29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

UN SMP, Soalnya Mudah, Tapi Menjebak
U

Kategori -
- Advertisement -

DENPASAR – Pelaksanaan UN SMP di hari pertama kemarin ditanggapi ssantai oleh para siswa. UN mata pelahara Bahasa Indonesia itu dinilai tidak terlalu sulit, namu banyak soal yang menjebak.

“Kalau kami tidak teliti, pasti banyak salahnya. Tapi itu sudah kami waspadai,” kata Pranaditya, siswa SMPN 7 Denpasar di Monang-Maning Depasar.

Kepada Republika seusai mengikuti UN, Senin (4/5), Prana menyebutkan, dia telah mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikutiUN, sehingga hampir tidak ada masalah yang dihadapinya. “Soal-soal UN-nya semuanya pilihan ganda, tidak ada essainya,” kataPrana.

Secara terpisah, siswi SMPN 7 lainnya, Alfindita mengatakan, dapat menyelesaikan soal-soal UN dengan baik. Dia sangat yakin bahwa apa yang telah dikerjakannya hasilnya akan memuaskan.

Ditanya apakah sebelum UN berlangsung dia sudah dapat kisi-kisi soal UN, Dita menyebutkan tidak ada soal-soal yang diberikan secara khusus. Dia mengatakan, apa yang dipelajari di sekolah menjadi bekal menghadapi UN.

Secara terpisah, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Al Khotton mengatakan, dari hasil pemantauannya ke beberapa sekolah, belum ada indikasi kecurangan-kecurangan. Namun sebutnya, dia belum mendapatkan laporan dari staf Ombudsman yang juga menyebar ke beberapa sekolah.

“Kami belum tahu, apakah sore nanti akan ada perkembangan informasi,” kata Umar.

Di hari pertama UN, Umar mengaku mengunjungi sejumlah sekolah, diantaranya SMPN 9 Denpasar, SMPN 10 Denpasar dan SMPPGRI 9 Denpasar. Sejumlah staf Ombudsman jelas Umar, juga disebar ke beberapa sekolah untuk memantau pelaksanaan UN.

“Kami hanya mengamati dan memantaunya dari luar ruangan, yang saya lihat mereka enjoy dengan soal-soal UN,” kata Umar. (aas/republika)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img