26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

4 Tahun Mati Suri, KKN UNAND hidupkan kembali rutinitas senam di SD N 06 Hulu Banda
4

Kategori -
- Advertisement -

Agam,BeritaSumbar.com,-Dua puluh enam mahasiswa/i KKN Universitas Andalas yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), ibu Ulfanora, mengadakan program kerja pendidikan yaitu menghidupkan kembali rutinitas senam di SD N 06 Hulu Banda pada hari senin (07/08/2023). Program kerja ini dipimpin oleh ketua penanggung jawab yaitu Suwanda Alfasha, mahasiswa tahun ketiga jurusan Sastra Jepang.

Senam merupakan aktivitas olahraga yang sudah umum di kalangan masyarakat, salah satunya dilingkungan sekolah. Kegiatan senam di sekolah dasar harus bersifat menyenangkan, dan disajikan dalam bentuk bermain. Senam yang dimaksud bisa berupa senam momere dan senam pinguin seperti yang diajarkan mahasiswa/i KKN kepada siswa/i SD N 06 Hulu Banda. Kegiatan pelatihan ini sangat disambut antusias oleh siswa/i, bapak dan ibuk guru serta wali murid, terutama setelah kegiatan senam bersama ini mati suri kurang lebih selama empat tahun. Kegiatan ini jelas dapat meningkatkan semangat siswa/i dalam proses belajar mengajar di sekolah.

“kami tidak memaksa adik-adik untuk mengikuti latihan senam ini, namun ternyata antusias dan semangat adik-adik sangat tinggi, baru hari pertama latihan kurang lebih sudah 25 orang mengikuti latihan senam ini, adik-adik sangat semangat maka kami tidak kalah juga semangatnya untuk memberikan yang terbaik kepada adik-adik kami” ujar Suwanda Alfasha, mahasiswa tahun ketiga jurusan Sastra Jepang Unand.

Sebelumnya, perwakilan mahasiswa KKN melakukan survei dan audiensi ke SD N 06 Hulu Banda bersama bapak kepala sekolah , bapak Ali Imran, beliau mengatakan semenjak pandemi covid-19 menyerang, rutinitas senam pagi yang dulu sering dilakukan disekolah ini telah sirna, terlebih siswa/i yang biasanya senam dan mengajarkan ke kawan-kawan yang lainya itu sudah pada tamat dari sekolah ini, akhirnya penerus senam ini tidak ada lagi.

Memang terlihat kecil namun bagi bapak Ali, rutinitas senam perlu dihidupkan kembali, disamping alasan kesehatan yaitu mengembangkan komponen fisik, membangun kekuatan tubuh, melatih ketrampilan motorik, koordinasi, dan keseimbangan, alasan untuk merefreshingkan pikiran dan badan agar semakin bersiap memasuki kelas sebelum proses belajar mengajar juga sangat diperlukan.

Rencananya kegiatan ini akan terus dilakukan sepulang adik-adik siswa/i sekolah yaitu pukul 13.00 sampai 15.30 hingga akhir masa kkn nantinya. Sebelum melakukan senam seluruh peserta senam juga diwajibkan untuk melakukan pemanasan bersama terlebih dahulu. Untuk instruktur senam yaitu Dearosi Nur Hanisyah mahasiswi Sastra Inggris, Widya Eka Putri mahasiswi Agroteknologi, Diga Syofyani mahasiswi Teknik Elektro, ditambah teman-teman mahasiswa KKN lainya untuk membantu mengkondisikan adik-adik.

“Bia ketek tapi padek, biar sedikit tapi padat atau berarti, semoga kegiatan yang adik-adik lakukan dapat menjadi amal jariyah adik-adik mahasiswa dan mahasiswi Universitas Andalas, jangan lupa untuk terus saling terhubung ketika sudah berpisah nanti ya” Ujar Bapak Ali Imran selaku Kepala Sekolah SD N 06 Hulu Banda.

(Suwanda Alfasha/mahasiswa KKN UNAND)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img