27 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

Vila Milik Penyidik KPK Dibongkar
V

Kategori -

BOGOR – Satpol PP Kabupaten Bogor bersama Brimob terus membongkar vila di blok Cipendawa Kampung Sirnagalih, Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Pada pembongkaran kali ini petugas mendapat perlawanan dari puluhan warga. Aksi penolakan pembongkaran bangunan liar ini, mengakibatkan vila Orange terbakar.

Massa menuding, vila tersebut milik keluarga cendana, Probosoetedjo yang luput dari pembongkaran. Probosoetedjo merupakan pemegang hak guna usaha (HGU) atasnama PT Buana Estate di lahan blok Cipendawa seluas 180 hektare yang sekarang dibangun vila ilegal. Dugaan warga pembongkaran vila oleh Satpol PP ini pesanan dari Probosoetedjo yang ingin ‘merebut’ kembali lahan tersebut dari pejabat pemilik vila ilegal.

Satpol PP berhasil membongkar tiga vila, salah satunya vila milik Damanik. Diduga Damanik merupakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Betul sewaktu datang ke Megamendung, beliau mengaku penyidik KPK,” kata Kades Megamendung, Duduh Manduh, Jumat (13/12).

Selain pejabat KPK ada vila milik pejabat Menteri Keuangan, Budi Sitepu dan pengusaha asal Jakarta Agus Nurdin. Sedangkan vila milik Mantan Wakapolres Bogor Tomex Korniawan dibongkar sendiri oleh yang bersangkutan. Di blok Cipendawa ini juga terdapat vila milik pejabat PLN, Kejagung, Bank Mandiri.

Puluhan warga Desa Megamendung yang menolak pembongkaran vila telah memiliki strategi untuk menggagalkan aksi besar-besaran Satpol PP yang hendak membongkar 52 pemilik vila dengan total bangunan sebanyak 55 di blok Cipedawa tersebut. Sementara personel yang dikerahkan berjumlah 600 yang tergabung dari Satpol PP, TNI, dan Polri.

Saat itu, warga membentuk pagar betis pertahanan di tiga titik menuju lokasi pembongkaran dengan jarak 500 meter dari titik ke titik. Setiap titik pager betis dihuni sekitar 30 orang, yang menyebar laksana gerilyawan. Di titik pagar betis tersebut, juga ditumbangkan beberapa pohon untuk menghalangi aksi pembongkaran macan Tegar Beriman. Bahkan, beberapa ban mobil pun dibakar warga.

Tak hanya itu, warga pun sudah mempersiapkan sejumlah perlengkapan perang bila terpaksa terjadi benturan dengan macan Tegar Beriman. Persenjataan seperti kayu, senjata tajam, batu, bambu runcing, hingga pentungan pun terlihat di beberapa tangan warga. Sementara beberapa warga lainnya sudah mempersiapkan puluhan bom molotov yang sudah siap diledakan.

Seperti sebelumnya, lagi-lagi Satpol PP Kab. Bogor melakukan mediasi dengan warga. Namun, upaya mediasi tersebut tak memberikan titik temu. Kedua kubu, warga dan Satpol PP saling bersikeras hingga konflik pun terjadi.

Para petugas Satpol PP dan Brimob pun dihujani batu oleh warga. Tak tanggung-tangung, sekitar 30 bom molotov pun diledakan, hingga tiga orang personel Satpol PP Kab. Bogor harus dilarikan ke RSUD Ciawi untuk mendapatkan perawatan intensif.

Tak sampai disitu, warga yang hilang kendali pun terus melakukan aksi perlawanan, laksana gerilyawan yang berperang di tengah hutan. Hingga akhirnya, salah seorang warga melemparkan bom molotov dan menyasar ke sebuah gazebo, hingga menyambar ke dalam bagian vila yang dikenal dengan nama vila Orange. Diduga, sulutan api tersebut dikarenakan abu yang beterbangan sehingga menyambar vila yang sebagian besar bermaterial kayu. Tak membutuhkan waktu lama api langsung melahap seluruh bagian vila dan meruntuhkan sebagian atap vila. Diketahui, vila yang terbakar tersebut bukan target dari vila yang akan dibongkar hari ini.

Beberapa blok eks HGU Probosutedjo pun sempat menjadi lautan api. Namun, peristiwa itu tak berlangsung lama. Pasalnya, sejumlah petugas Satpol, tentara, dan polisi segera melakukan upaya pemadaman. Akhirnya, si jago merah pun padam. Namun hingga kini aksi pembarakarn itu masih dalam tahap penyelidikan. Apakah itu aksi provokasi melalui pembakaran atau bom molotov yang terlempar salah sasaran. Meskipun demikian, aparat penegak Peraturan Daerah itu, berhasil memukul mundur ratusan warga yang menghadang.

Tiga alat Beckho pun berhasil melintas ke lokasi pembongkaran. Meskipun begitu, jalur lintas alat berat itu cukup terkendala dengan pohon-pohon yang sengaja ditumbangkan warga. Hingga akhirnya, tanaman keras yang tumbang itu, harus disingkirkan ke sisi jalan. Sekitar pukul 11:30 WIB, macan Tegar Beriman sudah mulai melakukan aksi pembongkaran vila. Ketiga beckho itu pun disebar ke beberapa titik pembongkaran.

“Mereka lemparin bom molotov, cuma gak sampe ke kita. Makanya malah ngebakar gazibu,” jelas salah seorang personel Satpol PP Kabupaten Bogor, Muamar saat ditemui Radar Bogor dilokasi pembongkaran, kemarin.

Ironisnya, sambung dia, akibat aksi pelemparan bom molotov itu, salah seorang warga terbakar punggungnya karena sumbu bom molotov yang terjatuh ke baju bagian belakangnya. Warga itu pun langsung menceburkan diri ke dalam kolam renang di dalam vila. Setelah itu, ia langsung lari terbirit-birit,” beber dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyidikan dan pemeriksaan Agus Ridhallah mengatakan, konflik yang terjadi itu sudah diperkirakan pihaknya jauh-jauh hari. “Sejak kami dihadang warga pada rencana pembongkaran Senin (9/12) lalu, memberikan kewaspadaan pada kami akan aksi penghadangan kembali. Terbukti, hari ini kembali terjadi dan penghadangan lebih ekstrem dari sebelumnya,” ujarnya.

Meskipun demikian, sambung Agus, pihaknya telah sepakat untuk terus melanjutkan pembongkaran vila liar itu. “Satpol PP bersama TNI, dan Polri siap menghadapi aksi penghadangan tersebut. Karena pembongkaran bangunan diatas lahan negara harus terus dilanjutkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus membenarkan beberapa personelnya mengalami luka akibat terjadinya konflik tersebut. “Ada tiga personel yang terluka akibat percikan bom molotov, batu, dan terkena pukulan kayu. Sementara warga yang terluka belum terditeksi,” kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Cisarua, AKP Musimin mengatakan. Pihaknya menemukan 40 bom molotov yang siap diledakan. “Kami temukan 40 bom molotov siap ledak, dan beberapa senjata tajam,” ujarnya.

Saat ini, sambung dia, pihak kepolisian tengah melakukan aksi pengejaran kepada beberapa orang warga yang diduga sebagai provokator dari aksi tersebut. “Kami dan Polsek Megamendung tengah dalam penyelidikan dan pengejaran terhadap warga yang diduga sebagai provokator,” ucap dia.(jpnn)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...
- Advertisement -

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH

Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumbar menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda). di Meeting Room Kave Uj By Pas Kota Padang. Sabtu kemaren.
- Advertisement -

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...

KH. T. ZULFIKAR ; Penyertaan BUMA Pasca Berakhirnya Kontrak Chevron Jadi Momentum Kebangkitan Riau

Akan segera berakhirnya kontak migas Chevron di blok rokan Provinsi Riau pada bulan Agustus 2021 nanti tengah menjadi atensi yang tinggi dari masyarakat Riau, bahwasanya dengan berakhirnya kontrak migas Chevron di blok rokan Riau merupakan sebuah momentum bagi masyarakat Riau untuk dapat bangkit melalui imbal hasil dari sumber daya alam yang besar sehingga mampu menjadi Provinsi yang lebih maju

Jadi Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto Dukung Penuh Program Presisi Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Pol Agus Andrianto menjabat Kabareskrim Polri. Sebelumnya, Agus menjabat Kabaharkam Polri.
- Advertisement -