27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Purna Bakti Prof. Nurhajati Hakim, Sepenggal Kisah dari Dharmasraya
P

Kategori -

Dharmasraya – Di kampus Fakultas Pertanian (Faperta) Unand, siapa yang tidak kenal dengan nama Prof. Dr. Ir. Hj. Nurhajati Hakim. Urang Simawang, Kabupaten Tanah Datar, ini dikenal sebagai dosen yang rendah hati dan dekat dengan mahasiswa.
Bahkan Guru Besar Faperta Unand itu telah melahirkan banyak orang hebat di daerah ini. Mulai dari pejabat, anggota dewan, juga guru besar lainnya. Beberapa anak didiknya di antaranya bahkan masih aktif sebagai pejabat negara saat ini.

Wamendikbud Prof. Musliar Kasim yang juga mantan Rektor Unand adalah anak didiknya. Wali Kota Padang Mahyeldi, SP pun begitu. Sama halnya dengan Bupati Dharmasraya Ir. H. Adi Gunawan, MM, yang juga pernah ikut merasakan kuliah dengan wanita pertama di Indonesia yang meraih gelar doktor di Bidang Ilmu Tanah itu.

Bahkan bagi Bupati Dharmasraya, Prof. Nurhajati bukan sekedar dosen yang telah mengantarnya menjadi seorang insinyur pertanian. Bagi Adi Gunawan dan Kabupaten Dharmasraya, dosen yang pernah meraih penghargaan peneliti terbaik dari Universitas Kentucky, USA, itu memiliki jasa besar terhadap pembangunan pertanian di Bumi Cati nan Tigo.

Sejumlah penelitiannya selama bertahun-tahun terhadap kesuburan tanah di Dharmasraya terutama daerah eks transmigran, telah memberikan dampak yang nyata.

Betapa tidak? Kawasan Sitiung yang dulu dikenal gersang dengan tanahnya yang masam, kini menjadi salah satu daerah penyangga beras terbesar di Sumbar. Dharmasraya bahkan mampu surplus beras setiap tahun.

“Bagi Dharmasraya, jasa beliau sangat besar. Sebagai daerah pertanian, hasil penelitiannya masih terus dipakai dan dikembangkan untuk mengatasi keasaman tanah lahan pertanian,” ujar Adi.

Prof. Nurhajati mengenal Sitiung sejak daerah itu dijadikan sebagai kawasan transmigrasi. “Sejak 1977 saya sudah mengenal Sitiung. Waktu itu masih gabung dengan Sijunjung. Saya meneliti tentang tanah masam di sana,” ujarnya saat memberikan Orasi Purna Bakti di Hall Convention Centre Unand, beberapa waktu lalu.
Dengan penelitian menggunakan teknik pengapuran, didapat dosis dan takaran yang tepat untuk mengatasi tanah yang masam di Sitiung. Sehingga perlahan masalah mulai teratasi dan para transmigran saat itu tak lagi putus asa.

‘Hubungan emosional’ Prof. Nurhajati dengan Dharmasraya tak berhenti sampai di situ. Tahun 1979, saat menempuh program doktor di IPB Bogor, dirinya kembali melanjutkan penelitian di Sitiung. Dirinya bahkan tinggal berbulan-bulan di kawasan hutan di daerah Sitiung III. “Saya ingat betul, padahal saat itu harimau sedang mengganas di Sitiung,” tuturnya.

Bolak-balik Sitiung-Bogor untuk melanjutkan penelitian tanah masam dengan teknologi pengapuran terpadu (TPT) tak membuatnya lelah. Selama berbulan-bulan, tanaman jagungnya memberikan hasil yang baik mencapai 5 ton/Ha.

Penerapan penggunaan kapur+pupuk sintetik+bahan organik yang ditemukannya menghasilkan ramuan jitu untuk mengatasi tanah masam. Hasil penelitian itu kemudian dirangkumnya menjadi buku yang hingga kini telah menjadi acuan terutama bagi Kementerian Pertanian dan Kementerian Transmigrasi, untuk diterapkan pada kawasan transmigrasi di Indonesia. Bahkan hingga saat ini, dirinya masih kerap ke Dharmasraya untuk meneliti tanah di sana.

Kini, di usianya yang memasuki 70 tahun, tugas Prof. Nurhajati sebagai ‘guru’ sebagaimana cita-citanya sejak kecil, telah tuntas. Dirinya telah bisa menikmati masa tua dengan fokus pada keluarga. “Terima kasih atas pengabdian selama ini, baik bagi Unand maupun bagi Sumatera Barat. Kami berharap, Prof. Nurhajati tidak lelah untuk memberikan sumbangsih dan saran pada kami,” ungkap Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno yang hadir pada acara itu.

Penyampaian Orasi Purna Bakti itu sendiri merupakan yang pertama kali digelar di Unand. Beberapa kepala daerah di antaranya Bupati Tanah Datar, Bupati Dharmasraya, dan Wali Kota Padang, termasuk Wamendikbud Prof. Musliar Kasim juga hadir.

Meski bukan orang Dharmasraya, bagi Prof. Nurhajati, Dharmasraya adalah sepenggal kisah hidupnya yang akan selalu dikenang. Sedangkan bagi anak didiknya, semangat wanita yang pernah menjadi anggota MPR itu tak boleh lekang dan mesti dilanjutkan. Judul orasinya ‘pantang menyerah menggapai cita-cita’ menyiratkan pesan bahwa anak desa pun bisa berbuat.

“Begitu pun bagi kami, Prof. Nurhajati adalah sosok penting yang berjasa bagi pembangunan pertanian di Dharmasraya. Selalu ada tempat untuk beliau,” ungkap Bupati Dharmasraya. (YT/Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -