24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Sejarah Baru! Jepang Punya Sekolah Keuangan Syariah
S

Kategori -

Mulai bergulir Januari 2015, lembaga pendidikan ini didirikan perusahaan Hitech Solution.

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Jepang akan memiliki institusi pendidikan yang khusus mendalami ekonomi dan bank syariah. Lembaga baru ini berdiri dengan nama Japan Institure of Islamic Finance (JIIF).

Mulai bergulir Januari 2015, lembaga pendidikan ini didirikan perusahaan Hitech Solution.

Mengutip laman Halaltimes, Rabu, 24 Desember 2014, institusi pendidikan ini akan menawarkan program khusus di bidang keuangan syariah, asuransi syariah, hingga sistem kredit pemilikan rumah syariah.

Targetnya adalah mahasiwa dari berbagai institusi pendidikan dan profesional yang bergerak di industri perbankan dan keuangan.

“Target kammi adalah menciptakan pusat pendidikan di area keuangan Islami yang tengah berkembang pesar bagi para pelajar dan profesional Jepang,” kata Pendiri JIIF, H Maqsood Ahmed.

Menurut Maqsood, lembaganya berada dari posisi unik untuk melakukan aktivitas ini. Dengan pengalaman di bidang keuangan Islami selama 30 tahun, JIIF mengaku memiliki pemahaman mendala mengenai budaya kerja korporasi Jepang. “Kami juga mengenal baik bahasa Jepang sehingga bisa melatih secara efektif,” katanya.

Meski tak membuat jenjang pendidikan formal langkah JIIF ini dianggap terobosan besar bagi perbankan dan institusi keuangan Jepang.

“Untuk memberikan pengetahuan kepada publik Jepang kami akan menawarkan program mulai dari level dasar hingga advance,” ujar Maqsood. (Ism)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).

Guna Jauhkan Generasi Muda dari Kecanduan Game Online, Rumah Tahfidz Ahlul Quran Batubara Buka Cabang Baru

Untuk menjauhkan kalangan muda dari kecanduan game online dengan menjadikan mereka generasi penghafal Al-Qur’an, Yayasan Rumah Tahfidz Ahlul Qur'an membuka Rumah Tahfidz cabang baru khusus untuk santri ikhwan (putra) di Jalan Pendidikan, Belakang Kantor Balai Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Militer Ottoman Mulai Memakai Meriam pada 1420-an

Perkembangan militer yang paling penting selama periode bangkitnya Kerajaan Ottoman adalah pengenalan meriam dan senjata api lainnya. Senjata-senjata ini digunakan di Eropa Barat selama abad ke-14...

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis dianjurkan oleh Rasulullah, bagi umat muslim baik laki-laki maupun perempuan.Sesuai dengan namanya, puasa sunnah ini dikerjakan setiap hari Senin dan Kamis. Puasa...

Doa Sebelum Tidur dan Filosofi Maknanya

Tidur adalah salah satu aktivitas semua orang. Tidur selain merupakan bentuk istirahat seseorang setelah beraktivitas, bisa bernilai ibadah, jika memang diniatkan untuk beribadah. Umat Islam...

Niat Mandi Sunah Sebelum Sholat Jumat

Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan keberkahan. Di hari itu umat Islam dianjurkan banyak membaca zikir, doa, dan membaca surah-surah pilihan, seperti surah...

M.Natsir, Tokoh Pendidikan Islam

Oleh : Syaiful Anwar Dosen FE Unand Kampus II Payakumbuh A. Riwayat Hidup M.Natsir Muhammad Natsir gelar Datuk Sinaro Panjang, dilahirkan di Jembatan Berukir, Alahan Panjang, Solok,...

Buya Hamka, Tokoh Pendidikan Islam

Oleh : Syaiful Anwar Dosen FE Unand Kampus II Payakumbuh A. Riwayat Hidup Hamka Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah atau Hamka,  lahir  di Sungai Batang,...

Daud Rasyidi, Tokoh Pendidikan Islam

DAUD RASYISIDI Oleh : Syaiful Anwar Dosen FE Unand Kampus II Payakumbuh A. Riwayat Hidup Daud Rasyidi Daud Rasyidi dilahirkan dalam kalangan keluarga sederhana tahun 1890 H M/1279...
- Advertisement -