31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Komunikasi Objektif
K

Kategori -

Oleh: Irwan Prayitno (Gubernur Sumbar)

Dalam acara pengukuhan kepengurusan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Sumatera Barat (5/11/14) di Auditorium Gubernuran, saya menyampaikan apresiasi atas terbentuknya pengurus ISKI yang baru.

Keberadaan sarjana komunikasi maupun pihak-pihak yang bergerak di bidang komunikasi dalam pembangunan saat ini sudah dirasakan perannya. Mereka menjadi sosok yang menyambungkan informasi dari satu pihak kepada pihak lain yang lebih luas cakupannya.

Misalnya saja kebijakan pemerintah yang akan dan telah selesai dijalankan, perlu dikomunikasikan kepada publik agar muncul partisipasi dan respon terhadap hasil-hasil pembangunan yang sudah dilakukan. Apresiasi dan kritik konstruktif publik akan menjadi masukan berharga bagi pemerintah terkait. Di sini peran para ahli komunikasi sangat dibutuhkan guna tercapainya tujuan dari sebuah sosialisasi maupun publikasi.
Selain itu di dalam proses demokratisasi seperti pemilu legislatif dan pemilu kepala daerah, peran ahli komunikasi untuk menyebarkan aura positif kandidat yang menjadi kliennya sudah menjadi kebutuhan untuk merebut hati publik.

Berkomunikasi secara personal memang berbeda berkomunikasi kepada publik. Ahli komunikasi telah memperlihatkan peran nyatanya membantu penyampaian komunikasi tersebut. Ahli komunikasi berperan dalam membentuk perspektif publik terhadap suatu hal yang disampaikan maupun sosok yang disosialisasikan.

Kandidat anggota parlemen, kepala daerah hingga presiden telah merasakan sentuhan dingin ahli komunikasi sehingga bisa memenangkan pemilihan. Namun demikian, daya kritis masyarakat perlu mendapat ruang dan menjadi perhatian. Di sini dituntut sikap objektif dari ahli komunikasi.

Semua kandidat umumnya berharap citra positif dia bisa terangkat dan perspektif publik positif terhadap dirinya. Seseorang yang memang sudah memiliki kemampuan manajerial diangkat citranya oleh ahli komunikasi sehingga polesannya memiliki nilai tambah dan masuk ke dalam benak publik. Ini adalah hal yang lumrah.

Namun, jika orang yang memiliki pengalaman kerja atau organisasi kurang baik jika diubah sedemikian rupa menjadi sosok yang mengagumkan, maka di sini merupakan ujian bagi ahli komunikasi.

Selain itu, jika tuntutan pihak tertentu yang ingin mengubah orang lain yang berprestasi baik menjadi dipandang buruk oleh publik, ini adalah tantangan lain bagi ahli komunikasi untuk bekerja secara obyektif dan berdedikasi.

Jika semua potensi kebaikan bisa dikomunikasikan oleh ahli komunikasi kepada masyarakat, maka akan muncul percepatan semangat membangun bersama-sama. Jika berbagai potensi kebaikan itu dikomunikasikan untuk mendapat pandangan buruk masyarakat, maka kita tidak hanya tinggal di tempat, namun juga mengalami kemunduran.

Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak melakukan kegiatan untuk mengubah nasibnya.
Membangun perspektif publik untuk bersama-sama mendukung berbagai program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, adalah salah satu bagian penting dari peran ahli komunikasi untuk mengubah kondisi menjadi lebih baik. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...

Budidaya Sri Rejeki, Pilihan Bisnis Santai Namun Menjanjikan Saat Pandemi

Oleh: Iga Permata Hany & Jelita Putri Adisti Mari mengenal salah satu jenis tumbuhan yang sedang marak dibudidayakan dikalangan ibu-ibu saat ini, siapa lagi kalau...

Indikasi Bunuh Diri Relawan Covid-19 China di Brasil, Ada apa dengan Pengujian Klinis Vaksin Covid-19?

Oleh : Ramadhila Sari - Penulis adalah Mahasiswa Biologi Universitas Andalas Kasus infeksi Covid-19 meningkat di 80 negara sebagian orang di belahan bumi utara menghabiskan...
- Advertisement -