31 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Padang Apresiasi Komunitas ODOJ, Mari Wujudkan Padang Bersih Maksiat
W

Kategori -

Puluhan anggota komunitas Satu Hari Satu Juz atau lebih dikenal One Day One JUZ (ODOJ), mengikuti Ngaji On The Street (Ngaos) yang dilaksanakan di GOR H Agus Salim, Minggu pagi (16/11). Dengan adanya kegiatan tersebut, langsung menarik perhatian masyarakat yang saat itu sedang berolahraga di komplek olahraga GOR H Agus Salim.

Diawali dengan tilawah yang dipimpin beberapa member ODOJ atau yang biasa disebut ODOjers, kegiatan dilanjutkan dengan silaturahmi sesama ODOJers Padang dan Sumbar. Dimana, pada kesempatan tersebut secara spontan turut hadir Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah yang sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Mahyeldi mengatakan, program ini sangat baik dan bisa memotivasi masyarakat khususnya umat islam untuk mencintai Al quran di Sumatera Barat khususnya Kota Padang. Kemudian itu, ODOJ bisa membentuk karakter masyarakat yang cinta terhadap bacaan dan isi dari Alquran. Sehingga, Alquran yang dihafal tiap harinya selalu mengingatkan kita kepada sang pencipta.

”Jadi dengan adanya Ngaos dari Komunitas ODOJ kali ini, diharapkan bisa dijadikan kesempatan bagi masyarakat di Sumbar bahwa saat ini telah dibentuk komunitas pencinta Al qur’an ODOJ. Apalagi program ini sangat sesuai dengan filsafah Minangkabau, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujar Mahyeldi dengan semangat.

Mahyeldi mengatakan, atas nama pribadi tentu sangat mendorong berkembangnya komunitas ODOJ secara berkelanjutan di Kota Padang. Dengan itu diharapkan, Al qur’an lebih digaungkan secara universal bagi masyarakat muslim di Kota Padang.

”Kita berharap kedepan, semakin banyak jumlah anggota ODOJ di Padang, bisa mendorong kegiatan-kegiatan kebaikan di Padang. Apalagi kita bersama akan mewujudkan Padang bersih, bersih lingkungan dan bersih dari maksiat,” bebernya.

Pemko sendiri terang Mahyeldi, juga turut memberikan perhatian kepada siswa yang mampu menghafal Al qur’an di Kota Padang. Diantaranya bagi murid tamatan SD yang hafal 3 juz, maka dipersilahkan memilih SMP dimana saja di Kota Padang. Begitupun bagi lulusan SMP yang hafal 5 juz, bisa memilih melanjutkan ke SMA manapun di Kota Padang.

Setelah itu Ketua Dewan Pengurus Area ODOJ Padang Reza mengatakan, ODOJ merupakan komunitas berbadan hukum yang diinisiasi oleh Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah umat Islam dalam tilawah Al qur’an dengan target satu juz sehari.

”ODOJ menjadi media untuk membumikan dan mencintai Al qur’an. Saat ini, jumlah ODOJer di Sumbar mencapai 800 orang,” tukasnya.

Program ini terang Reza, dengan memanfaatkan instant messager Whatsapp dan BlackBerry Messenger (BBM), menjadikan tilawah satu juz dalam sehari dengan mekanisme membangun grup ODOJ di WA dan BBM, dimana satu grup beranggotakan 30 orang.

Kemudian sebut Reza, lalu juga dibuat sistem pelaporan dan lelangan juz, dengan targetan yang ingin dicapai yaitu 30 juz yang dapat diselesaikan oleh satu grup setiap harinya dan khatam pribadi setiap anggota setiap bulannya.

Sejak November 2013 hingga Mei 2014, member ODOJ berjumlah lebih kurang 110 ribu yang tersebar di seluruh nusantara dan dunia. Dengan beragam profesi, mulai dari ibu rumah tangga sampai para artis, seperti Teuku Wisnu, Baim Wong dan Oki Setiana Dewi.

“Jadi, insya Allah mulai Mei 2014, ODOJ juga membuat program baru untuk anak usia dibawah 2 tahun. Yaitu, One Day One Lembar (ODOL) Kids dan One Day One Half Juz (ODALF) atau sehari setengah juz Al qur’an. Semoga saja rutinitas kita ini mampu dilaksanakan oleh secara menyeluruh bagi masyarakat ke depannya,” sebutnya. (rfk/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...
- Advertisement -

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -