24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei
T

Kategori -

Bandung,BeritaSumbar.com, – Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

RKN mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka percepatan terbitnya SK penetapan kawasan Geologi Harau sebagai syarat pengajuan Geopark Harau.

“Penetapan kawasan Geopark Harau ini penting sekali bagi kita untuk percepatan pembangunan pariwisata Limapuluh Kota. Pariwisata, pertanian, dan peternakan harus masuk ke dalam program strategis daerah, provinsi, dan nasional,” ujar RKN di Bandung, Jumat (30/4).

RKN menuturkan ia sudah melihat beberapa kawasan geopark di Indonesia. Kesimpulannya, apabila sudah ditetapkan kawasan tersebut sebagai geopark, maka dukungan anggaran akan mengalir, terutama dari pemerintah pusat.

Berdasarkan hasil pembicaraan dalam rapat dengan Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM SK penetapan kawasan geologi akan segera terbit.

“Insya Allah SK penetapan kawasan geologi akan kita terima pada akhir bulan Mei nanti, seiring dengan itu kita akan memperbaharui Badan Pengelola Geopark dan membuat master plan,” ujar RKN.

Master plan tersebut akan dirancang bersama oleh tim ahli dan badan pengelola. “Insya Allah dalam waktu bersamaan kita juga akan membuat site plan geoside Harau,” kata RKN.

Ia menekankan kepada semua tim agar SK Geopark Nasional itu bisa diperoleh pada tahun ini sehingga pada tahun 2022 konsentrasi Pemkab bisa fokus kepada pembangunan.

“Kami mempelajari Badan Pengelola Geopark di Bogor. Pada prinsipnya, setelah semua jadi, maju atau tidaknya tetap di tangan mereka yang mau santai atau bekerja keras,” jelasnya.

Ia melanjutkan anggapan bahwa setelah mendapatkan SK geopark maka kucuran anggaran mengalir, bisa benar atau tidaknya semuanya kembali kepada si pengelola dan pemimpinnya.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Terkendala Akses Jalan, Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Jalan Setapak

Kisah Pilu seorang ibu di desa Sigalabur Kab Pasaman, Melahirkan Anak di Tengah Hutan karena akses infrastruktur jalan hanya jalan setapak
- Advertisement -

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.
- Advertisement -

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

Tebing Sunga Tergerus, Tiga Rumah Dan Satu Masjid Terancam Roboh Di Sijunjung

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Kantor Walinagari, Tiga Rumah Penduduk dan masjid Baitul Makmur Nagari Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, terancam roboh karena bangunan ini berdiri dipinggir sungai, tergerus oleh aliran Batang Palangki, kata Walinagari Mundam Sakti Dayusmar, diruang kerjanya dihadapan komisi ll DPRD, sekretarus Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, Jumat (18/6) Untuk itu kami perlu melaporkan kondisi ini kepada Komisi ll DPRD serta Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, sebelum terjadi musibah bagi warga Mundam Sakti.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Limapuluh Kota lakukan pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) secara Top Down dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari. Dari 79 nagari dalam sebaran 13 kecamatan yang ada sudah 10 kecamatan yang layak anak. Pengembangan tersebut dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan di 79 Nagari. Sudah ada 52 nagari berkomitmen untuk menciptakan Nagari Layak anak.

Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Safaruddin: Harus Gerak Cepat

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com, - Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah yang mendapatkan penghargaan Kampung Adat Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (20/5/2021) lalu, kembali mendapatkan undangan resmi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk mengikuti acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

Diskominfo Lima Puluh Kota Ikuti Webinar Penanganan Stunting

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Diskominfo Lima Puluh Kota mengikuti webinar akselerasi program penanganan stunting di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan dukungan perguruan tinggi khususnya dimasa covid-19 secara virtual di Aula Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota, Kamis, (27/05/2021).

Badan Keuangan Lima Puluh Kota Sosialisasikan E-Persuratan

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Dalam rangka mendukung kebutuhan pengolahan data yang dilakukan secara cermat, cepat dan teratur untuk mendapatkan hasil informasi yang akurat relevan dan tepat waktu terutama pada instansi Pemerintah.

Diskominfo Lima Puluh Kota Gelar Dialog Interaktif

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota Melaksanakan Dialog Interaktif/ Talkshow

Kampung Sarugo Jadi Kampung Adat Terpopuler di Ajang Pesona Indonesia

Labuan Bajo - Kementerian Pariwisata RI Anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 karena mampu dan terbukti mencetuskan dan mempertahankan branding yang berdampak pada dunia pariwisata sebagai kabupaten beradat dan berbudaya. Kabupaten Limapuluh Kota meraih juara Dua, masuk pada kategori Kampung Adat Terpopuler yakni Kampung Sarugo di Koto Tinggi.

Wakil Bupati Lima Puluh Kota Kunjungi Nagari Galugua

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Lima Puluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri melakukan kunjungan ke Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX, Sabtu, (22/05/2021).

Kampung Adat Terpopuler Versi API Itu Berasal Dari Kabupaten Limapuluh Kota

Labuan Bajo, beritasumbar.com - Kementerian Pariwisata RI anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yakni juara dua kategori Kampung...

Aia Malanca Potensi Wisata Baru Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Keindahan destinasi wisata Aia Malanca di Jorong Landai Nagari Harau menjadi spot wisata baru yang tak kalah indah dari Harau yang akan dikembangkan Pemkab Limapuluh Kota.

RKN Libatkan Perbankan Dan Pihak Swasta Untuk kembangkan Pariwisata

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com, - Pemkab Limapuluh Kota tampaknya tak main-main untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Limapuluh Kota, meski APBD kecil, Wabup Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) tak ilang akal, ia pun menggaet pihak swasta untuk terlibat.
- Advertisement -