24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Sukses Bangun Ekosistem Industri UMKM, Wako Riza Falepi Terima Penghargaan Natamukti 2020
S

Kategori -

Payakumbuh — Dinilai berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerahnya. Walikota Riza Falepi menerima penghargaan Piala Natamukti 2020 dari International Council for Small Business (ICSB) secara online di Ruang Randang Balaikota, Kamis (17/9).

Penghargaan itu diterima beberapa kota/kabupaten dengan cara OMNI, menggabungkan konsep offline dan online, dihadiri kalangan pelaku bisnis, industri, dan pemerintahan di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta.

Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Chairman of ICSB Indonesia menerangkan proses pemilihan oleh panel juri yang terdiri dari tim ICSB Indonesia telah dilaporkan ke Sekretaris Kementerian KUKM dan tim.

Penghargaan itu terbagi dari 3 kategori. Kategori Natamukti diberikan kepada kota/kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya, Kategori Natamukti Nindya Ghana Pravara yaitu kota atau Kabupaten yang berhasil mempertahankan piala natamukti yang diraihnya tahun lalu, Kategori Natamukti Nindya merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kota atau Kabupaten yang berhasil menaikkan daya saing UKM ke tingkat regional bahkan internasional.

Sementara itu di Payakumbuh, tindak lanjut dari pengisian angket penilaian dibentuk tim kecil di Bappeda kota Payakumbuh melibatkan instansi terkait antara lain Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Penanaman Modal, Dinas Ketenaga Kerja dan Perindustrian, serta Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Payakumbuh.

Dari nominasi tahun ini, Kota Payakumbuh mengusulkan materi sesuai dengan tema yang diusung yakni mengangkat strategi pengelolaan UKM melalui klaster industri masyarakat melalui konsep perkampungan industri dengan mengklasifikasikan jenis-jenis industri prioritas atau yang memiliki peluang besar terhadap peningkatan perekonomian lokal nasional dan internasional

Adapun klaster yang diusung antara lain Industri Randang dibentuk Kampung rendang yang berada di kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Industri Tenun dibentuk Kampung Tenun yang berada di Kecamatan Payakumbuh Selatan, Industri Makanan Ringan di bentuk Kampung Makanan Ringan Berada di Kecamatan Payakumbuh Barat, Industri Jamur dibentuk Kampung Jamur berada di Kecamatan Payakumbuh Utara, dan Industri Bambu dibentuk Kampung Bambu berada di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Untuk mendukung strategi pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan terhadap penguatan IKM di daerah Kota Payakumbuh dengan mengeluarkan surat keputusan Walikota Payakumbuh nomor 530/763/WK- KUPP/VI/2015 tentang pembentukan sentra-sentra produksi industri kecil Kota Payakumbuh yang menjadi poin penting komitmen terhadap aktualisasi strategi yang diambil pemerintah daerah.

Pada penerimaan penghargaan Natamukti itu, Kota Payakumbuh dinilai oleh ICSB dan Kementerian KUKM berhasil dalam mensinergikan OPD dalam mendukung keberadaan pelaku UMKM di Kota Payakumbuh.

Wali Kota Riza Falepi berharap penghargaan ini dapat menjadi sebuah langkah awal ataupun cambuk agar Kota Payakumbuh dapat terus melebarkan sayap UKM dalam bersaing menghadapi tantangan global. Langkah demi langkah yang berprogress baik, bahkan produk Payakumbuh sudah siap bersaing di skala Internasional.

“Penghargaan ini tidak membuat kita cepat puas, sebaliknya ini mencambuk kita bekerja lebih keras. Contohnya saja harapan kita kalau bisa rendang go nasional dan intenasional. Ukurannya usaha Randang dapat menjadi motor penggerak utama ekonomi Payakumbuh,” kata Riza.

“Dulu orang taunya Payakumbuh Kota Batiah. Persoalannya capaian ekonominya kecil, kalau randang bisa besar dampak ekonominya pertahun. Apalagi kalau 1 triliun pertahun, ini baru seru ceritanya. Kita sampaikan apresiasi kepada ICSB dan Kementerian atas penghargaan ini, barakallah,” tandasnya.

Sementara itu, untuk UMKM lain Riza, wali kota yang visioner itu melihat ada potensi besar untuk mengembangkan sayapnya. Dengan penghargaan ini semakin baik pula pengelolaan serta pendapatan pelaku UMKM.

“Kita terus mendukung UMKM yang ingin maju, asal ada niat dan kemauan maka hal itu tak mustahil dilakukan,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

FJKIP Pessel Siap Kawal Badan Publik

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kabupaten Pesisir Selatan terus menggodok persiapan workshop keterbukaan informasi publik dengan peserta badan publik pemerintahan nagari.
- Advertisement -

Program Awal PK IMM Kasman Singodimedjo Menjadikan Ramadhan Sebagai Momen Fastabiqul Khairat

Padang,BeritaSumbar.com,-Meski kegiatan perkuliahan secara umum masih dilakukan secara daring, kegiatan PK IMM Kasman Singodimedjo bukan berarti terhenti. Sebaliknya, bulan Ramadhan dapat dijadikan momen tepat untuk mendorong moto IMM yaitu FASTABIQUL KHAIRAT (Berlomba-lomba dalam kebaikan).

Dukung Rencana Pemko, Ini Agenda Hearing Pansus Aset DPRD Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, DPRD setempat menggelar Rapat Internal Panitia Khusus (Pansus) Aset yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Sabtu (17/4).
- Advertisement -

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

Tentang Kompensasi Lahan Di PLTMH, Ini Komentar Walinagari Tanjuang Bonai

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Proses ganti rugi tanaman dilahan masyarakat yang telah ada proses pembayaran sebelumnya,di wilayah kerja pengembangan Perusahaan Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara,diduga ada permainan tidak sehat antara pemilik lahan dan salah satu lembaga nagari terhadap Ikhwan Mega Power (IMP) selaku pengembang proyek Kalo Kalo dengan pembiayaan Penanaman Modal Asing (PMA).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Dokter Bek : Pasien Covid-19 Meninggal Kemarin, Hasil Swab Baru Keluar Hari Ini

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. BM, laki-laki (67), warga Padang Tangah Payobadar yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan gejala demam, batuk serta lemah anggota gerak dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Walikota dan Kapolres komit Atas Keputusan Pemerintah Menghadapi pengamanan Idul Fitri 1442 H

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berdasarkan surat telegram Kapolda Sumbar nomor : STR/1235/VI/OPS.1.1/2021 tanggal 20 April 2021, Polres Payakumbuh menerima undangan zoom meeting Rakor lintas sektoral Ops Ketupat SGL 2021.

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Pelatihan Rendang Go Digital Oleh Pertamina, Peserta Diberi Materi “Dagiangnyo Bana”

ayakumbuh,BeritaSumbar.com,- 40 orang pengusaha Randang telah mengikuti pelatihan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce dilaksanakan oleh BUMN Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh selama dua hari, bahkan mereka mendapat bantuan tabung LPG Bright Gas ukuran 5 Kg.

Asyik Mabuk Lem Konsumsi Miras, 5 Remaja Diamankan Pol PP

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di bulan suci ramadhan yang suci dan penuh berkah, Pemerintah Kota Payakumbuh terus membuktikan komitmen untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bebas dari segala bentuk maksiat dan penyakit masyarakat.

Hadiri Vaksinasi Kedua, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Selalu Patuhi Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama pada tanggal 23 Maret 2021 yang langsung disaksikan oleh walikota Riza Falepi, tepat pada hari Selasa (20/4/2021) kembali dilaksanakan proses vaksinasi kedua yang bertempat di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat.

Bersama Pertamina, Pelaku UMKM Payakumbuh Ikuti Workshop Digital

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz membuka secara resmi kegiatan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce yang berlokasi di Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh, Selasa (20/4).

Chairul Anwar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pilkada Kota Payakumbuh tidak jadi dihelat tahun depan. Pilkada Serentak baru akan digelar tahun 2024 mendatang. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para kandidat yang ingin maju di pilkada Kota Payakumbuh mendatang untuk sosialisasi.
- Advertisement -