25.1 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Wako Riza Falepi Salurkan Bantuan 20 Unit Gerobak Kepada PKL
W

Kategori -

20 pedagang kuliner malam yang tergabung dalam APKL (Asosiasi Pedagang Kaki Lima) Payakumbuh, masing-masing menerima satu unit gerobak senilai 5,7 juta dari Dinas Koperasi Industri Perdagangan (Koperindag) Sumatera Barat melalui Dinas Koperindag Payakumbuh.

Bantuan gerobak total nilai lebih kurang Rp120 juta itu, diserahkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam acara di pelataran parkir Pusat Pertokoan Blok Barat di Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh, Senin (10/11).

Gerobak yang terbuat dari almunium itu diserahkan secara simbolis dari walikota kepada Linda, perwakilan pedagang. Ikut menghadiri penyerahan gerobak ini, Kadis Koperindag Dahler dan Kadis Perhubungan dan Kominfo Adrian serta Ketua Asosiasi Pedagang Kreatif Lapangan (APKL) H. Nusyirwan.

Dalam sambutannya Wako Riza Falepi mengapresiasi dan berterima kasih atas hibah bantuan 20 unit gerobak ini. Wako berharap dengan diterimanya bantuan hibah ini, omset pedagang APKL dapat terus meningkat. Dengan begitu ekonomi masyarakat khususnya pedagang penerima hibah dapat terangkat ketaraf yang lebih baik.

Bantuan gerobak ini menurut wako Riza juga akan membuat aneka jajanan yang ditawarkan pedagang APKL Kota Payakumbuh lebih menarik dan representatif dalam menggelar jajanannya. Tak lupa, Wako juga berpesan kepada para pedagang agar dapat menggunakan gerobak hibah ini dengan seoptimal mungkin serta merawatnya dengan baik.

Sementara itu Kadis Koperindag Propinsi Sumbar diwakili Kabid Perdagangan Dalam Negeri Zaimar, SE. M.Sc menginformasikan bahwa hibah gerobak senilai 120 juta rupiah ini dimaksudkan sebagai salah satu program gubernur dalam mengentaskan kemiskinan di Sumatera Barat. Dikatakan Zaimar, PKL di Sumbar dari data masih banyak tergolong miskin. Senada dengan Wako, Zaimar juga berpesan gerobak bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Wakil Ketua dan pendiri APKL Payakumbuh Nasrul Kenong, mengatakan, pihaknya akan terus memperjuangkan meningkatkan eksistensi anggota APKL. Menurutnya, proposal yang diajukan APKL ke pihak provinsi direncanakan buat 40 PKL. Tapi, baru mampu direalisir sebanyak 20 gerobak. Untuk itu, terhadap anggota APKL yang belum memperolehnya, diminta bersabar.

“Percayalah, pengurus APKL akan terus memperjuangkan meningkatkan kesejahteraan anggota,” kata Nasrul Kenong sambil mengucapkan terimakasih kepada Koperindag Sumbar dan Koperindag atau Pemko Payakumbuh.

Nasrul Kenong juga mengaku, akan menertibkan keanggotaan APKL yang tidak tertib administrasi dan berjualan. Menurutnya, terhadap anggota yang tak aktif berjualan di lokasi yang telah ditetapkan, akan dipanggil dan dibina. “Jika yang bersangkutan tak aktif lagi berjualan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan SKPD terkait dalam penertiban PKL itu,” tegasnya.

Nama-nama pedagang kuliner yang mendapat bantuan gerobak tersebut, Lukman, pedagang bika panggang), Jumirin (mie pangsit), Mai Indra (aia aka), Linda (kue putu), Eman Syafri (martabak manis), Efnil (gorengan), Meri (aia aka), Ros (bika panggang), Ernawati (nasi goreng), Donal Oktaria (roti bakar), Soleh (goreng molen), Erman (aia aka), Edi (aia aka), Hen (bandrek), Syafrijon (tahu Sumedang), Irdawati (pecal lele), Zulkifli (sate), Tugimin (mie tek-tek), Husdik Rini (bandrek) dan Tasori (goreng molen). (rfk/humas payakumbuh)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...
- Advertisement -

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...
- Advertisement -