24 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Sukses Bangun Ekosistem Industri UMKM, Wako Riza Falepi Terima Penghargaan Natamukti 2020
S

Kategori -

Payakumbuh — Dinilai berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerahnya. Walikota Riza Falepi menerima penghargaan Piala Natamukti 2020 dari International Council for Small Business (ICSB) secara online di Ruang Randang Balaikota, Kamis (17/9).

Penghargaan itu diterima beberapa kota/kabupaten dengan cara OMNI, menggabungkan konsep offline dan online, dihadiri kalangan pelaku bisnis, industri, dan pemerintahan di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta.

Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Chairman of ICSB Indonesia menerangkan proses pemilihan oleh panel juri yang terdiri dari tim ICSB Indonesia telah dilaporkan ke Sekretaris Kementerian KUKM dan tim.

Penghargaan itu terbagi dari 3 kategori. Kategori Natamukti diberikan kepada kota/kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya, Kategori Natamukti Nindya Ghana Pravara yaitu kota atau Kabupaten yang berhasil mempertahankan piala natamukti yang diraihnya tahun lalu, Kategori Natamukti Nindya merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kota atau Kabupaten yang berhasil menaikkan daya saing UKM ke tingkat regional bahkan internasional.

Sementara itu di Payakumbuh, tindak lanjut dari pengisian angket penilaian dibentuk tim kecil di Bappeda kota Payakumbuh melibatkan instansi terkait antara lain Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Penanaman Modal, Dinas Ketenaga Kerja dan Perindustrian, serta Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Payakumbuh.

Dari nominasi tahun ini, Kota Payakumbuh mengusulkan materi sesuai dengan tema yang diusung yakni mengangkat strategi pengelolaan UKM melalui klaster industri masyarakat melalui konsep perkampungan industri dengan mengklasifikasikan jenis-jenis industri prioritas atau yang memiliki peluang besar terhadap peningkatan perekonomian lokal nasional dan internasional

Adapun klaster yang diusung antara lain Industri Randang dibentuk Kampung rendang yang berada di kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Industri Tenun dibentuk Kampung Tenun yang berada di Kecamatan Payakumbuh Selatan, Industri Makanan Ringan di bentuk Kampung Makanan Ringan Berada di Kecamatan Payakumbuh Barat, Industri Jamur dibentuk Kampung Jamur berada di Kecamatan Payakumbuh Utara, dan Industri Bambu dibentuk Kampung Bambu berada di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Untuk mendukung strategi pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan terhadap penguatan IKM di daerah Kota Payakumbuh dengan mengeluarkan surat keputusan Walikota Payakumbuh nomor 530/763/WK- KUPP/VI/2015 tentang pembentukan sentra-sentra produksi industri kecil Kota Payakumbuh yang menjadi poin penting komitmen terhadap aktualisasi strategi yang diambil pemerintah daerah.

Pada penerimaan penghargaan Natamukti itu, Kota Payakumbuh dinilai oleh ICSB dan Kementerian KUKM berhasil dalam mensinergikan OPD dalam mendukung keberadaan pelaku UMKM di Kota Payakumbuh.

Wali Kota Riza Falepi berharap penghargaan ini dapat menjadi sebuah langkah awal ataupun cambuk agar Kota Payakumbuh dapat terus melebarkan sayap UKM dalam bersaing menghadapi tantangan global. Langkah demi langkah yang berprogress baik, bahkan produk Payakumbuh sudah siap bersaing di skala Internasional.

“Penghargaan ini tidak membuat kita cepat puas, sebaliknya ini mencambuk kita bekerja lebih keras. Contohnya saja harapan kita kalau bisa rendang go nasional dan intenasional. Ukurannya usaha Randang dapat menjadi motor penggerak utama ekonomi Payakumbuh,” kata Riza.

“Dulu orang taunya Payakumbuh Kota Batiah. Persoalannya capaian ekonominya kecil, kalau randang bisa besar dampak ekonominya pertahun. Apalagi kalau 1 triliun pertahun, ini baru seru ceritanya. Kita sampaikan apresiasi kepada ICSB dan Kementerian atas penghargaan ini, barakallah,” tandasnya.

Sementara itu, untuk UMKM lain Riza, wali kota yang visioner itu melihat ada potensi besar untuk mengembangkan sayapnya. Dengan penghargaan ini semakin baik pula pengelolaan serta pendapatan pelaku UMKM.

“Kita terus mendukung UMKM yang ingin maju, asal ada niat dan kemauan maka hal itu tak mustahil dilakukan,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.
- Advertisement -

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -