26 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Walikota Launching PATEN, Camat Lalai Digeser

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten), dalam acara di aula Kantor Camat Payakumbuh Barat di Tanjung Pauh, Selasa (9/2). Terhitung hari itu,  147 kewenangan kepala daerah diserahkan kepada camat. Empat di antaranya, mengeluarkan surat izin,  yang selama ini berada di Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Payakumbuh.

Launching Paten tersebut dihadiri Asisten I Yoherman, Kepala BPMPTSP H. Harmayunis, Kadisduk Capil Mediar Indra,  Sekretaris DPRD Erwan, seluruh camat di kota Payakumbuh, kepala kelurahan, LPM dan Bundo Kanduang serta sejumlah undangan lainnya. Payakumbuh Barat yang menjadi tuan rumah, mengemas acara ini dengan baik, ditandai pembukaan selubung papan nama oleh walikota.

Laporan Kabag Tapem Payakumbuh Edvidel Arda, di awal acara, menjelaskan penyerahan kewenangan itu memenuhi sesuai amanah UU No. 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah dan SK Walikota Payakumbuh No.  130.28/937/wk-pyk/2015, tentang pelimpahan sebagian  kewenangan walikota kepada camat.  SK tersebut juga diberikan walikota kepada Camat Payakumbuh Barat Nurdal, Camat Payakumbuh Timur diwakili Sekcam Ezi Elfiwati,  Camat Payakumbuh Selatan Doni Prayuda, Camat Latina David Bachri dan Camat Payakumbuh Utara Novriwandi.

Sesuai dengan SK  Walikota tersebut, kewenangan yang diberikan adalah, 4 perizinan, 36 berbentuk rekomendasi, 20 berbentuk koordinasi, 21 berbentuk pembinaan, 17 pengawasan, 11 bentuk penetapan, 13 macam fasilitasi, 2 bidang persiapan dan 13 macam penyelenggaraan.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan, penyerahan kewenangan itu, untuk memudahkan masyarakat berurusan, terutama dalam soal perizinan. Camat diminta menyikapi SK walikota dimaksud, yang diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan publik. “Jika tidak memberikan nilai positif terhadap pelayanan, kewenangan dimaksud bisa saja ditunjau ulang atau pejabatnya  yang digeser,” tegas walikota.

Dikatakan, Payakumbuh kota penerima penghargaan Invesment Award Nasional. Kota ini dinilai memiliki pelayanan perizinan terbaik di Indonesia. Karena itu, pemerintahan kecamatan harus lebih transparansi dalam memberikan pelayanan, sesuai dengan SOP yang ada. Berikan kepastian pelayanan kepada publik yang berurusan, ingatnya.

Tidak hanya pihak kecamatan, walikota juga mengingatkan lurah, untuk mempelajari kewenangan yang diberikan kepada camat. Lurah dan LPM diharapkan mampu mensosialisasikan program Paten, sehingga tak ada keraguan bagi warga yang datang berurusan.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

LIMAPULUH KOTA,- Program dalam memimpin Limapuluh Kota kedepan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo...

Pelantikan 3 Jabatan Eselon II Tunggu Persetujuan KASN

Payakumbuh - Setelah dilakukan beberapa tahapan seleksi untuk mengisi tiga jabatan eselon II yang lowong yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pariwisata Pemuda...

Bersama Mahasiswa, Dedi Rahmanto Putra, gelar Tanya Jawab dan Diskusi

Pesisir Selatan ,- Tokoh muda Pesisir Selata, Dedi Rahmanto Putra juga calon bupati Pesisir Selatan no urut 3, melakukan silahturahmi dengan Mahasiswa asal...

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -