29 C
Padang
Senin, Maret 1, 2021
Beritasumbar.com

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang
S

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Acara yang berlangsung di aula pertemuan Randang Balaikota, Rabu (201/1) itu dibuka oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yufnani Away.

Dalam penyampaiannya, Pak Aci sapaan akrab Asisten I itu menekankan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa sangat pentingnya acara ini untuk menetapkan Pokok Pokok Pikiran Kebudayaan Sesuai amanat undang-undang.

Sebab kata dia, masih banyak tempat bersejarah di kota Payakumbuh yang bisa dijadikan cagar budaya namun belum diidentifikasi dan dikembangkan.

“Hari ini kita mulai dengan FGD dan kita semua harus seriusi hal ini, agar kedepannya kota Payakumbuh dapat memiliki cagar budaya yang terbengkalai selama ini, dan tentunya dengan ini cagar budaya yang telah ditetapkan nanti sudah terlindungi oleh undang-undang”, ujarnya.

Setelah Pembukaan acara dilanjutkan dengan pemateri dari Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat yaitu Drs. Teguh Hidayat, M. Hum, materi yang disajikan ini berkaitan dengan dasar kriteria kelayakan sebagai cagar budaya, yang tertuang dalam UU No. 11 tahun 2010 tentang cagar budaya pasal 1.

“Dan untuk fokus dari undang-undang nomor 11 tahun 2010 ini meliputi cagar budaya haruslah berusia 50 tahun atau lebih, dan mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun, juga memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan pendidikan agama, atau kebudayaan, dan juga tentunya penetapan cagar budaya ini memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa”, ungkap kepala balai pelestarian cagar budaya Provinsi Sumatra Barat itu.

Kemudian, menurut Teguh Hidayat pentingnya mendengarkan saran dari para pemangku adat dan budaya daerah dalam dan penetapan cagar budaya sebagai amanat UU.

Dalam penyampaian materinya, Teguh Hidayat juga didampingi oleh tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sumatra Barat yakni Yusfa Hendra Bahar, Gilang Aditya, dan Dodi Chandra.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh Desmon Korina mengucapkan terima kasih kepada semua undangan yang hadir untuk mendukung kota Payakumbuh agar memiliki cagar budaya yang terjaga dan terlindungi.

“Ini merupakan tahapan yang sangat penting bagi kota Payakumbuh, sehingga sangat diharapkan masukan dari semua stakeholder terkait agar cagar budaya di kota Payakumbuh kedepannya dapat terjaga dan terlindungi oleh undang-undang,” ujarnya.

Menurut Desmon, saat ini kota Payakumbuh belum memiliki tim ahli yang berkompeten dalam menilai layak nya cagar budaya kota Payakumbuh ini, sehingga untuk itu, agar Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) kota Payakumbuh dapat segera terbentuk maka pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga meminta bantuan ke pihak Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permusemuan Kota Sawahlunto, Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Prodi Arsitektur-FTSP Universiras Bung Hatta agar dapat menjadi TACB kota Payakumbuh.

Selain dihadiri pemateri dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat, FGD untuk penetapan cagar budaya kota Payakumbuh itu juga turut dihadiri oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) kota Payakumbuh, Rahmat Gino Sea Games selaku sekretaris dan didampingi Dedi Yolson selaku anggota TACB Kota Payakumbuh.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...
- Advertisement -

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...
- Advertisement -

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).
- Advertisement -