24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tanjung Anau Wakil Payakumbuh ke Lomba P2WKSS Sumbar
T

Kategori -
- Advertisement -

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, minta SKPD terkait berperan aktif dalam mengaplikasikan program instansinya dalam pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Tanjung Anau, Kecamatan Payakumbuh Utara.  TP-PKK Payakumbuh punya obsesi, mengantarkan Tanjung Anau sebagai yang terbaik di Sumatera Barat dalam lomba P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera), 2014.

Lomba P2WKSS 2014 itu, jelas Ketua TP-PKK Henny Riza Falepi, Sabtu (1/2), dijadwalkan berlangsung November, sekitar 10 bulan ke depan. Tapi, agar mendapatkan hasil optimal, persiapannya harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. “Kelurahan  Tanjung Anau yang saat ini tertinggal dalam berbagai hal,  dibanding kelurahan-kelurahan lainnya di Payakumbuh,  saat lomba nanti terjadi perubahan positif yang signifikan,” tegas Henny.

Misalnya, tambah Henny, kondisi awal tingkat pendidikan, kesehatan dan ekonomi kaum perempuan dan masyarakat setempat yang  rendah, setelah dikeroyok bersama-sama oleh SKPD dengan berbagai program, dalam beberapa bulan ke depan, terjadi perubahan yang sangat besar. Perubahan-perubahan seperti  itulah, yang diharapkan dari lomba ini.

Dikatakan, SKPD terkait dibawah koordinasi Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Keluarga Berencana (BPMP-KB), tengah mendata jumlah kaum wanita yang tak tamat SD dan SLTP. Kemudian, keluarga yang rumahnya tak punya jamban, keluarga yang berpenghasilan rendah.  Begitu data diperoleh, SKPD terkait akan melakukan intervensi dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat.

Menurut Ketua TP-PKK   Ny. Henny, dalam lomba PWKSS ini, Payakumbuh pernah mencatat prestasi terbaik di Sumatera Barat.  Tiga kelurahan yang sebelumnya sukses merebut gelar juara,  Talang di Payakumbuh Barat, Kapalo Koto di Payakumbuh Selatan,   Padang Sikabu di Latina, Payolinyam di Payakumbuh Utara. Dalam dua tahun terakhir, saat diwakili Limo Kampuang dan Kotopanjang Dalam, Payakumbuh tak mampu mengulang prestasi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img