26 C
Padang
Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Reses Anggota DPR RI H. Suir Syam, M.Kes., MMR Lakukan Upaya Promotif dan Preventif Bagi Masyarakat Calon Jemaah Haji
R

Kategori -
- Advertisement -

TANAH DATAR – Beritasumbar.com- – Anggota DPR-RI Dapil 1 Sumbar dr. H. Suir Syam, M.Kes., MMR melakukan langkah proaktif memberikan penyuluhan kesehatan dengan mengadakan reses yang di hadiri peserta reses dan tamu undangan di di lapangan Futsal Brenden Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum Kab. Tanah Datar Sumatera Barat Kamis (01/02).

Dalam sambutannya Kader Partai Gerindra itu mengatakan langkah proaktif tersebut diharapkan dapat mengena dengan menjaga kesehatan agar masyarakat bisa yang ingin menunaikan ibadah haji bisa menjalankan seluruh prosesi ibadah haji secara sempurna.

“Selain penyiapan upaya yang sifatnya kuratif bagi jamaah haji, kami juga fokus dalam upaya promotif dan preventif. Pastinya lebih baik mencegah daripada mengobati,” katanya.

Dihadapan lebih dari 600 peserta reses dr. Suir Syam menyampaikan harapannya masyarakat dapat menjaga kesehatan, sehingga tahu, mau, dan mampu berperilaku hidup sehat dan tetap menjaga kesehatan.

Langkah tersebut merupakan strategi pertama promosi kesehatan, deteksi dini, dan perlindungan spesifik. Promosi kesehatan dilakukan secara langsung kepada masyarakat baik berupa penyuluhan dan konsultasi secara perorangan (konseling) dan maupun penyuluhan massal.

Strategi kedua melakukan advokasi kepada stakeholder lain dengan melakukan penyuluhan terkait himbauan pembatasan aktivitas fisik kepada golongan paling memiliki risiko tinggi (risti) kesehatan.

Penyuluhan ini juga merupakan sarana koordinasi terkait upaya promotif dan preventif.

Masyarakat merupakan sasaran yang penting agar terbentuk persamaan persepsi mengenai kesehatan masyarakat yang ingin menunaikan haji, sekaligus bisa menjadi duta promosi kesehatan, yang tidak hanya fokus pada ibadah haji, namun juga menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan, yang dapat mendukung kesempurnaan ibadah haji.

Dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Data, kata dia, sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat berupa dukungan moral, kebijakan, dan sarana prasarana. Hal itu sangat penting bagi suksesnya penyelenggaraan kesehatan calon jemaah haji khususnya promosi kesehatan.

“Dengan promotif dan preventif yang masif, harapannya masyarakat yang akan menjadi jemaah haji tau, mau, dan mampu menjaga kesehatannya. Jika badan sehat maka ibadah pun menjadi lebih sempurna,” kata Suir Syam.

Dihadapan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar dr. Yesrita serta narasimber lainnya Suir Syam menyampaikan pesan promosi kesehatan yang diusungnya yakni bagaimana masyarakat yang akan berhaji mengantisipasi faktor risiko kesehatan yang sering terjadi selama penyelenggaraan ibadah haji seperti akibat cuaca panas, peningkatan aktifitas fisik, peningkatan kepadatan massa, keterbatasan sarana umum seperti lift, tempat tidur, dan toilet.

Masyarakat calon jamaah haji juga diberikan pesan kesehatan terkait penyakit yang biasanya menyerang jamaah haji hingga penyebab kematian dan bagaimana pencegahannya.(nh).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img