25 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Tips Sahur Sehat di Saat Pandemi Covid-19
T

Kategori -

Bulan suci Ramadhan kembali menyapa. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selalu di nanti-nati umat muslim seluruh dunia. Umat Muslim wajib hukumnya berpuasa. Selain sebagai ibadah dengan menahan lapar dan dahaga mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, puasa juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Meskipun ramadhan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lantaran wabah virus corona. Namun, tidak menghalangi umat muslim untuk tetap beribadah dan tetap menjaga pola hidup sehat. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan selama bulan puasa yaitu sahur. Mengapa?
baca juga: Buk Lalan, Wanita Sebatang Kara Tinggal Di Pondok Ukuran 1 x 2 Meter
Karena sahur merupakan salah satu terpenting untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam menjaga asupan nutrisi dan energi selama berpuasa. Dengan demikian, asupan yang dikonsumsi pada saat sahur harus dapat memenuhi kebutuhan selama berpuasa. Maka dari itu, kita harus lebih selektif dalam mengonsumsi makanan pada saat sahur, karena tubuh harus menghadapi 2 tantangan dari puasa ramadhan full seharian dan pandemi wabah covid-19.
Agar tetap sehat ketika berpuasa dan puasa lancar selama pandemi covid-19, tubuh membutuhkan makanan yang bergizi tinggi dan dapat menjaga sistem imun tubuh, berikut tips sahur sehat di saat pandemi covid -19

  1. Minum air

Air sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dapat mencukupi cairan di dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa. Minumlah air secukupnya minimal 3 gelas. Dan mengonsumsi air juga sangat bermanfaat pada saat pandemi Covid-19, karena dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, namun tidak menjamin dapat mencegah infeksi virus corona. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, karena hal tersebut justru membuat cepat haus.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Seperti, nasi putih. Karena nasi mengandung serat tinggi sehingga membuat tubuh tetap berenergi setelah sahur hingga berpuasa.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Seperti halnya tahu, tempe dan berbagai jenis ikan laut. Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut tubuh akan tetap fit dan tidak cepat lemas.
Dan ikan laut juga memiliki kandungan esensial untuk membangun pertahanan diri pada saat covid-19.

  1. Mengonsumsi buah-buahan dan sayur mayur

Buah dan sayur sangat baik di konsumsi saat sahur, karena kandungan  buah dan sayur di dalamnya mempunyai kandungan dan serat yang tinggi yang sangat penting untuk menjaga kondisi di tengah pandemi covid-19. Sebab, terkadang orang yang berpuasa akan mengalami tenggorokan kering dan radang. Sehingga, dengan mengonsumsi buah dan sayur dapat mengurangi peradangan di tenggorokan.
Selain itu, ada pula untuk menjaga kesehatan tubuh ketika sahur yaitu keseimbangan sekunder seperti, menjaga kebersihan lingkungan. Dimana pada saat pandemi Covid-19 kita di tuntut untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Dimana dimulai dari lingkungan keluarga. Serta menjaga stamina tubuh dengan istirahat secukupnya. Hal ini, sangat mendukung untuk menjaga kesehatan ketika melaksanakan sahur di bulan Ramadhan ini dan pada saat pandemi Covid-19.

Profil Penulis   : Aini Afiyati
Jurusan            : Tarbiyah
Prodi               : Pendidikan Bahasa Arab
Semester          : VI
Instansi            : IAIN MADURA
 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.
- Advertisement -

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pembelajaran Tatap Muka di SDN 09 Lubuk Tareh pada Masa Pandemi

SDN 09 Lubuk tareh terletak di jorong Lubuk Tareh kenagarian Garabak Data kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Lokasi Sekolah ini sangat jauh dari pusat kota solok bahkan untuk sampai ke sekolah ini harus melewati Kabupaten Dharmasraya terlebih dahulu.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...
- Advertisement -