27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

20 PKL Terima Gerobak Total Nilai Rp120 Juta Dari Provinsi
2

Kategori -

Sebanyak 20 pedagang kuliner malam  yang tergabung dalam APKL (Asosiasi Pedagang Kaki Lima) Payakumbuh,  masing-masing menerima satu unit gerobak  senilai 5,7 juta dari Dinas Koperasi Industri Perdagangan  (Koperindag) Sumatera Barat melalui Dinas Koperindag Payakumbuh.

Bantuan gerobak total nilai lebih kurang Rp120 juta itu, diserahkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam acara di pelataran parkir Pusat Pertokoan Blok Barat di Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh, Senin (10/11).

Gerobak yang terbuat dari almunium itu diterimakan secara simbolis dari walikota kepada Linda, perwakilan pedagang. Ikut menghadiri penyerahan gerobak ini, Kadis Koperindag  Dahler dan Kadis Perhubungan dan Kominfo Adrian serta Ketua Asosiasi Pedagang Kreatif Lapangan (APKL) H. Nusyirwan.

Dalam sambutannya Wako Riza Falepi mengapresiasi dan berterima kasih atas hibah bantuan 20 unit gerobak ini. Wako berharap dengan diterimanya bantuan hibah ini, omset pedagang APKL dapat terus meningkat. Dengan begitu ekonomi masyarakat khususnya pedagang penerima hibah dapat terangkat ketaraf yang lebih baik.

Bantuan gerobak ini menurut wako Riza juga akan membuat aneka jajanan yang ditawarkan pedagang APKL Kota Payakumbuh lebih menarik dan representatif dalam menggelar jajanannya. Tak lupa, Wako juga berpesan kepada para pedagang agar dapat menggunakan gerobak hibah ini dengan seoptimal mungkin serta merawatnya dengan baik.

Sementara itu Kadis Koperindag Propinsi Sumbar diwakili Kabid Perdagangan Dalam Negeri Zaimar, SE. M.Sc menginformasikan bahwa hibah gerobak senilai 120 juta rupiah ini dimaksudkan sebagai salah satu program gubernur dalam mengentaskan kemiskinan di Sumatera Barat. Dikatakan Zaimar, PKL di Sumbar dari data masih banyak tergolong miskin. Senada dengan Wako, Zaimar juga berpesan gerobak bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Wakil Ketua dan pendiri APKL Payakumbuh Nasrul Kenong, mengatakan, pihaknya akan terus memperjuangkan meningkatkan eksistensi anggota APKL. Menurutnya, proposal yang diajukan APKL ke pihak provinsi direncanakan buat 40 PKL. Tapi, baru mampu direalisir sebanyak 20 gerobak. Untuk itu, terhadap anggota APKL  yang belum  memperolehnya, diminta bersabar.

“Percayalah, pengurus APKL akan terus memperjuangkan meningkatkan kesejahteraan anggota,” kata Nasrul Kenong sambil mengucapkan terimakasih kepada Koperindag Sumbar dan Koperindag atau Pemko Payakumbuh.

Nasrul Kenong juga mengaku, akan menertibkan keanggotaan APKL yang tidak tertib administrasi dan berjualan.  Menurutnya, terhadap anggota yang tak aktif berjualan di lokasi yang telah ditetapkan, akan dipanggil dan dibina. “Jika yang bersangkutan tak aktif lagi berjualan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan SKPD terkait dalam penertiban PKL itu,” tegasnya.

Nama-nama pedagang kuliner yang mendapat bantuan gerobak  tersebut, Lukman, pedagang bika panggang, Jumirin (mie pangsit), Mai Indra (aia aka), Linda (kue putu), Eman Syafri (martabak manis), Efnil (gorengan), Meri (aia aka), Ros (bika panggang), Ernawati (nasi goreng), Donal Oktaria (roti bakar), Soleh (goreng molen), Erman (aia aka), Edi (aia aka), Hen (bandrek), Syafrijon (tahu Sumedang), Irdawati (pecal lele), Zulkifli (sate), Tugimin (mie tek-tek), Husdik Rini (bandrek) dan Tasori (goreng molen).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -