24 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Padang Apresiasi Komunitas ODOJ, Mari Wujudkan Padang Bersih Maksiat
W

Kategori -

Puluhan anggota komunitas Satu Hari Satu Juz atau lebih dikenal One Day One JUZ (ODOJ), mengikuti Ngaji On The Street (Ngaos) yang dilaksanakan di GOR H Agus Salim, Minggu pagi (16/11). Dengan adanya kegiatan tersebut, langsung menarik perhatian masyarakat yang saat itu sedang berolahraga di komplek olahraga GOR H Agus Salim.

Diawali dengan tilawah yang dipimpin beberapa member ODOJ atau yang biasa disebut ODOjers, kegiatan dilanjutkan dengan silaturahmi sesama ODOJers Padang dan Sumbar. Dimana, pada kesempatan tersebut secara spontan turut hadir Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah yang sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Mahyeldi mengatakan, program ini sangat baik dan bisa memotivasi masyarakat khususnya umat islam untuk mencintai Al quran di Sumatera Barat khususnya Kota Padang. Kemudian itu, ODOJ bisa membentuk karakter masyarakat yang cinta terhadap bacaan dan isi dari Alquran. Sehingga, Alquran yang dihafal tiap harinya selalu mengingatkan kita kepada sang pencipta.

”Jadi dengan adanya Ngaos dari Komunitas ODOJ kali ini, diharapkan bisa dijadikan kesempatan bagi masyarakat di Sumbar bahwa saat ini telah dibentuk komunitas pencinta Al qur’an ODOJ. Apalagi program ini sangat sesuai dengan filsafah Minangkabau, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujar Mahyeldi dengan semangat.

Mahyeldi mengatakan, atas nama pribadi tentu sangat mendorong berkembangnya komunitas ODOJ secara berkelanjutan di Kota Padang. Dengan itu diharapkan, Al qur’an lebih digaungkan secara universal bagi masyarakat muslim di Kota Padang.

”Kita berharap kedepan, semakin banyak jumlah anggota ODOJ di Padang, bisa mendorong kegiatan-kegiatan kebaikan di Padang. Apalagi kita bersama akan mewujudkan Padang bersih, bersih lingkungan dan bersih dari maksiat,” bebernya.

Pemko sendiri terang Mahyeldi, juga turut memberikan perhatian kepada siswa yang mampu menghafal Al qur’an di Kota Padang. Diantaranya bagi murid tamatan SD yang hafal 3 juz, maka dipersilahkan memilih SMP dimana saja di Kota Padang. Begitupun bagi lulusan SMP yang hafal 5 juz, bisa memilih melanjutkan ke SMA manapun di Kota Padang.

Setelah itu Ketua Dewan Pengurus Area ODOJ Padang Reza mengatakan, ODOJ merupakan komunitas berbadan hukum yang diinisiasi oleh Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah umat Islam dalam tilawah Al qur’an dengan target satu juz sehari.

”ODOJ menjadi media untuk membumikan dan mencintai Al qur’an. Saat ini, jumlah ODOJer di Sumbar mencapai 800 orang,” tukasnya.

Program ini terang Reza, dengan memanfaatkan instant messager Whatsapp dan BlackBerry Messenger (BBM), menjadikan tilawah satu juz dalam sehari dengan mekanisme membangun grup ODOJ di WA dan BBM, dimana satu grup beranggotakan 30 orang.

Kemudian sebut Reza, lalu juga dibuat sistem pelaporan dan lelangan juz, dengan targetan yang ingin dicapai yaitu 30 juz yang dapat diselesaikan oleh satu grup setiap harinya dan khatam pribadi setiap anggota setiap bulannya.

Sejak November 2013 hingga Mei 2014, member ODOJ berjumlah lebih kurang 110 ribu yang tersebar di seluruh nusantara dan dunia. Dengan beragam profesi, mulai dari ibu rumah tangga sampai para artis, seperti Teuku Wisnu, Baim Wong dan Oki Setiana Dewi.

“Jadi, insya Allah mulai Mei 2014, ODOJ juga membuat program baru untuk anak usia dibawah 2 tahun. Yaitu, One Day One Lembar (ODOL) Kids dan One Day One Half Juz (ODALF) atau sehari setengah juz Al qur’an. Semoga saja rutinitas kita ini mampu dilaksanakan oleh secara menyeluruh bagi masyarakat ke depannya,” sebutnya. (rfk/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dukung Rencana Pemko, Ini Agenda Hearing Pansus Aset DPRD Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, DPRD setempat menggelar Rapat Internal Panitia Khusus (Pansus) Aset yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Sabtu (17/4).
- Advertisement -

5 Bangunan Tak Berizin Di Segel Tim Penertiban Bangunan PUPR Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Sebanyak lima bangunan tak berizin dan melanggar peraturan perundang-undangan disegel oleh Tim Penertiban Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, Senin (19/04).

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Asyik Mabuk Lem Konsumsi Miras, 5 Remaja Diamankan Pol PP

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di bulan suci ramadhan yang suci dan penuh berkah, Pemerintah Kota Payakumbuh terus membuktikan komitmen untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bebas dari segala bentuk maksiat dan penyakit masyarakat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...

Hindari Dampak Lingkungan Saat Kelola SDA, Pemkab Sijunjung Buat KLHS

Sijunjung, beritasumbar.com - Kabupaten Sijunjung memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang banyak, seperti Batubara, Batu Kapur, Batu Mangan, Batu Marmar, Batu Granik, Emas dan...

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -