26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Staf Pengairan PU Payakumbuh Fahmul Fiarizola Raih Juara Provinsi
S

Kategori -
- Advertisement -

Gelar juara provinsi baru saja diraih Fahmul Fiarizola, staf Bidang Pengairan Dinas PU Kota Payakumbuh. Untuk selanjutnya, juru Pengairan Wilayah Utara, ini mewakili Sumatera Barat dalam Lomba Juru Pengairan Tingkat Nasional 2015. Suami tercinta dr. Helnia Rahmadhani, yang belum punya momongan ini, sejak Senin (24/8) sudah berada di Yokyakarta, menjalani lomba tersebut, berhadapan dengan tim penilai pusat, hingga Jumat 28 Agustus mendatang

Kepala Dinas PU Payakumbuh Marta Minanda, ST, MT, didampingi Kabid Pengairan Ir. Muslim, M.Si, di Balaikota Payakumbuh, menginformasikan, Senin (24/8), penghargaan dan Piala Gubernur Sumatera Barat, sudah diperoleh Fahmul, dan diserahkan gubernur pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Padang, 17 Agustus lalu.

Prestasi yang diukir Fahmul, dikatakan, lanjutan dari prestasi yang diraih Kalimus, juru pengairan Payakumbuh Selatan, tahun 2014. Kalimus sendiri, tambah Marta, berhasil keluar sebagai juara II nasional, dan berhak memboyong sepeda motor ke Payakumbuh.

Dikatakan, tahun 2013, juru pengairan Payakumbuh juga mewakili Sumatera Barat ke lomba yang sama. Waktu itu, atas nama Yeri Siswanto, dan sukses merebut gelar juara harapan pertama di tingkat nasional. “Kita senang dan bangga, berarti sudah tiga tahun berturut dalam lomba ini, juru pengairan Payakumbuh mewakili Sumatera Barat ke pentas nasional,” tambah Muslim.

Menurut Marta, seluruh peserta, perwakilan 33 provinsi, akan menyampaikan presentasinya di depan tim penilai pusat, dan langsung akan menjawab seluruh pertanyaan tim penilai, dalam penanganan pengairan di daerah kerja masing-masing.

Sesuai PP 20 Tahun 2006 tentang irigasi dan Permen PU Nomor 32 Tahun 2007, tentang pedoman operasi dan pemeliharaan irigasi, tugas juru pengairan, di antaranya, mengawasi pekerjaan pemeliharaan irigasi dan operasi irigasi. Kemudian, merencanakan, melaksanakan, melaporkan pekerjaan irigasi dan pemeliharaan irigasi. Selain itu, mengatur penyediaan air, pembagian air ke areal persawahan. “Tugas-tugas tersebut sudah dilakukan juru pengairan Payakumbuh dengan baik dan profesional.

Di Payakumbuh Utara, Fahmul punya tanggung jawab mengawasi 870 hektar sawah, dialiri 15 daerah irigasi (DI). Payakumbuh Utara punya bendungan yang cukup strategis dan menjadi objek wisata air di kawasan Talawi, Kelurahan Ompang Tanah Sirah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img