25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Posyantek Pandang Budi Lintau Buo Utara Dinilai Tim Verifikasi Nasional
P

- Advertisement -

Batusangkar, BeritaSumbar.com,- Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyambut Tim Penilai Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) berprestasi tingkat Nasional dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi tahun 2018 pada Posyantek “Pandang Budi” Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kamis (6/9), di kantor Wali Nagari setempat.
Bupati mengatakan dengan kedatangan Tim Verifikasi lomba Posyantek tingkat Nasional dapat menjadi motivasi pemerintah, masyarakat dan pengurus Posyantek “Pandang Budi” Nagari Batu Bulek dalam meningkatkan kesejahteraaan Masyarakat melalui pengembangan teknologi yang sederhana, murah dan ramah lingkungan melalui pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG).
“Kita mengapresiasi posyantek “Pandang Budi” serta kepada seluruh pihak yang telah melakukan pembinaan terhadap Posyantek tersebut. Semoga nantinya dapat meraih prestasi menjadi terbaik di tingkat Nasional,” ujarnya.
Ikut dalam lomba Posyantek berprestasi tingkat Nasional, Posyantek “Pandang Budi” Kecamatan Lintau Buo Utara termasuk salah satu dari 7 Kecamatan yang sudah membentuk Posyantek TTG diantaranya Kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum, Sungayang, Salimpaung dan Batipuh Selatan.
“Saat ini pemerintah Tanah Datar sedang giat melaksanakan sosialisasi pembentukan Posyantek Nagari sebagai Implementasi Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dari 14 Kecamatan 7 diantaranya sudah membentuk kepegurusan Posyantek di setiap Nagarinya,” ujarnya.
Masuk dalam 10 besar pada saat ini, Bupati optimis Posyantek “Pandang Budi” yang diketuai Syafijjon Malin Marajo dapat masuk ke jajaran 6 besar yang akan di undang untuk hadir pada pengumuman penilaian tanggal 18 Oktober 2018 di Bali, nantiya dihadiri peserta lomba Posyantek TTG dari seluruh Indonesia.
“Kita tidak mengharapkan menjadi juara 2 atau 3, kita cuma mengharapkan menjadi juara 1 pada ajang ini, mudah-mudahan kita apa yang kita inginkan ini terwujud hingga nantinya dapat menjadi cambuk prestasi bagi Posyantek lainya yang ada di Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi lapangan lomba Posyantek tingkat Nasional Siswantoro membenarkan bahwa Posyantek “Pandang Budi” saat ini memang masuk pada 10 besar Posyantek Nasional namun untuk menjadi 6 besar tim akan meninjau langsung ke lapangan untuk melihat apakah situasi sesuai dengan laporan yang disampaikan.
“Terlebih dahulu kami ucapkan terima kasih atas sambutan yang meriah ini. Semoga apa yang dilaporkan sesuai dengan fakta yang terjadi dilapangan untuk di presentasikan ke tingkat Nasional. Hal itu akan menjadi catatan penting bagi Posyantek “Pandang Budi” menuju ke tahap selanjutnya,” ujarnya.
Siswantoro menambahkan selain nanti meninjau secara langsung Tim Verifikasi akan adakan diskusi yang akan melibatkan seluruh pihak terlibat khususnya Posyantek “Pandang Budi” terkait teknologi apa yang telah diterapkan kepada masyarakat.
Hadir pada saat itu perwakilan Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat Destrianto Boy, Plt Kadis PMDPPKB Tanah Datar Faisal A, OPD, Camat, Forkopimca, Wali Nagari se Keacamatan Linatu Buo Utara, BPRN Batu Bulek, Ketua KAN Batu Bulek, Ketua embaga Unsur Nagari Batu Bulek, tokoh Masayarakat dan tamu undangan lainnya.(Irfan F)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img