29 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Padang Apresiasi Komunitas ODOJ, Mari Wujudkan Padang Bersih Maksiat
W

Kategori -

Puluhan anggota komunitas Satu Hari Satu Juz atau lebih dikenal One Day One JUZ (ODOJ), mengikuti Ngaji On The Street (Ngaos) yang dilaksanakan di GOR H Agus Salim, Minggu pagi (16/11). Dengan adanya kegiatan tersebut, langsung menarik perhatian masyarakat yang saat itu sedang berolahraga di komplek olahraga GOR H Agus Salim.

Diawali dengan tilawah yang dipimpin beberapa member ODOJ atau yang biasa disebut ODOjers, kegiatan dilanjutkan dengan silaturahmi sesama ODOJers Padang dan Sumbar. Dimana, pada kesempatan tersebut secara spontan turut hadir Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah yang sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Mahyeldi mengatakan, program ini sangat baik dan bisa memotivasi masyarakat khususnya umat islam untuk mencintai Al quran di Sumatera Barat khususnya Kota Padang. Kemudian itu, ODOJ bisa membentuk karakter masyarakat yang cinta terhadap bacaan dan isi dari Alquran. Sehingga, Alquran yang dihafal tiap harinya selalu mengingatkan kita kepada sang pencipta.

”Jadi dengan adanya Ngaos dari Komunitas ODOJ kali ini, diharapkan bisa dijadikan kesempatan bagi masyarakat di Sumbar bahwa saat ini telah dibentuk komunitas pencinta Al qur’an ODOJ. Apalagi program ini sangat sesuai dengan filsafah Minangkabau, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujar Mahyeldi dengan semangat.

Mahyeldi mengatakan, atas nama pribadi tentu sangat mendorong berkembangnya komunitas ODOJ secara berkelanjutan di Kota Padang. Dengan itu diharapkan, Al qur’an lebih digaungkan secara universal bagi masyarakat muslim di Kota Padang.

”Kita berharap kedepan, semakin banyak jumlah anggota ODOJ di Padang, bisa mendorong kegiatan-kegiatan kebaikan di Padang. Apalagi kita bersama akan mewujudkan Padang bersih, bersih lingkungan dan bersih dari maksiat,” bebernya.

Pemko sendiri terang Mahyeldi, juga turut memberikan perhatian kepada siswa yang mampu menghafal Al qur’an di Kota Padang. Diantaranya bagi murid tamatan SD yang hafal 3 juz, maka dipersilahkan memilih SMP dimana saja di Kota Padang. Begitupun bagi lulusan SMP yang hafal 5 juz, bisa memilih melanjutkan ke SMA manapun di Kota Padang.

Setelah itu Ketua Dewan Pengurus Area ODOJ Padang Reza mengatakan, ODOJ merupakan komunitas berbadan hukum yang diinisiasi oleh Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah umat Islam dalam tilawah Al qur’an dengan target satu juz sehari.

”ODOJ menjadi media untuk membumikan dan mencintai Al qur’an. Saat ini, jumlah ODOJer di Sumbar mencapai 800 orang,” tukasnya.

Program ini terang Reza, dengan memanfaatkan instant messager Whatsapp dan BlackBerry Messenger (BBM), menjadikan tilawah satu juz dalam sehari dengan mekanisme membangun grup ODOJ di WA dan BBM, dimana satu grup beranggotakan 30 orang.

Kemudian sebut Reza, lalu juga dibuat sistem pelaporan dan lelangan juz, dengan targetan yang ingin dicapai yaitu 30 juz yang dapat diselesaikan oleh satu grup setiap harinya dan khatam pribadi setiap anggota setiap bulannya.

Sejak November 2013 hingga Mei 2014, member ODOJ berjumlah lebih kurang 110 ribu yang tersebar di seluruh nusantara dan dunia. Dengan beragam profesi, mulai dari ibu rumah tangga sampai para artis, seperti Teuku Wisnu, Baim Wong dan Oki Setiana Dewi.

“Jadi, insya Allah mulai Mei 2014, ODOJ juga membuat program baru untuk anak usia dibawah 2 tahun. Yaitu, One Day One Lembar (ODOL) Kids dan One Day One Half Juz (ODALF) atau sehari setengah juz Al qur’an. Semoga saja rutinitas kita ini mampu dilaksanakan oleh secara menyeluruh bagi masyarakat ke depannya,” sebutnya. (rfk/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -