dan punya selera tinggi dalam membangun kotanya, ucap gubernur.

Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Riza Falepi, mengaku sangat senang dengan perayaan HUT tahun ini. “Saya tak menduga, ribuan warga bisa datang menikmati berbagai aneka makanan dan minuman ke Medan nan Bapaneh ini. Jika ada di antara warga yang tak kebagian, kami mohon maaaf,” ucap kedua pimpinan kota ini.

Selain gubernur, tamu-tamu yang datang ke pesta rakyat itu, di antaranya pimpinan DPRD Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Sekdakab Dharmasraya Benni Muchtar, mantan Sekdako Payakumbuh Irwandi, yang kini terpilih sebagai Wakil Walikota Bukittinggi, sejumlah pejabat Kabupaten Limapuluh Kota dan mantan Walikota Payakumbuh periode 1983-1988, H. Fahmy Rasyad.

Dua Wakil Ketua DPRD Payakumbuh lainnya, Wilman Singkuan dan Suparman, juga ikut menyampaikan apresiasinya dengan gelar acara pesta rakyat itu. “Tahun depan, pesta ini akan kita dorong lebih besar dan lebih panjang lagi waktunya. Agar, semakin banyak masyarakat menikmati hidangan gratis ini,” tegas keduanya.

Laporan Ketua Dekranasda Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, seluruh masakan dan minuman yang disajikan, murni bantuan seluruh SKPD dan jajaran perbankan serta sejumlah sponsor lainnya di Payakumbuh. Semua yang dihidangkan, seperti sate, soto, pecel lele, kebab, somay, bakso, nasi goreng, martabak mesir, es cendol, es tebak, rumput laut, tapai lemang, ice cream dan gado-gado ludes tak tersisa.

“Terimakasih kepada seluruh sponsor yang menyediakan makanan dan minuman ini. Kita akan berikan penghargaan kepada seluruh penyumbang itu,” ucap Ny. Henny Riza Falepi.

Macet

Tumpah ruahnya warga kota ke lokasi Pesta Rakyat, membuat jalan raya di kawasan Ngalau Indah itu, macet, dari pukul 11.00 sampai ke pukul 14.00 WIB. Polantas bersama petugas Dishubkominfo dan Satpol PP, harus melakukan buka tutup untuk mengatur lalulintas di jalan tersebut.

Warga kota berdesakan saat menunggu pesananan berbagai makanan dan minuman yang disajikan dalam acara Pesta Rakyat HUT Kota ke-45, di Medan nan Bapaneh, Kamis.

 

“Jika ruas jalan ini sempat mecet, karena jubelan pengunjung sambil menyaksikan pameran di kawasan itu, pertanda warga kota Payakumbuh benar-benar berulang tahun. “Kalau tak macet, suasana ulang tahun tak akan terasa,” ucap Ismail, warga Balaipanjang, Payakumbuh Selatan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -