31 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

Kehadiran Bank Nagari Cukup Dirasakan Dampak Positifnya Oleh Masyarakat Pangkalan
K

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kehadiran Bank nagari di Kecamatan Pangkalan sangat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.Tidak saja dalam kegiatan perekonomian, lembaga keuangan milik daerah ini juga senantiasa menjadi solusi bagi warga yang membutuhkan biaya sekolah anak dan kebutuhan mendesak lainnya.

Selama ini kami cukup terbantu oleh Bank Nagari Cabang Pangkalan. Sejak mengenal lembaga keuangan itu, kami tidak harus lagi berurusan dengan rentenir,” aku Yusneli (50) salah seorang warga Kecamatan Pangkalan kepada awak media, baru-baru ini.

Dikatakan, bank yang terletak di pasar Pangkalan itu cukup memudahkan warga dalam urusan pinjam meminjam ataupun menyimpan uang. Selain itu, masyarakat juga semakin tahu tentang jasa produk perbankan, sehingga mereka berusaha melepaskan diri dari jeratan lintah darat.

Dengan pinjaman modal dari Bank nagari, usaha kami yang semula sangat kecil, sekarang terus berkembang. Begitu juga pendapatan keluarga kami, Alhamdulillah sudah mulai lebih dari cukup berkat kredit Bank Nagari Cabang Pangkalan,” tutur Yusneli.

Yusneli tidak sendiri, namun banyak Yusneli lain yang merasa sangat terbantu oleh permodalan Bank Nagari Cabang Pangkalan. Bukan saja bagi mereka yang berprofesi pedagang, bantuan bank ini juga dirasakan para petani dan pekebun.

Jika sebelumnya kami berurusan dengan rentenir, sejak mengenal Bank Nagari Cabang Pangkalan, saya tidak mau lagi berurusan dengan rentenir,” ujar Anto salah seorang petani di Pangkalan.

Hal senada juga dilontarkan Hasan warga lainnya yang menekuni usaha kecil menengah (UKM). Baginya, bank merupakan mitra terbaik dalam berusaha ekonomi.

Terpisah Kepala Bank Nagari Cabang Pangkalan Chandra Ichwan, S.Sos mengakui perkembangan jumlah nasabah di wilayah Pangkalan sejak beberapa waktu belakngan semakin menggembirakan. Masyarakat semakin menyadari peran bank selaku penyedia dana buat mengembangkan usaha ekonomi mereka.

“Sesuai peran bank, kami selalu siap sedia menjadi penyedia dana untuk pengembangan kegiatan usaha perekonomian masyarakat. Selain itu kita juga berusaha melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap usaha masyarakat tersebut sehingga usaha mereka lebih berkembang dan tidak kesulitan dalam pengendalian dan penggunaan kredit,” tutur Chandra.

Selain menyediakan permodalan buat keperluan pengembangan usaha masyarakat, Bank Nagari ini juga menjalan fungsi menyimpan dana masyarakat sebagai tabungan dan lainnya.

“Kami menyokong perkembangan usaha kecil menengah yang ada di wilayah Pangkalan ini karena menyadari UKM memiliki andil besar sebagai fasilitas pembangunan perekonomian,” ujar Chandra yang akrab disapa Da Can.

Menurut Can, selama ini tidak jarang UKM yang terkendala dana dalam pengembangan usaha. Karenanya, UKM itu perlu dukungan baik dalam bentuk penyediaan dana dan juga bimbingan pengelolaan usaha.

“Salahsatu peran kami adalah buat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha ekonominya dengan cara menyediakan pinjaman modal,” tutur Can.

Dikatakan Can, layanan kredit yang ia realisasi selama ini lebih banyak buat pinjaman usaha peroduktif yang bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat dan bank nagari sendiri.  Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta membuka lapangan kerja.

Pada tempat terpisah Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi me nyebut, Pemkab Limapuluh Kota mendukung kegiatan perbankan di daerah ini.  Menurutnya, dengan keberadaan lembaga keuangan di kecamatan hingga nagari-nagari, ia opitmis perekonomian masyarakat akan semakin menggeliat.

“Kita mendukung kegiatan perbankan di kecamatan hingga ke nagari. Sebab, kita yakin lembaga keuangan itu akan mendongkrak perekonomian masyarakat, salahsatunya melalui kucuran pinjaman modal usaha bagi masyarakat,” ujar Irfendi.

Irfendi melihat sejumlah perbankan semakin menunjukkan perannya di tengah masyarakat, serta memberikan kontribusi dalam  pembangunan daerah, mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita yakin kehadiran bank di daerah ini akan menambah geliat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karenanya, kita sangat mendukung program seluruh lembaga keuangan tersebut demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” papar Irfendi(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).
- Advertisement -

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku.  Daunnya berbentuk...
- Advertisement -

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

DPC Gerindra Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pemakaian Pupuk Organik

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) didampingi DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman mengadakan sosialisasi pemakaian pupuk organik bersama Eco Farming dan Kelompok Wanita Tani KWT Jaya Abadi serta seluruh kelompok tani KWT yang ada di Sintoga,tentang penyuluhan tata cara bercocok tanam yang baik serta tata cara penggunaan pupuk organik yang dipimpin langsung oleh Leader Sumbar Romi Yanto dan Irwan. Sabtu 8/5/2021
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.
- Advertisement -