24.8 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Sibangga Dilouching Dihalaman Kantor Walinagari Batu Balang
S

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Rabu 18/10 siang bertempat dihalaman kantor Walinagari Batu Balang Kecamatan Harau, Sebuah program untuk keselamatan ibu dan anak dio Louching. Program yang di beri nama Sibangga(Sistem Informasi Rujukan Ibu dan Anak baru lahir berbasis Nagari) di lounching oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi.

Dalam sambutannya, Irfendi mengatakan Sibangga adalah teknologi informasi dan komunikasi yang dikembangkan untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi sistem rujukan baik rujukan dini berencana maupun rujukan terencana dengan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dua arah antara perujuk dan penerima rujukan.

“Konsep Sibangga ini menitegrasikan optimalisasi pengunaan teknologi informasi dalam penyelamatan ibu dan bayi baru lahir, pemberdayaan masyarakat dan konsep nagari siaga,”ujarnya.

Dikatakannya, konsep nagari siaga dimana penduduknya memiliki kesiagaan berupa sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, masalah bencana dan kegawat daruratan dan mampu membangun kesehatan secara mandiri.

“Namun secara lebih khusus konsep nagari siaga ini bertujuan menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi baru lahir di kabupaten Limapuluh Kota,”tambahnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengapresiasi keberadaan ambulance nagari yang digagas mayarakat pilubang, ambulance ini dibeli secara bersama-sama oleh masyarakat nagari, niniak mamak dan toko perantau Batu Bolang.

“Atas nama pemerintah daerah kabupaten Limapuluh Kota memberikan apresiasi kepada walinagari dan seluruh masyarakat kenagarian batu balang atas kerja keras yang telah dilaksanakan. Sehingga lahir program Sibangga dan partispasi dan perantau mengadakan ambulance nagari dan bank darah sehingga Sibangga 50 kota bisa berjalan dengan baik,” sebutnya.

Menurutnya, dengan adanya ambulan yang ada di nagari Batu Bolang akan sangat membantu masyarakat dan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota dalam menangani masyarakat yang akan memerlukan bantuan untuk segera dirujuk kerumah sakit.

“Beberapa faktor yang menyebabkan kematian ibu dan bayi adalah faktor terlambat, termasuk terlabat sampai kerumah sakit. Dengan adanya ambulance tentunya bisa mengurangi resiko kematian ibu dan bayi,”pungkasnya.

Sementara itu, walinagari Batu Balang, Dasril Safiadi mengatakan ambulance nagari ini dibeli melalui sumbangan anak nagari Batu Balang yang ditambah dengan sumbangan dari para perantau yang tersebar dari tiap penjuru di Nusantara untuk pembelian satu unit ambulance.” ini adalah berawal dari sebuah kebersamaan dan membangun jalinan komunikasi yang baik dengan para perantau maupun anak nagari,”sebutnya.

Menurutnya, ambulance ini sudah lama menjadi tuntutan dan kebutuhan oleh masyarakat nagari di Batu Balang.”Mudah-mudahan dengan adanya Ambulance Nagari yang baru saja hadir di tengah masyarakat Batu Balang ini dapat membantu masyarakat nagari termasuk mendukung sistem Sibangga untuk mengurangi resiko kematian ibu dan bayi,”sebutnya.

Kesempatan itu, ikut hadir, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumbar, Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Soeptino, Direktur RS Ahcmad Darwis, Dr Muryani Dhatri, Dirut RSUD Adnan WD Payakumbuh, Dr Efrizanaldi, Kepala-kepala OPD, Niniak mamak, beserta undangan lainnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...
- Advertisement -