25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota
S

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.

Menyikapi laporan warga tersebut, pihak BKSDA lansung turun dan memasang perangkap. Alhasil seekor macan (harimau) dahan yang memangsa lima ekor kambing warga di Jorong sikabu-kabu, Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Limapuluh Kota, Sumatera Barat berhasil ditangkap oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Limapuluh Kota pada Kamis (4/3) malam.

Kepala BKSDA Resor Limapuluh Kota Martias di Sarilamak, pada Jumat (5/3) membenarkan kalau ada satu ekor harimau dahan yang berhasil ditangkap oleh pihaknya.

“Saat ini baru satu ekor harimau (macan) dahan yang ditangkap, info dari warga masih ada harimau dahan lainnya. Tapi yang masuk perangkap baru satu,” katanya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya tidak memasang perangkap karena perangkap masih dipakai untuk mengevakuasi macan dahan yang telah tertangkap.

“Kami berharap agar masyarakat ikut berjaga-jaga di situ, bisa dengan melakukan bunyi-bunyian sebab perangkap masih kami pakai untuk evakuasi. Selanjutnya kita tunggu perkembangan,” ujarnya.

Macan dahan yang tertangkap akan dilepas di kawasan konservasi yang ada di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota karena kondisi dari macan daun masih sehat.

Kawasan perkebunan warga di Ateh Padang, hanya berjarak sekitar 1 kilometer ke arah Barat dari pemukiman warga. Namun berada tepat di kawasan hutan di pinggir gunung Sago. Sehingga sangat memungkinkan menjadi tempat bersembunyi dan jadi habitat sejumlah satwa liar.

Bahkan sebelumnya, Beruang Madu juga pernah tersesat masuk kedalam pemukiman warga dan merusak penampung air nira petani.

“Alhamdulillah, Macan Dahan yang memangsa kambing warga berhasil terperangkap. Masuk dalam perangkap yang dipasang BKSDA, yang dipasang beberapa jam sebelumnya,” sebut Kepala Jorong Sikabu-kabu, Alfitra Salam.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img