27.1 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

TP-PKK Payakumbuh Ukir Prestasi Nasional

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)  Kota Payakumbuh mengukir prestasi bergengsi di tingkat nasional.  Membawa nama Sumatera Barat, TP-PKK Payakumbuh dianugerahi gelar Pakarti Utama III dalam Lomba PKK KB-Kes Tingkat Nasional 2015. Piala Pakarti Utama III itu diterima Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi dari Ny. Mufidah Yusuf Kala, selaku Pembina TP-PKK Pusat, dalam acara Hari Keluarga Nasional ke-22 di Tengsel, Banten, 30 Juli 2015.

Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi didampingi Sekretaris TP-PKK Ermayunita, S.Sos, di Balaikota Payakumbuh, menginformasikan, Minggu  (23/8),  gelar Pakarti Utama III ini, merupakan gelar perdana bagi TP-PKK Payakumbuh di tingkat nasional. Dalam Lomba PKK-KB Kes itu, Payakumbuh diwakili   kelompok PKK  Tanjung Anau Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara.  Tanjung Anau sukses menggelar bulan bhakti Dasa Wisma Tingkat Payakumbuh.

Di kelurahan ini, program PKK KB-Kes sangat menonjol, dengan aktifitas kelompok dasa wisma dan   posyandu cukup tinggi. Sehingga, kesehatan lingkungan, prilaku hidup bersih dan sehat masyarakat setempat berpengaruh kepada kesejahteraan keluarga serta   harapan hidup warga yang cukup tingi.

Di kelurahan ini, sebutnya, pasangan usia subur sudah 98% ikut KB. Yang belum ber-KB, adalah pasangan yang baru nikah atau yang ingin betul-betul menambah anak, setekah berkonsultasi dengan petugas keluarga berencana kelurahan setempat.

Dalam hal pemeliharaan kesehatan warga,  ibu-ibu Dasa Wisma Tanjung Anau, secara terpadu, aktif mendorong warga untuk datang ke Posyandu.  Dan kegiatan Posyandu, tidak hanya melayani ibu hamil atau anak balita saja, melainkan juga melayani pemeliharaan kesehatan  lansia serta anggota masyarakat lainnya. Kegiatan ibu-ibu Dasa Wisma inilah yang membuat nilai Payakumbuh cukup tinggi dalam lomba PKK KB Kes.

Dikatakan, keterlibatan TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Utara, dipimpin Ny. Reni Novriwandi, juga memberikan nilai positif terhadap Payakumbuh. Karena, koordinasi antara sesama TP-PKK kota, TP-PKK kecamatan dan kelurahan berjalan sangat harmonis.  Dalam lomba ini, keterpaduan inilah yang diharapkan tim penilai pusat, ungkap Henny Riza Falepi.

Ketua Kelompok PKK Tanjung Anau Nilda Witri yang dihubungi, mengaku bangga dengan prestasi yang diukir tersebut. Gelar juara ini, akan mendorong kami lebih giat menjalani kegiatan PKK dan dasa wisma yang mencakup keseluruh program PKK, katanya.  Di bagian lain, Nilda Witri mengapresiasi semangat TP-PKK Payakumbuh yang dipimpin Ny. Henny Riza Falepi, yang dinilai sangat gigih melakukan pembinaan ke kelurahan. “Sosok ibuk PKK yang pantas diteladani,” tambahnya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pjs Bupati Solsel Sidak Ke RSUD Muaro Labuah

Solok Selatan – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah di Muara...

Pesanan Randang Dijemput PT Muhibbah Mulia Wisata Ke Payakumbuh, Dipasarkan Online

Payakumbuh --- PT Muhibbah Mulia Wisata datang untuk menjemput pesanan tahap pertama dari sebanyak 5000 sachet Randang mereka ke Koperasi Sentra Randang...

Program Unggulan ASA, Niniak Mamak Bahagia

Ashelfine, SH, MH yang telah diberigelar oleh kaum atau suku dengan gelar Rajo Parpatiah dari Suku Chaniago Nagari Pematang Panjang. Kamanakan Datuak...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -