Payakumbuh — Wali Kota Riza Falepi bersama jajarannya bertolak dari rumah dinas untuk bertakziah menuju kediaman almarhum Doni Surya Indra, Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, yang mengalami kecelakaan lalu lintas pada jam kerja 13 Januari silam.

Riza Falepi disambut keluarga almarhum dan warga setempat di rumah duka, tepatnya di Jorong Aia Randah, Nagari Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (17/1) malam.

Almarhum Doni wafat diusia 42 tahun dan meninggalkan dua orang anak dan seorang istri. Sehari-harinya sebagai petugas kebersihan di bidang pertamanan Dinas LH Kota Payakumbuh.

Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Kadis LH Dafrul Pasi menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Doni, pada saat hari kejadian kebetulan Riza sedang berada diluar kota.

“Kita waktu itu langsung tugaskan Wawako Erwin Yunaz dan Sekda Rida Ananda untuk mendampingi hingga ke prosesi pemakaman almarhum Doni,” kata Riza Falepi.

Wafatnya Doni sebagai THL, walaupun bukan PNS kata Riza, bentuk pertanggungjawaban dari Jasa Raharja, BPJS Ketenagakerjaan, dan Pemko Payakumbuh tetap diuruskan dan diserahkan kepada ahli warisnya.

“Dari jasa raharja sudah dikirim ke rekening istrinya sebesar Rp. 50 juta, santunan kematian 48 bulan gaji sebesar Rp.109 juta, Rp. 10 juta biaya penguburan, dan Rp. 12 juta beasiswa untuk satu orang anak, penerimaannya secara berkala sampai anaknya tamat kuliah,” kata Riza Falepi.

Di sisi lain, Riza Falepi dan seluruh jajaran Pemko Payakumbuh juga berinisiatif untuk mengumpulkan sumbangan untuk membantu meringankan beban keluarga almarhum.

“Alhamdulillah sumbangan yang terkumpul sebanyak Rp 26.563.100 dari iuran kami bersama jajaran Pemko Payakumbuh,” kata Riza Falepi.

Riza berpesan jaminan dan bantuan yang diserahkan kepada ahli waris, agar digunakan sebaik-baiknya dan jangan disalahgunakan. Mudah-mudahan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Walaupun belum semuanya selesai urusan klaim asuransi almarhum, masih dalam pengurusan, namun Riza menyebut Pemko akan mengurusinya sampai selesai.

“Kiranya apa yang kami serahkan hari ini dapat menjadi pengobat kesedihan pihak keluarga dan membantu kesusahan sebagai anak yatim dari keluarga yang ditinggal oleh sang suami dan sekaligus ayah,” pungkas Riza. (Humas)

loading...