26 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Tingkatkan Produksi, Petani Dibekali Bimbingan Kakao

Kemampuan petani dalam meningkatkan mutu dan produksi terus dilakukan Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Payakumbuh. Kamis pekan lalu, giliran 30 petani kakao dari  Kelompok Tani Tanjung  Subur Kelurahan Kapalo Koto  dan P4S Indah Basamo Kecamatan Payakumbuh Selatan, yang ditingkatkan SDM-nya. Ke-  30 petani itu,  menjalani  bimbingan teknis Fasilitasi Agroindustri Coklat, di Terminal Agro (TA) Payakumbuh di  Koto Panjang Payobasuang,  Kecamatan Payakumbuh Timur.

Keterangan Kepala Distanbunhut Payakumbuh Iqbal Bermawi, M.Si, Minggu (8/2), bimtek   dimaksudkan, untuk meningkatkan kualitas SDM petani,  tentang budi daya dan pengolahan kakao. Sehingga,  kualitas olahan kakao dapat ditingkatkan,  dalam rangka menunjang pabrik coklat mini yang ada di Kapalo Koto Kenagarian Aua Kuniang,  Payakumbuh Selatan.

Kualitas kakao di kawasan Payakumbuh Selatan selama ini sudah cukup baik. Tapi, petani harus dimotivasi terus dengan sentuhan atau tekhnologi terbaru, agar produksi dapat ditingkatkan dan biaya pemeliharaan dapat dihematkan.

Untuk kegiatan bimtek, Distanbunhut menurunkan dua nara sumbernya, yaitu Kabid  Perkebunan dan Kehutanan Yunizar, SP dan Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ir. Donalson. Keduanya punya kompetensi yang cukup mumpuni dengan tanaman kakao tersebut, sebut Iqbal.

Dikatakan, peningkatan produksi tidak terlepas dari saat pemilihan bibit, penaman, pemupukan,  pemeliharaan,  pemangkasan, saat  panen dan pasca panen. Didampingi Kabid Perkebunan dan Kehutanan Yunizar, kadis mengatakan,  hal penting yang perlu menjadi titik perhatian untuk tanaman kakao  adalah pemeliharaan tanama. Sebab masa inilah yang menentukan tanaman kakao berhasil atau sebaliknya. Jika  pemeliharaan  gagal,  hasil  diharapkan jauh dari sempurna .

Demikian juga halnya pengolahan pasca panen, sesuai dengan hasil penelitian buah kakao yang bermutu, harus melewati permentasi. Disamping kualitasnya terjamin, harga jualnya jauh melebihi pengolahan cara biasa. Makanya, untuk membantu petani, pemko  melalui Distanbunhut telah menyerahkan  bantuan kotak permentasi kepada petani bersangkutan, katanya.

Sekarang ini, tambahnya, permintaan coklat permentasi di pasar regional seperti Pekanbaru, Medang, Jambi lebih meningkat. Tinggal lagi bagaimana petani Payakumbuh menyikapinya. Meskipun untuk memenuhi permintaan pabrik coklat mini di Kapalo Koto sendiri masih belum terpenuhi. Walau begitu, pengetahuan petani dalam bercocok tanam kakao harus update terus, simpul Iqbal.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Setahun Gerakan Merawat Bumi dari Rumah Tangga di Indonesia

Eco Enzyme (EE) adalah cairan yang diproduksi dari fermentasi sampah organik seperti kulit buah dan sayuran dicampur gula dan air yang menghasilkan...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

P3S Gelar Webinar Dengan Tema “Masa Depan Penyiaran Analog (Konvensional) di Indonesia”

Topik menarik seputar kontroversi antara penyiaran analog dan digital akan dibedah dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) dan esensinews.com yang...

GM FKPPI Jambi Hadiri Silaturahmi Ormas dan OKP Bersama Polda dengan Tema Jambi Cinta Damai

JAMBI - Kepolisian Daerah Jambi selalu dekat dan merangkul Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dengan mengadakan Silaturahmi untuk meningkatkan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -