26.6 C
Padang
Saturday, October 24, 2020

Walikota Riza Apresiasi Koperasi, Salurkan THR Rp. 2,5 M Lebih

Sebanyak 115 koperasi aktif di Kota Payakumbuh salurkan tunjangan hari raya (THR) buat  22.000 anggotanya, lebih kurang Rp2,5 Miliyar. Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menilai, keberadaan koperasi di kota ini, telah mampu mewujudkan peningkatan kesejahteraan terhadap anggotanya. Walikota meminta,  agar perkoperasian di Payakumbuh terus dibenahi dan ditingkatkan kemampuan manajerialnnya, agar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang dahsyat di tengah masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, saat menjawab pertanyaan wartawan di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at (24/7). Menurut Walikota, dalam  perjalanan usia perkoperasi di Tanah Air yang sudah 65 tahun, organisasi  sosial Koperasi dianggap masih menjadi wadah untuk mencapai kemakmuran bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Untuk menjadi koperasi sebagai kekuatan ekonomi masyarakat, Walikota meminta semua pihak memberi dukungan dan fasilitasi baik dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, kelembagaan dan usaha. Serta kemudahan koperasi dalam mengakses perijinan maupun permodalan melalui pelayanan yang cepat, mudah, dan murah.

Di tempat terpisah Ketua Dekopinda Payakumbuh H. Maharnis Zul, S.Pd, mengatakan, di kota ini tercatat 141 koperasi berbagai jenis, mulai dari koperasi pegawai, guru, koperasi tani dan nelayan, koperasi serba usaha dan koperasi unit desa.

Hanya saja, ungkap Maharnis Zul, politisi Partai Golkar ini, dari 141 koperasi tersebut yang aktif dan berjalan baik berjumlah 15 koperasi, Sisanya, 26 koperasi masih perlu pembinaan pengurus Dekopinda dan Dinas Koperasi UKM dan Indag Payakumbuh, katanya.

Terhadap pembayaran THR, ungkap Maharnis Zul, setiap koperasi melalui rapat anggota tahunan, sudah menganggarkan belanja THR. Formula yang dilakukan dalam pemberian SHU,  merupakan hak anggota dan ditetapkan dalam rapat anggota tahunan. Dalam laporan yang diterima Dekopinda, THR yang diberikan bervariasi. Ada dalam bentuk uang dan juga ada dalam bentuk barang kebutuhan lebaran dan barang keperluan rumah tangga. Nilainya, mulai dari yang terendah Rp50 ribu sampai ke angka terbesar Rp2 juta lebih.

Koperasi Guru-guru Kecamatan Payakumbuh Barat, yang juga dipimpin Maharnis Zul, sistem pemberian THR cukup proporsional. Menurutnya,  THR diberikan 3,5%  dari total simpanan anggota. Jika seorang anggota punya total tabungan Rp100 juta, yang bersangkutan akan kebagian THR Rp3.500.000, jelas Maharnis Zul.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SMPN 1 Luak Launching Radio Sekolah

Limapuluh Kota- Berinovasi dimasa pandemi Covid 19, Jajaran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1, Kecamatan Luak meluncurkan...

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...

Lokakarya Mini Kampung KB Payobasuang Usung Tema Dari Baluka Menjadi Tajhara

Payakumbuh -- Terkendala mewujudkan Kampung KB ideal, Kamis (21/10) Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Tanjung Harapan (Tajhara) Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur...

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah – Kapuah Pagaruyung Bahayakan Pengendara

Tanah Datar, - Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -