26 C
Padang
Jumat, April 26, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

POLRES Payakumbuh Giatkan “COMANDER WISH”
P

Kategori -
- Advertisement -

Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani,SH mengiatkan Personil Polres Payakumbuh untuk melaksanakan kegiatan Comander Wish (Kehadiran Insan Polisi Dilapangan) , kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari, terutama pada jam-jam sibuk para pelajar berangkat ke sekolah, pegawai/karyawan masuk kantor dan masyarakat luas menuju tempat aktifitasnya.

Comander Wish ini tidak saja dilaksakanan oleh Satuan opsnal lalu lintas, namun juga dilaksanakan oleh semua Fungsi staf Bagian/Satuan yang diterjunkan ke lapangan, terdiri dari Staf Bag Ops, Staf Bag Sumda, Staf Bag Ren, personil Sat Sabhara, Sat Intelkam, Sat Reskrim, Sat Binmas, Staf Tahti dan dan staf keuangan, pokoknya semua Insan polisi diterjunkan ke lapngan termasuk anggota Polwan.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka melaksanakan tugas pokok Kepolisian yakni memberikan : perlindungan, pengayoman dan pelayananan kepada masyarakat serta penegakan hukum guna mewujudkan rasa aman, tentram, tertib serta menimbulkan kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 S/d 07.45 Wib, sampai para pelajar masuk sekolah, Pegawai/ Karyawan sudah masuk Kantor dan situasi sudah mulai agak sepi, kemudian pada pukul 08.00 Wib semua personil yang terlibat kegiatan Comander Wish melaksanakan apel pagi dilapangan apel Mapolres Payakumbuh guna menerima berbagai informasi dari Pimpinan.

Sasaran kegiatan Comander Wish adalah :

  • Pengaturan arus lalau lintas pada Persimpangan.
  • Pengaturan/penertiban pada tempat dan lokasi rawan kemacetan dan kecelakaan Lalu lintas.
  • Pengaturan/penertiban pada Pusat Keramaian : pusat Pasar dan Mall / Plaza.
  • Membantu para pelajar / masyarakat menyeberang pada zebra cros serta Pengaturan arus lantas pada lokasi Sekolah.
  • Penertiban parkir yang dapat menimbulkan kemacetan dan mengundang kecelakaan lalu lintas.
  • Penertiban angkot yang mangkal di luar terminal.
  • Melakukan tindakan/penilangan bagi para pengemudi kendaraan roda empat dan pengendara Sp Motor yang melakukan pelanggaran peraturan Lalu Lintas.

Bagi para pelajar yang melanggar peraturan lalu lintas, secara persuasif educatif diberikan surat teguran 1 lembar, kemudian surat tegoran yang sama juga dikirimkan kepada pihak sekolah dimana para pelajar tersebut bersekolah, nanti pihak sekolah akan memberikan tindakan kepada para pelajar yang melanggar yang juga diketahui oleh orang tua/wali murid dari pelajar, sehingga penertiban/penegakan peraturan lalu lintas menjadi tugas bersama yang bersinergi antara Pihak Sekolah/Guru, Dinas Pendidikan dan juga para orang tua, karena kita tahu, bahwa yang banyak menjadi korban Kecelaakaan Lalu lintas di jalan raya adalah para generasi muda kita yang produktif/kalangan pelajar.

Kapolres Payakumkbuh AKBP Yuliani, SH mengatakan, dengan adanya kegiatan Comander Wish ini , setidaknya dapat menggugah warga masyarakat pengemudi, pengendara, para pelajar dan pemakai jalan lainnya untuk dapat sama-sama mematuhi semua peraturan Lalu lintas.

Cara-cara bertindak dalam kegiatan Comander Wish ini disamping bersifat prefentif, persuasif dan educatif juga dilaksanakan tindakan penegakan hukum bagi para pelanggar seperti angkutan umum, yang berhenti menaikan penumpang pada tempat-tempat terlarang, pengendara sepeda motor yang tidak pakai helm, kelengkapan kendaraan yang tidak lengkap dan surat-surat identitas pengendara/pengemudi serta mencurigai/menangkap para pelaku yang terlibat dalam kasus curanmor, pengedar/penyalahgunaan Narkoba serta pelaku kriminal lainnya.

Kegiatan Comander Wish ini disamping tugas rutin memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sekaligus juga dapat berfungsi sebagai kegiatan Cipta Kondisi di wiliayah hukum Polres Payakumbuh, kegiatan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat, pihak Pemerintah Kota Payakumbuh, Dinas Pendidikan serta para majlis guru.

Kegiatan Comander Wish ini disamping tugas rutin memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sekaligus juga dapat berfungsi sebagai kegiatan Cipta Kondisi di wiliayah hukum Polres Payakumbuh, kegiatan Comander Wish ini mendapat respon yang positif dari masyarakat, pihak Pemerintah Kota Payakumbuh, Dinas Pendidikan serta para majlis guru. (humas Polres Payakumbuh)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img