27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Komunikasi Objektif
K

Kategori -

Oleh: Irwan Prayitno (Gubernur Sumbar)

Dalam acara pengukuhan kepengurusan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Sumatera Barat (5/11/14) di Auditorium Gubernuran, saya menyampaikan apresiasi atas terbentuknya pengurus ISKI yang baru.

Keberadaan sarjana komunikasi maupun pihak-pihak yang bergerak di bidang komunikasi dalam pembangunan saat ini sudah dirasakan perannya. Mereka menjadi sosok yang menyambungkan informasi dari satu pihak kepada pihak lain yang lebih luas cakupannya.

Misalnya saja kebijakan pemerintah yang akan dan telah selesai dijalankan, perlu dikomunikasikan kepada publik agar muncul partisipasi dan respon terhadap hasil-hasil pembangunan yang sudah dilakukan. Apresiasi dan kritik konstruktif publik akan menjadi masukan berharga bagi pemerintah terkait. Di sini peran para ahli komunikasi sangat dibutuhkan guna tercapainya tujuan dari sebuah sosialisasi maupun publikasi.
Selain itu di dalam proses demokratisasi seperti pemilu legislatif dan pemilu kepala daerah, peran ahli komunikasi untuk menyebarkan aura positif kandidat yang menjadi kliennya sudah menjadi kebutuhan untuk merebut hati publik.

Berkomunikasi secara personal memang berbeda berkomunikasi kepada publik. Ahli komunikasi telah memperlihatkan peran nyatanya membantu penyampaian komunikasi tersebut. Ahli komunikasi berperan dalam membentuk perspektif publik terhadap suatu hal yang disampaikan maupun sosok yang disosialisasikan.

Kandidat anggota parlemen, kepala daerah hingga presiden telah merasakan sentuhan dingin ahli komunikasi sehingga bisa memenangkan pemilihan. Namun demikian, daya kritis masyarakat perlu mendapat ruang dan menjadi perhatian. Di sini dituntut sikap objektif dari ahli komunikasi.

Semua kandidat umumnya berharap citra positif dia bisa terangkat dan perspektif publik positif terhadap dirinya. Seseorang yang memang sudah memiliki kemampuan manajerial diangkat citranya oleh ahli komunikasi sehingga polesannya memiliki nilai tambah dan masuk ke dalam benak publik. Ini adalah hal yang lumrah.

Namun, jika orang yang memiliki pengalaman kerja atau organisasi kurang baik jika diubah sedemikian rupa menjadi sosok yang mengagumkan, maka di sini merupakan ujian bagi ahli komunikasi.

Selain itu, jika tuntutan pihak tertentu yang ingin mengubah orang lain yang berprestasi baik menjadi dipandang buruk oleh publik, ini adalah tantangan lain bagi ahli komunikasi untuk bekerja secara obyektif dan berdedikasi.

Jika semua potensi kebaikan bisa dikomunikasikan oleh ahli komunikasi kepada masyarakat, maka akan muncul percepatan semangat membangun bersama-sama. Jika berbagai potensi kebaikan itu dikomunikasikan untuk mendapat pandangan buruk masyarakat, maka kita tidak hanya tinggal di tempat, namun juga mengalami kemunduran.

Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak melakukan kegiatan untuk mengubah nasibnya.
Membangun perspektif publik untuk bersama-sama mendukung berbagai program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, adalah salah satu bagian penting dari peran ahli komunikasi untuk mengubah kondisi menjadi lebih baik. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...
- Advertisement -