31 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

20 Tahun Mati Suri, Piala Walikota Padang 2015 Digelar 4 Januari
2

Kategori -

Setelah lebih 20 tahun mati suri, turnamen sepak bola bersejarah, Piala Walikota Padang, kembali digelar awal Januari 2015 (4-8 Januari). Peserta bukan saja dari club papan atas nasional, yaitu Persib Bandung, Persiba Balik Papan tetapi juga dari luar negeri, yaitu Selangor FC dan Sarawak FA. Dari Kota Padang sendiri, PSP dan Semen Padang FC.

“Pemerintah Kota Padang berkeinginan kuat membangkitkan kembali sepak bola di Padang,” ujar Walikota Padang H. Mahyeldi dalam jumpa pers di Palanta Rumah Dinas, Ahad (28/12).

Piala Walikota Padang kembali menjadi agenda tahunan Pemko Padang setelah DPRD menyetujui penganggaran sebesar Rp. 255 juta di APBD. Tidak menutup kemungkinan juga ada partisipasi dari pihak ketiga dalam kesuksesan penyelenggaraan turnamen ini.

Menurut Mahyeldi yang juga Ketua Umum PSP ini, iven dengan multi target ini, di samping untuk menggairahkan sepak bola, juga dengan target meningkatkan kunjungan wisata. “Sekaligus menjadi solusi bagi ekonomi masyarakat karena biasanya awal tahun merupakan musim sepi kegiatan,” ulasnya.

Ia menambahkan, Pemko Padang menargetkan setiap bulan harus ada iven – iven bertaraf nasional dan internasional setiap bulannya di Kota Padang.
Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Piala Walikota Padang, Ainul Ridha mengatakan, sebenarnya pihaknya juga mengundang klub Seoul FC dari Korea Selatan, mengingat Kota Padang telah menandatangani “Sister City” dengan Seoul. “Namun klub yang bermain di K-League telah memiliki jadwal pra musim sendiri ke Eropa,” ungkapnya.

Dijelaskan, peserta turnamen akan terbagi dalam dua grup yang masing – masing diisi oleh tiga tim. Dimana hanya juara grup yang akan melaju ke babak grand final, sementara runner up grup bermain di perebutan tempat ketiga. “Dalam satu hari terdapat dua pertandingan, yang dimulai pukul 16.00 WIB dan pukul 19.00 WIB di Stadion Utama GOR H. Agus Salim,” jelas Ridha.

Adapun hadiah yang disediakan bagi pemenang, untuk Juara I yaitu, piala bergilir + piala tetap + medali + uang tunai Rp. 400 juta. Untuk runner up yaitu, piala tetap + medali + uang tunai Rp. 200 juta. Bagi peringkat III mendapatkan, piala tetap + medali + uang tunai Rp. 100 juta. Kemudian, bagi topscorrer dan fairplay juga mendapatkan piala dan uang tunai yang jumlahnya belum disebutkan.

Sekilas Piala Walikota Padang

Pada tahun 1980-an, Piala Walikota Padang telah dikenal sebagai turnamen bergengsi yang mempertemukan tim – tim asal Perserikatan dan galatama pada masa itu. Sekarang, setelah lebih 20 tahun terhenti, turnamen tersebut kembali akan digelar.

Turnamen ini dalam sejarahnya diawali dengan sebuah kejuaraan pada akhir masa tugas Walikota Padang Hasan Basri Durin. Makanya, saat itu disebut dengan Hasan Basri Durin Farewell Cup (1981).

Dalam tahun – tahun berikutnya, Walikota Padang Sjahrul Ujud melanjutkan turnamen tersebut dengan nama PIala Walikota Padang. Berlangsung sampai 1992. Dimana saat itu Semen Padang berhasil mempertahankan gelar tiga kali berturut – turut.

Pada tahun 1993, Walikota Zuiyen Rais tidak lagi menggelar turnamen ini. Begitu seterusnya, sampai masa Walikota Fauzi Bahar. Kini, setelah lebih 20 tahun vakum, Walikota H. Mahyeldi Ansharullah kembali menjadikan Piala Walikota sebagai agenda tetap Pemerintah Kota Padang.

 

Sumber: Humas Padang

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -