31 C
Padang
Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Relawan Ganjar Pranowo dan Politisi PDIP Bagikan Masker di Payakumbuh
R

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sejumlah simpul relawan Ganjar Pranowo di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, membagikan ribuan masker kepada pengunjung pasar dan pengendara , Minggu (8/10/2023). Acara juga dihadiri beberapa politisi PDI Perjuangan dan calon legislatif.

Ini dilakukan, bentuk kepedulian relawan bakal calon Presiden Ganjar Pranowo terhadap bencana kabut asap. Payakumbuh dan Limapuluh Kota, adalah dua daerah yang berbatas langsung dengan Riau. Kondisi langit di kedua daerah itu tidak baik sejak beberapa waktu belakangan.

“Menindaklanjuti edaran Walikota Payakumbuh terkait kabut asap, hari ini kami turun bersama-sama sejumlah simpul relawan Ganjar di Payakumbuh dan 50 Kota,” kata Wakil Ketua Umum Ganjar Pranowo Bersatu Bambang Safari, kepada wartawan di Payakumbuh didampingi Ibu Susmiati “Gani”, pimpinan simpul relawan lainnya.

Selain Bambang dan Susmiati, relawan Ganjar Pranowo lainnya yang turut dalam kegiatan ini antara lain simpul Relawan Alnusa, KGBN, Kasmaran, Laskar, Garis, DAG dan Reall Ganjar Payakumbuh-Limapuluh Kota dan Forlop.

Tidak hanya relawan bakal calon Presiden Ganjar Pranowo , hadir langsung membagikan masker yakni Ketua PDI Perjuangan Kota Payakumbuh Yanuar “Udo” Gazali serta sejumlah caleg PDI Perjuangan daerah pemilihan Payakumbuh Barat.

“Sasaran kami, pengunjung pasar, terutama kaum ibu dan anak ini memakai masker, kemudian, pengendara yang melintasi Kota Payakumbuh,” sebut Yanuar “Udo” Ghazali didampingi Bambang Safari

DISAMBUT PUBLIK
Gerakan bagi-bagi ribuan masker gratis ala relawan Ganjar Pranowo dan politisi PDI Perjuangan Kota Payakumbuh ini, disambut antusias publik. “Baru ini relawan capres yang turun, menggugah kesadaran kesehatan,” kata Mariati, pedagang di Blok Barat Pasar Payakumbuh.

Pengendara asal Riau yang melintasi Payakumbuh, juga kebahagiaan masker. “Tadi kabut lumayan tebal, sampai Payakumbuh, masker kami sudah kotor. Dapat masker dari relawan capres Ganjar Pranowo. Alhamdulillah,” ujar sejumlah pengendara.

Sebelumnya, Pemko Payakumbuh lewat surat edaran nomor 10/ED/WK-PYK/2023 Tahun 2023 , menghimbau masyarakat Waspada Terhadap Kabut Asap yang langsung ditandatangani Pj Wako Payakumbuh Jasman Rizal. Dalam SE itu masyarakat Kota Payakumbuh diminta agar memperhatikan sejumlah hal.

Pertama, meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran lahan yang akan menyebabkan penurunan kualitas udara.
Kedua, tidak melakukan pembakaran sampah organik dan anorganik, kebun, limbah jerami, dan lain-lain. Karena akan menyebabkan polusi serta membahayakan bagi kesehatan.

Ketiga, agar mengurangi aktivitas di luar ruangan dan dianjurkan menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Keempat, perbanyak mengonsumsi air putih dalam kegiatan sehari-hari.

Surat Edaran tertanggal 3 Oktober 2023 itu ditujukan Pj wali kota kepada Kepala OPD, Camat serta Lurah se-Kota Payakumbuh. “Kita minta masyarakat meningkatkan kewaspadaannya,”ujar Jasman Rizal, terpisah. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img