24 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

25 Tahun YPI-RJ, Tampilkan Ragam Kegiatan
2

Kategori -

Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah (YPI-RJ) Payakumbuh,  Sumatera Barat, Februari mendatang genap berusia 25 tahun. Berbagai kegiatan, seperti, diskusi panel, festival nyanyi, dan lomba-lomba  bernafaskan Islami melibatkan pelajar dan guru, serta jalan sehat, hingga pemberian   anugerah RJ Award, digelar panitia. Rangkaian  milad YPI-RJ tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Keterangan  ketua panitia pelaksana H.M Farid Wajri, S.Ag. S.PdI, Minggu (25/1), seluruh kegiatan yang disepakati panitia itu, diawali dengan diskusi panel dalam rangka menyempurnakan konsep YPI-RJ yang sudah ada, sebagai masukan dalam rangka menyusun rancana jangka panjang YPI-RJ (Visi YPI-RJ 2040)

Diskusi panel akan dilaksanakan, di gedung serbaguna Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh di Tanjung Pati, Minggu 15 Februari.  Narasumber yang  memastikan tampil dipanggung diskusi,  Gubernur  Prof. DR. H. Irwan Prayitno, M.Sc. Psi, Rektor Unand Prof. DR. H. Werry Darta Taifur, SE, MA, Ketua Kopertis  Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri,  Prof. Ir. H. Ganefri, PhD, DR. H Muchtar Naim Tokoh Nasional dari Sumatera Barat, Presiden Komisaris Basko Group H. Basrizal Koto.

Panitia  juga  telah melakukan kontak  dengan Menteri Pendidikan Dasar-Menengah dan Kebudayaan, Anis Baswedan, PhD sebagai keynote speaker  dan   Prof. dr. H. Fasli Djalal, PhD Ketua BKKBN Pusat, sebagai keynote speaker. “Kita ingin diskusi ini sangat bermakna dan membuahkan hasil gemilang dengan kehadiran tokoh nasional itu, kata Farid.

 

Dikatakan, peserta diskusi panel terbuka untuk umum. Panitia sudah  mengirim undangan khusus untuk MUI (alim-ulama), kepala dinas pendidikan dan kepala Kanwil Kementerian Agama se- Sumatera Barat,  anggota legislatif, politisi, wartawan, akademisi, alim-ulama, budayawan, pengusaha, insan perbankan, yayasan yang bergerak dibidang pendidikan, pengurus Ormas dan OKP, aktifis pemuda dan perempuan, BEM-Mahasiswa, Pengurus OSIS , Siswa dan Alumni YPI-RJ, Donatur, Orang Tua Siswa dan Guru Pegawai YPI-RJ serta undangan lainnya.

Selain diskusi panel, panitia juga akan menggelar berbagai kegiatan lomba untuk merangsang kreatifitas siswa dan guru dari berbagai tingkat satuan pendidikan. Lomba-lomba yang akan dilaksanakan adalah lomba mewarnai, membaca Iqra’ 3, dan membaca Surat pada Juz Amma untuk murid PAUD (TK/RA) yang akan dilaksanakan dari tanggal 6-9 Februari 2015 di PAUD Islam Terpadu Raudhatul Jannah.

Untuk  siswa SD/MI disediakan ajang pertandingan futsal, lomba baca puisi dan lomba bidang studi manual pada tanggal 9-10 Februari 2015 bertempat di SMP Islam Raudhatul Jannah berdekatan dengan RSU Adnaan WD Payakumbuh. Masih untuk siswa SD ada lomba solo song pada tanggal 7 Februari dan lomba bidang studi online tanggal 1-5 Februari. Pada lomba bidang studi online, setiap peserta akan ditantang menggunakan perangkat teknologi (komputer) yang telah disediakan panitia sebagai media untuk menjawab soal-soal.

Selain itu, juga ada lomba solo song dengan memilih satu dari delapan lagu tersedia, yaitu lagu-lagu  Batu Tagak, Bareh Solok, Sibunian  Bukik Sambuang, Relakan Nan Tamakan, Jaso Mandeh, Talambek Pulang, Aie Mato Mandeh, dan Ampun Mandeh. Dan untuk babak final membawakan 1 dari 4 lagu berikut Bunda, Ayah, Laskar Pelangi, dan Jangan Menyerah.

Bagi siswa SMP/MTs sederajat dapat mengikuti lomba Tahfiz Al-Qur’an Juz 30, cerdas cermat berbahasa Inggris, dan lomba PBB Bertongkat. Sedangkan, untuk  para guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK se-Sumatera Barat juga dapat ambil bagian dalam lomba “integritas guru” yang dijadwalkan berlangsung di SD Islam Raudhatul Jannah, 5 Februari. Lomba integritas guru ini meliputi ujian tulis dan interview oleh dewan juri.

Rangkaian kegiatan syukuran 25 tahun YPI Raudhatul Jannah akan ditutup dengan malam resepsi dan penyerahan Anugerah RJ Award ke-3 di GOR M. Yamin Jalan Rky. Rasuna Said, Senin 16 Februari 2015. Pada malam itu akan diserahkan Anugerah RJ Award kepada person yang nyata memberikan  kontribusi dan dukungannya untuk memajukan pendidikan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.
- Advertisement -

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.
- Advertisement -

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -