26 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Tekan angka kecelakaan,Sopir angkutan umum jalani tes kesehatan

Payakumbuh,Beritasumbar.com-Antisipasi kecelakaan lalu lintas di saat arus mudik lebaran,Dishub Kota Payakumbuh bersama BNN,Dinas kesehatan dan Polresta Payakumbuh lakukan cek pengemudi angkutan umum.

Kamis 30/6 Bertempat di halaman kantor Dishub Kota Payakumbuh di area terminal Koto Nan Ampek Payakumbuh uji kesehatan di lakukan bagi semua pengemudi angkutan umum.

Tes kesehatan ini dilaksanakan sesuai surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat nomor 443.3/661/P2P/VI/2016 tertanggal 20 Juni 2016. Tentang ahsil kesepakatan bersama dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas di Sumatera barat.

Kegiatan tes kesehatan para pengemudi itu disaksikan langsung Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Firdaus, Asisten I Setdako Yoherman, Kadiskes Elzadaswarman, Kadishubkominfo Adrian, Kasat Lantas AKP. Erman. Juga hadir sejumlah pejabat dari Dinkes Provinsi  Sumbar,  seperti Indra Veri, Syamsu Aprizal, Sri Mulyeti, Irwandi Walis dan Jefriadi.

Kerja  bareng Dishubkominfo, Diskes, BNNK dan Polresta Payakumbuh, dalam menjamin kesehatan driver menghadapi lebaran itu, bentuk kepedulian pemko untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi warga kota yang hendak mudik atau berlebaran selama menjalani hara raya Idul Fitri.

Wawako Suwandel Mukhtar dan Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam menghimbau, setiap supir dan penumpang yang melakukan kegiatan Mudik lebaran tahun ini, agar berhati-hati dan menjaga keselamatan. “Jaga diri dan orang lain, selamat sampai tujuan, dan berkumpul bersama keluarga. Semoga tahun ini, tidak ada musibah kecelakaan yang menimpa masyarakat,” ujar Wawako.

medical cekup

Dalam tes Kesehatan dan narkoba tersebut, disampaikan Kadishubkominfo Adrian, setiap Supir yang membawa angkutan umum dan melintasi Kota Payakumbuh, wajib untuk melakukan tes. Hal ini dilakukan supaya setiap penumpang yang memakai jasa angkutan umum selamat sampai tujuan. “Kita tidak ingin penumpang yang memakai jasa angkutan umum mengalami musibah yang disebabkan oleh kelalaian atau kecerobohan supir angkutan umum itu sendiri,” ujar Adrian.

Selain itu,  ditambahkan Kadis Kesehatan Elzadaswarman, tes Kesehatan yang diberlakukan untuk para supir meliputi tes alkohol, tes lemak darah, serta resiko penyakit menular. Setiap supir akan diukur tekanan darah, HDL, LDL, kolesterol, serta kadar alkohol yang terkandung dalam pernafasannya.

“Apabila ditemui supir yang terindikasi alkohol, akan kita koordinasikan dengan Dishub dan Kepolisian. Sangat tidak disarankan bagi para supir untuk membawa kendaraan dalam pengaruh alkohol. Hingga pukul 12.00 WIB,  Kamis siang itu, sudah tercatat 116 supir dari berbagai jurusan yang menjalani tes kesehatan. kemari,” kata Elzadaswarman.

Untuk supir yang terindikasi positif Alkohol dan Narkoba, menurut Adrian, izin mengendarai kendaraannya akan ditahan terlebih dahulu. Pihak Dishub akan menghubungi pihak jasa angkutan umum yang supirnya dilarang mengemudi.

“Kita tidak akan memberikan izin kepada supir yang terindikasi Narkoba dan Alkohol. Selain itu, pihak Jasa Angkutan terkait akan kita hubungi, agar mengirimkan supir pengganti yang lebih sehat dan segar. Keselamatan Penumpang merupakan hal utama yang harus diperhatikan,” simpul Adrian.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...

P3S Gelar Webinar Dengan Tema “Masa Depan Penyiaran Analog (Konvensional) di Indonesia”

Topik menarik seputar kontroversi antara penyiaran analog dan digital akan dibedah dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) dan esensinews.com yang...

Forkopimda Sumbar Gelar Rakor Criminal Justice System Tentang Penerapan Perda AKB

Padang, - Guna menyamakan persepsi dalam menerapkan sanksi protokol kesehatan yang tertuang pada Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru, Forum Koordinasi...

Tetap Konsisten Pertahankan Kampung Tangguh, Dit Pam Obvit Polda Sumbar Apresiasi Warga Kubang Gajah

Payakumbuh --- Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdiyanto bersama Kasubdit Wisata Ilva Siswanto mendatangi Kampung Tangguh Nusantara Perumnas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -