27 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Sanggar Seni Luak Limopuluah Hoyak TMII
S

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Sanggar kesenian Limpapeh asal Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menghibur dan menghipnotis ratusan pasang mata pengunjung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII) dengan berbagai suguhan kesenian khas Kabupaten Limapuluh Kota, Jakarta pada Minggu (27/12/2020).

Tim kesenian yang merupakan bimbingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota ini tampil dengan membawakan sejumlah tarian dan lagu Minangkabau, sehingga dapat memuaskan ratusan pengunjung yang datang silih berganti secara bergelombang sejak Minggu siang hingga sore.

Dalam sambutannya dalam acara tersebut, Bupati Limapuluh Kota, Ir. H Irfendi Arbi, M.P yang diwakili Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Win Hari Endi mengatakan kegiatan pagelaran seni adalah salah satu sarana untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Limapuluh Kota di tingkat Nasional.

“Seni budaya merupakan aset di Sumbar, walaupun di masa pandemi ini saya berharap tidak akan menjadi penghalang untuk kita untuk berkreativitas dalam menggerakkan dan mempromosikan kesenian budaya daerah kita ini,” ujarnya.

Selain itu ia berharap dukungan dari perantau dalam mendukung dan juga mempromosikan kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Perantau kita ini ada hampir di seluruh daerah di Indonesia dan termasuk di Jakarta ini. Jadi ini merupakan potensi besar untuk bisa membantu mempromosikan pariwisata daerah kita,”sambungnya.

Ia optimis dengan promosi yang masif melalui media sosial termasuk dukungan dari para perantau, gaung pariwisata, kesenian dan budaya di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Limapuluh Kota akan semakin dikenal luas.

Sementara itu, Kepala Badan penghubung Provinsi Sumatera Barat, Andre Setiawan menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Limapuluh Kota yang sangat aktif dalam mempromosikan dan mendukung kegiatan-kegiatan event festival budaya dan pagelaran seni Minangkabau khususnya Limapuluh Kota ke daerah lain.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bupati Irfendi Arbi yang terus aktif dalam mempromosikan kesenian dan kebudayaan Minangkabau khususnya Limapuluh Kota di daerah lainnya di Indonesia. Jadi dengan kegiatan ini nantinya kita berharap selain untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan daerah kita, kegiatan ini juga dapat mengobati kerinduan masyarakat kita diperantauan akan kampung halamannya”tuturnya.

Andre mengatakan, dengan adanya fasilitas anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah ini Ia berharap seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dapat memanfaatkan Anjungan tersebut sebagai alat promosi daerah dan juga sebagai wadah untuk para perantau yang berada di seluruh nusantara untuk bersilahturahmi.

“Dengan adanya rasa memiliki anjungan ini di setiap perantau, maka fasilitas ini sangat bermanfaat bagi perantau yang ingin menggunakan anjungan sebagai media transformasi edukasi adat istiadat bagi generasi penerus,” Harapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama salah satu tokoh perantau Limapuluh Kota, Ferry Yasman dt Patiah Nan Mudo,yang juga merupakan pengurus Gonjong Limo Tangerang dan juga Ketua Ikatan Perantau Kecamatan Harau mengaku sangat senang akan kegiatan pagelaran kesenian dan kebudayaan Limapuluh Kota ini.

Ia menjelaskan kesenian dan budaya Minangkabau merupakan kesenian yang tiada taranya, sehingga kegiatan pagelaran seni ini sangat berpotensi untuk Kabupaten Limapuluh Kota untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan yang ada didaerah.

“Melihat pergelaran kesenian ini sangat menghibur kami para perantau akan kampung halaman sebab sebagian kita perantau tidak dapat pulang kampung saat masa pandemi covid-19 ini. Semoga ivent ini terus berkembang sehingga kesenian dan kebudayaan kita ini terus dikenal dan lestari,” ungkapnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...
- Advertisement -

Berontaknya Alam di Provinsi Kalimantan Selatan

Seminggu yang lalu kita dikejutkan denganbencana banjir yang parah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengapa saya katakan parah? Karena banjir ini melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Barang kali ini adalah banjir yangterparah yang pernah terjadi di wilayah provinsi ini.Sekali lagi, mengapa bisa separah ini? Sebelum tahun 1990Provinsi Kalsel terkenal dengan hutan tropikalnya,dan saat itu hasil tambang yang dikenal masyarakat umum hanyalah intan.

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -