Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Indonesian Offroader Xpedition (IOX) Andalas 2019 yang digeber selama 16 hari sudah memasuki hari ke 15. Kegiatan Tahunan dengan leader Nasional Syamsir Alam ini mengambil rute start di Kota Medan, finish di Kota Bukittinggi. Hastag Pertualangan kali ini #SaveHarimauSumatera.

Dari Kamis 21/2 kemaren, rombongan sudah masuk ke Limapuluh Kota. Dan malamnya camping di Lembah Harau. Jumat 22/2 kegiatan menjajal trek Limapuluh Kota dimulai. Dari Lembah Harau rombongan yang dibagi dalam 19 tim ini menuju Buluah Kasok melewati Aia Putiah Katinggian.

Rute Dari Buluah Kasok menuju Kapalo Banda Taram Dari Jumat Siang menjadi tantangan menarik bagi peserta. Rutenya pendek, tapi sangat menyita waktu dan kekuatan kendaraan ujar Zulkarnain yang akrab di panggil Bang Zul dari Tim Badak Palembang. Sampai Sabtu 23/2 sore baru 2 tim yang bisa keluar dari trek Bulkatar (Buluah Kasok Taram) ini ujar Bang Zul di Bukik Bulek Taram lokasi Camping Malam Minggu rombongan yang sudah keluar dari lokasi ini. Dan besar kemungkinan ada rombongan yang esok pagi baru bisa keluar dari trek imbuh Bang Zul.

IOX Andalas 2019 ini selain diikuti offroder Nasional juga ada dari manca negara. Yaitu dari Belanda. Selain mengakui ketangguhan trek Limapuluh Kota, Peserta juga memuji keindahan alam daerah ini.


Serta tidak lupa rombongan peserta IOX Andalas 2019 yang sudah finis di Bukik Bulek pada  Sabtu Malam mencoba kuliner Kota Payakumbuh.


Mobil Jeep yang rata rata masih bergelimang lumpur dibawa berburu kuliner di Pusat Kota Payakumbuh. Dalam agenda Minggu 24/2 siang rombongan akan melanjutkan rute menuju Kota Bukittinggi dan lansung penutupan acara IOX Andalas 2019 ini di Jam Gadang. (*)