33 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wako Riza Falepi Buka Acara Kemitraan Usaha BKPM
W

Kategori -
- Advertisement -

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Propinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMD&PTSP) Kota Payakumbuh,  selenggarakan acara Kemitraan Usaha (Matchmaking) antara pengusaha besar dengan pengusaha mikro kecil dan menengah, pada sebuah hotel melati Payakumbuh, Senin (5/5).

Kegiatan temu mitra usaha ini dibuka  Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dihadiri  Kepala  BKPM Sumbar diwakili  Danang Wintorojati,  Kabid Promosi dan Kerjasama pada BKPM Propinsi Sumbar. Peserta pada kegiatan matchmaking, melibatkan 100 pelaku usaha UMKM Kota Payakumbuh yang didominasi oleh pengusaha makanan ringan.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan kemitraan usaha   oleh BKPM Sumbar yang dilaksanakan di Kota Payakumbuh ini. “Tentunya sangat positif dan bermanfaat baik bagi Pemko Payakumbuh, pengusaha maupun bagi para stake holders terkait dengan penanaman modal di Kota Payakumbuh” ujar Wako Riza.

Menurut Riza Falepi,  penanaman modal memiliki peranan penting dalam menumbuhkan perekonomian. Dimana penanaman modal akan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pembangunan ekonomi berkelanjutan, mendorong kemajuan ekonomi kerakyatan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Namun disisi lain pada kegiatan UMKM, bidang permodalan dan kelangkaan teknologi kerap menjadi kendala. Untuk mengatasi hal ini salah satu upaya pemecahan masalah yang dilakukan adalah dengan membangun kemitraan usaha antara pengusaha besar dengan pengusaha UMKM. Jika kemitraan ini dapat dilaksanakan dengan baik terutama di Kota Payakumbuh maka bukan hal mustahil Payakumbuh menjadi pusat ekonomi yang kuat di Sumbar sebagaimana yang mulai terlihat belakangan ini dengan capaian pertumbuhan ekonomi payakumbuh yan g menyentuh angka 7 %, jelas Walikota Riza Falepi.

Diakhir sambutnnya Wako Riza berharap dengan kebersamaan pengusaha besar dengan pengusaha UMKM pada kegiatan tersebut dapat dijadikan momen untuk meningkatkan koordinasi, kerjasama antara stakeholder dan dapat mewujudkan kemitraan antara pelaku usaha besar dengan UMKM di kota Payakumbuh.

Sementara itu Danang Wintorojati dari BKPM Sumbar mengapresiasi usaha Pemko Payakumbuh dalam membesarkan UMKM Kota payakumbuh. Seperti diketahui bersama, Payakumbuh memiliki jumlah pengusaha UMKM yang cukup banyak, dan diantara pengusaha UMKM ini didominasi oleh pengusaha rendang dan makanan ringan dengan bahan baku ubi kayu. “ Sementara itu kita ketahui bersama geliat ekomoni Payakumbuh yang luar biasa dengan capaian pertumbuhan ekonomi 7%, tertinggi dibanding kabupaten/kota lain di Sumatera Barat” ujar Danang Wintorojati.

Kegiatan pertemuan kemitraan usaha ini juga dikemas dengan acara presentasi dengan narasumber dari pengusaha-pengusaha sukses Sumbar. Adapun narasumber pada kegiatan ini antara lain adalah Irsan Pasya dari Bank Nagari, Joni Syaputra pengusaha coklat sukses asal Payakumbuh serta dari BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img