24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang
S

Kategori -

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,– Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Dikatakan Bupati, dalam investasi besar ini perlu ada langkah kongkrit sehingga dapat dioptimalkan bagi kepentingan masyarakat. Penyelenggaraan SPAM adalah serangkaian kegiatan dalam melaksanakan pengembangan dan pengelolaan sarana dan prasarana yang mengikuti proses dasar manajemen untuk penyediaan Air Minum kepada masyarakat.

“Harus kita pikirkan bersama, investasinya tidak kecil. Ini solusi air bersih bagi masyarakat. Untuk kuantitas, kualitas, dan kontinuitas air minum yang meliputi pembangunan, peningkatan, dan perluasan, ini perlu kajian terukur dan berdampak baik,” Kata Bupati dalam audiensi. Jumat (30/4/2021).

Ditambahkan Bupati, tempat penampungan air atau reservoir untuk proyek SPAM regional Kabupaten Lima Puluh Kota akan ditentukan kemudian. Proyek SPAM regional akan diproyeksikan untuk mencukupi kebutuhan air bersih dibeberapa wilayah di Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan kapasitas produksi maksimal. Dalam hal ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lima Puluh Kota paling dominan dalam pengelolaan air bersih di wilayah.

“Beberapa laporan detail perlu dipenuhi dari hasil survei, observasi dan dampak lingkungan sebelum MoU dilakukan. selanjutnya PDAM menyusun Detail Engineering Design. SPAM regional ini diharapkan mampu berjalan baik sesuai aturan dan menajemen baik sekaligus mengatasi masalah krisis air bersih di daerah,” tambah Bupati.

Sementara itu Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera barat, Luhur Budianda mengatakan, audiensi langsung bersama Bupati Lima Puluh Kota merupakan langkah awal untuk sebuah dukungan terhadap program SPAM regional Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Audiensi ini juga melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat untuk pentahapan selanjutnya,” tutup Luhur.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Terkendala Akses Jalan, Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Jalan Setapak

Kisah Pilu seorang ibu di desa Sigalabur Kab Pasaman, Melahirkan Anak di Tengah Hutan karena akses infrastruktur jalan hanya jalan setapak
- Advertisement -

Terkendala Akses Jalan, Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Jalan Setapak

Kisah Pilu seorang ibu di desa Sigalabur Kab Pasaman, Melahirkan Anak di Tengah Hutan karena akses infrastruktur jalan hanya jalan setapak

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...
- Advertisement -

Ketua IPW Tutup Usia, Yakub ismail: Indonesia Kehilangan Salah Satu Tokoh Kritis

JAKARTA | Ketua Umum Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia), Yakub Ismail mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) H. Neta Saputra Pane pada Rabu (16/6) sekira pukul 10.40 Wib di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Limapuluh Kota lakukan pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) secara Top Down dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari. Dari 79 nagari dalam sebaran 13 kecamatan yang ada sudah 10 kecamatan yang layak anak. Pengembangan tersebut dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan di 79 Nagari. Sudah ada 52 nagari berkomitmen untuk menciptakan Nagari Layak anak.

Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Safaruddin: Harus Gerak Cepat

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com, - Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah yang mendapatkan penghargaan Kampung Adat Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (20/5/2021) lalu, kembali mendapatkan undangan resmi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk mengikuti acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

Diskominfo Lima Puluh Kota Ikuti Webinar Penanganan Stunting

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Diskominfo Lima Puluh Kota mengikuti webinar akselerasi program penanganan stunting di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan dukungan perguruan tinggi khususnya dimasa covid-19 secara virtual di Aula Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota, Kamis, (27/05/2021).

Badan Keuangan Lima Puluh Kota Sosialisasikan E-Persuratan

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Dalam rangka mendukung kebutuhan pengolahan data yang dilakukan secara cermat, cepat dan teratur untuk mendapatkan hasil informasi yang akurat relevan dan tepat waktu terutama pada instansi Pemerintah.

Diskominfo Lima Puluh Kota Gelar Dialog Interaktif

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota Melaksanakan Dialog Interaktif/ Talkshow

Kampung Sarugo Jadi Kampung Adat Terpopuler di Ajang Pesona Indonesia

Labuan Bajo - Kementerian Pariwisata RI Anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 karena mampu dan terbukti mencetuskan dan mempertahankan branding yang berdampak pada dunia pariwisata sebagai kabupaten beradat dan berbudaya. Kabupaten Limapuluh Kota meraih juara Dua, masuk pada kategori Kampung Adat Terpopuler yakni Kampung Sarugo di Koto Tinggi.

Wakil Bupati Lima Puluh Kota Kunjungi Nagari Galugua

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Lima Puluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri melakukan kunjungan ke Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX, Sabtu, (22/05/2021).

Kampung Adat Terpopuler Versi API Itu Berasal Dari Kabupaten Limapuluh Kota

Labuan Bajo, beritasumbar.com - Kementerian Pariwisata RI anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yakni juara dua kategori Kampung...

Aia Malanca Potensi Wisata Baru Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Keindahan destinasi wisata Aia Malanca di Jorong Landai Nagari Harau menjadi spot wisata baru yang tak kalah indah dari Harau yang akan dikembangkan Pemkab Limapuluh Kota.

RKN Libatkan Perbankan Dan Pihak Swasta Untuk kembangkan Pariwisata

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com, - Pemkab Limapuluh Kota tampaknya tak main-main untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Limapuluh Kota, meski APBD kecil, Wabup Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) tak ilang akal, ia pun menggaet pihak swasta untuk terlibat.
- Advertisement -