30 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Terkait Harga CPO, Pemko Fasilitasi Pertemuan PT Pelindo dengan AT3B
T

Kategori -

Gonjang-ganjing harga Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah di Teluk Bayur direspon Pemerintah Kota Padang dengan memfasilitasi pertemuan antara PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan Asosiasi Tangki Timbun Teluk Bayur (AT3B). Pertemuan ini digelar di ruang Abu Bakar Jaar, Kantor Balaikota Padang, Senin (30/3).

Dalam pertemuan itu, harga Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah telah disepakati kedua belah pihak. Akan tetapi, AT3B ingin ada kejelasan kompensasi dari harga yang telah ditetapkan tersebut.

Harga handling CPO ke Teluk Bayur disepakati kedua belah pihak sebesar Rp 15.000,- perton. Harga yang disepakati itu diharapkan akan berdampak baik juga bagi perusahaan yang bernaung di bawah AT3B. “Berapapun harga yang ditetapkan, baik itu lima belas ribu atau tiga puluh ribu sekalipun kita sepakat. Akan tetapi kita tentu ingin tahu apa yang diberikan dan fasilitas apa yang kita dapat dari PT Pelindo II dengan harga tersebut?” kata Ketua AT3B, Agus Widiyanto di dalam rapat antara PT Pelindo dengan AT3B yang difasilitasi Pemko Padang, Senin (30/3).

Dalam rapat itu, hampir seluruh perusahaan mengharapkan fasilitas yang diberikan jika harga Rp 15 ribu itu ditetapkan. Selain itu perusahaan di bawah AT3B juga menginginkan, setelah disepakati harga sebesar Rp 15 ribu dan ditandatangani, dilakukan sosialisasi selama tiga bulan untuk kemudian diberlakukan tarif selama dua tahun.

Sementara PT Pelindo II sangat mengharapkan secepatnya diperoleh kata sepakat dengan AT3B. PT Pelindo II berharap dalam waktu dekat ini seluruh direksi perusahaan sawit di bawah AT3B agar segera melakukan pertemuan dengan pihaknya untuk membahas kelanjutan kesepakatan waktu harga tersebut. “Kita mengharapkan niat baik dari seluruh pimpinan perusahaan untuk menyemakan ini,” kata General Manager PT Pelindo II, Mulyadi.

“Harapan kita memang, permintaan seluruh pengusaha dapat dipenuhi dalam waktu dekat sehingga ada kepastian dalam bekerjasama,” tambahnya.

Meski telah mendapatkan kata sepakat tentang harga, namun kesepakatan kompensasi yang akan diperoleh perusahaan belum mendapat titik temu. Karena itu, dalam waktu dekat ini akan dilakukan kembali pertemuan seperti yang diharapkan PT Pelindo II.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengharapkan agar kedua belah pihak segera mendapatkan titik temu. Menurut Walikota, PT Pelindo telah menyepakati harga handling CPO sebesar Rp 15 ribu/ton. “Silahkan negosiasi antara keduabelah pihak tetapi, akan tetapi pertimbangkan juga masyarakat kita,” katanya.

Dikatakan Walikota Mahyeldi, dengan terjadinya kepastian dari keduabelah pihak akan berefek ke masyarakat. Karena masyarakat hidup di pelabuhan dan perusahaan kebun sawit. “Harapan kita diperoleh keputusan dalam waktu tidak begitu lama untuk kemudian kami bisa komunikasikan ke DPR RI dan menteri BUMN,” tukuknya.

Dalam pertemuan tersebut terjadi tolak ansur waktu pemberlakuan masa tarif CPO antara setahun atau dua tahun. PT Pelindo II meminta agar tarif diberlakukan selama setahun, sedangkan CPO minta dua tahun. Pemko Padang akan kembali memfasilitasi kedua belah pihak dalam waktu dekat ini.(Charlie)

Teks foto: Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah berpose bersama sejumlah pengusaha yang bernaung di bawah AT3B dan General Manager PT Pelindo II usai pertemuan di ruang Abu Bakar Jaar, Kantor Balaikota Padang, Senin (30/3).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.
- Advertisement -

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -