24 C
Padang
Senin, November 29, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

378 Surat Suara Rusak Dan Berlebih Dimusnahkan KPU Kota Payakumbuh
3

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat memusnahkan 378 lembar surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dinyatakan rusak dan berlebih dari hasil sortir dan lipat.

Ketua KPU Payakumbuh Haidi Mursal di Payakumbuh, Selasa 08/12, mengatakan total lembar surat suara yang dimusnahkan tersebut berdasarkan total item yang diterima.

“Pada penerimaan pertama ada surat suara yang rusak sebanyak 296 lembar. Pada penerimaan kedua akibat kekurangan sebelumnya, jumlah surat suara yang rusak ada dua dan 82 lembar dinyatakan berlebih,” kata dia.

Ia mengatakan pemusnahan surat yang rusak dan berlebih ini telah sesuai dengan prosedur. Pada pemusnahan ini juga dilibatkan Bawaslu, Polri, kejaksaan dan lainnya.

“Pemusnahan ini bertujuan agar surat suara yang berlebih dan rusak itu tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan,” ujarnya.

KPU Payakumbuh juga telah mendistribusikan surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di daerah itu ke setiap kantor kelurahan dengan jumlah 96.135 lembar surat suara.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Payakumbuh Muhamad Khadafi mengatakan pemusnahan surat suara merupakan hal yang penting untuk memastikan tidak ada kelebihan surat suara yang tersisa.

“KPU sudah memusnahkan surat suara yang disaksikan oleh pemangku kepentingan lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar semua proses tahapan Pilkada berjalan dengan seharusnya,” kata dia.

Selanjutnya, Khadafi berharap agar seluruh proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak ada yang terkendala dan berjalan dengan lancar.

“KPU juga harus memastikan kelengkapan seluruh kotak suara dan kebutuhan lain yang nantinya sampai dikelurahan. Jangan sampai ada yang kurang, takutnya itu akan mengganggu jalannya pemungutan dan penghitungan suara,” ujarnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img