23 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Tokoh Masyarakat Nagari Koto Panjang Apresiasi TNI-Polri
T

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Peresmian Kampung Tangguh Nusantara di Nagari Koto Lanjang Lamposi Tigo Nagori oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kapolda, dan Danrem 032/WB bersama Wali Kota Riza Falepi dan jajaran Forkopimda Kota Payakumbuh mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat setempat, Rabu (17/6).
Ketua KAN Koto Panjang Dt. Majo Lobiah Nan Putiah menyebut dalam menghadapi wabah pandemi Virus Corona, masyarakat aktif bergerak bersama mendirikan posko-posko Covid-19 dari hasil swadaya masyarakat di Nagori Koto Panjang.
Kemudian, dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, aturan protokol kesehatan pencegahanpun ketat dilakukan, hasilnya sampai saat ini kasus positif Covid-19 di nagari itu.
Dengan kuatnya ketahanan warga Nagori Koto Panjang menghadapi pandemi itu, hingga PSBB berakhir, warga dan tokoh-tokoh nagari sepakat menjadikan nagarinya yang terdiri dari dua kelurahan, Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam sebagai Kampung Tangguh Nusantara.
“Selaku ketua KAN, kami menyampaikan ide kepada Wali Kota Riza Falepi untuk swasembada pangan di Kampung Tangguh dengan menanam jagung. Kebutuhan jagung Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota 350 Ton perhari. Biasanya peternak kita membeli jagung ke luar kota, hingga sampai impor. Maka kita ingin meningkatkan produksi di dalam negeri, khusus memulainya di Koto Panjang,” ujarnya, didampingi Camat Latina David Bachri.
Kemudian, Anggota DPRD Mawi Etek Erianto asal Latina menyebutkan dasar konsep Kamoung Tangguh ini dibangun berdasarkan himbauan camat kepada lurah dan perangkat nagari. Dimana Posko Covid-19 tidak dihenti meski PSBB sudah berakhir.
“Komitmen warga Nagori Koto Panjang untuk megiatan iven-iven besar yang mengundang orang banyak masih di larang. Realisasi pelaksanaan tidak hanya kata saja, khusus Covid-19 menyikapi himbauan, bisa dilihat warga disini tak berani keluar rumah tanpa masker. Di Lamposi disiplin protokol kesehatan sangat ketat,” ujar Mawi.
Warga Nagari Koto Panjang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres AKBP Dony Setiawan melalui Pembina Posko Covid-19 dan Kampung Tangguh Kapolsek AKP Julianson dan jajaran Bhabinkambtibmas Frans dan Riko. Kemudian kepada Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe melalui Danramil 01/Pyk Kapten Joni Forta dan jajaran Babinsanya yang telah setia selalu mengayomi rakyat dengan baik sehingga kasus Covid-19 sampai saat ini bertahan di angka 0 di nagari itu.
“TNI-Polri sangat berperan penting bagi kami disini, mereka siaga mendisiplinkan warga agar patuh kepada aturan, sehingga hasilnya nyata dan tak ada kasus positif, kita bangga saat ini posko-posko Covid-19 masih berdiri, aturan protokol kesehatan akan selalu diterapkan sampai ada regulasi baru keluar dari pemerintah maupun Maklumat Polri,” ungkapnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...
- Advertisement -