24 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Satu Orang Warga Kabupaten Agam Dinyatakan Positif Covid-19
S

Kategori -

Agam,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Agam akhirnya jebol juga. 1 Warganya dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat 1/4. Warga tersebut terpapar di Kota Payakumbuh dengan status Orang Tanpan Gejala (OTG).
Kabupaten Agam “ pacah talua”. 1 warga Padang Tarok, kecamatan Baso, Jumat,(1/5) dinyatakan positif terpapar virus corona di Payakumbuh. Dengan demikian, kabupaten Agam mencatatkan 1 warga terpapar covid19 dengan status OTG tulis media kaba12.co.id
Informasi yang diperoleh kaba12.co.id dari ketua harian gugus tugas penanganan penyebaran covid19 (GTP2 Covid19) kabupaten Agam H.M.Dt.Maruhun, melalui juru bicara daerah Khasman Zaini, menjelaskan, Jumat ini terdapat 1 orang warga Agam berinisial “J” yang berstatus OTG.
Dijelaskan Khasman Zaini, yang bersangkutan berasal dari Nagari Padang Tarok, kecamatan Baso, yang sehari-hari bekerja dan bolak-balik ke Kota Payakumbuh.
baca juga: Disdik Kabupaten Agam Perpanjang Masa Belajar Dirumah
Ditambahkan, status OTG diberlakukan setelah keluar hasil pemeriksaan swab Jumat siang tadi, dimana yang bersangkutan hasil traking yang dilakukan GTP2 Covid19 Agam, tercatat pernah berinteraksi dengan korban positif covid-19 di Kota Payakumbuh.
“ OTG sendiri sudah melakukan isolasi mandiri di rumahnya sejak Senin, (27/4), “ jelas Khasman Zaini.
Terkait dengan peningkatan status 1 warga dinyatakan positif terpapar covid19 tersebut, disebutkan juru bicara GTP2 Covid19 Agam itu, tim gugus tugas bersama unsur terkait sudah melakukan langkah-langkah antisipasi di lapangan, termasuk menerapkan protokol medis di kawasan tempat tinggal OTG tersebut.
Dijelaskan, Jumat siang,tim GTP2 Covid19 Agam petugas bersama Puskesmas Padang Tarok sudah melakukan tracking I. Hasilnya untuk sementara sebanyak 15 orang tercatat pernah kontak dengan yang bersangkutan sampai Jumat, (1/5) pagi.
Sebagai langkah awal, semua yang terdata diminta untuk mengisolasi diri di rumah masing-masing dan akan diawasi oleh petugas dari Puskesmas Padang Tarok,” ntuk pemeriksaan swap direncanakan akan dilakukan besok, Sabtu (2/5) di labor balai veteriner Baso,” jelas Khasman Zaini.
Sementara untuk tracking II akan diumumkan oleh Walinagari kepada masyarakat untuk mengetahui semua orang yang pernah kontak dengan OTG sejak 14 hari yang lalu. Kepada orang yang pernah berinteraksi dengan korban diharapkan untuk melaporkan diri ke walinagari/ puskesmas Padang Tarok.
Selain itu, ditambahkan Khasman Zaini, hingga Jumat,(1/5), warga Agam berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah sebanyak 63 orang angka ini turun dari hari sebelumnya yang 76 orang, sebanyak 13 orang telah menyelesaikan proses isolasi di rumah masing-masing.
Sementara itu Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 1 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 11 orang, naik 2 orang dari hari Kamis kemarin.
Data PDP sebanyak 11 orang adalah sebagai berikut:
a. Dirawat di RSUD Lubuk Basung sebanyak 2 orang,
b. Dirawat di RSUD Pariaman sebanyak 1 orang,
c. Dirawat di RSUP M. Djamil sebanyak 0 orang,
d. Dirawat di RSAM Bukittinggi sebanyak 1 orang,
e. Isolasi mandiri sebanyak 7 orang.
“ Kami himbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, taati protokol kesehatan dan instruksi pemerintah demi keselamatan bersama. Bersma kita lawan vorus corona, “ ulas Khasman Zaini lagi.
baca juga: Update Data Di Sumbar Terjadi Penambahan 24 Orang Positif Dan 5 Sembuh
Dengan masuk data kabupaten Agam total warga Payakumbuh yang teridenitifikasi positif covid-19 sampai Jumat 1/5 berjumlah 4 Orang. (Harmen/ kaba12.co.id )

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).
- Advertisement -

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.
- Advertisement -

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -