27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

Polisi : Jalan Tertutup Longsor Sudah Bisa Dilalui

Padang Aro – Jalan Provinsi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, tepatnya di kawasan Bukit Manggiu, Kecamatan Sangir yang tertimbun longsor sejak tadi pagi sekarang sudah bisa dilalui semua jenis kendaraan.

“Kendaraan sudah bisa lewat sejak pukul 11.00 WIB dan sekarang alat berat masih bekerja dan polisi masih menempatkan 10 anggota untuk mengamankan jalan tersebut,” kata Kasat Lantas Polres Solok Selatan, AKP Indra di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, petugas masih mengatur lalu lintas di kawasan Bukit Manggiu yang tertimbun longsor sejak pagi tadi.

“Petugas masih kita tempatkan di lokasi longsor untuk mengamankan lalu lintas serta menjaga alat berat yang sedang bekerja,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Saptono mengatakan jalan provinsi tersebut tertimbun material longsor akibat bukit di sampingnya runtuh.

“Material longsor tidak terlalu banyak hanya sekitaran 30 kubik dan kejadian terjadi pada pukul 06.00 WIB,” katanya.

Dia menjelaskan, bukit yang longsor tersebut merupakan bekas pelebaran jalan yang dilakukan pemerintah, dan dengan curah hujan yang tinggi tanah yang tidak ada lagi tumbuhan tersebut menjadi runtuh.

Curah hujan sudah terjadi sejak Minggu sore (3/1) hingga Senin pagi sehingga bukit bekas pelebaran jalan tersebut runtuh dan menimbun badan jalan.

“Material longsor hanya berupa tanah dan tidak ada batu besar maupun kayu sehingga proses pembersihannya bisa lebih cepat,” katanya.

Aparatur Sipil Negara yang setiap hari melintasi daerah itu Hamudis mengatakan, akibat longsor tersebut
jalan sempat tertutup dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.

“Setelah material dibersihkan dan kayu yang membelintang dipotong petugas baru bisa dilewati,” katanya.

Dia menyebutkan sempat terhambat di lokasi tersebut karena jalan ini merupakan akses satu-satunya ke pusat pemerintahan.

Kawasan Bukit Manggiu merupakan satu-satunya akses masyarakat dari tiga kecamatan yaitu Sangir Jujuan, Sangir Batang Hari dan Sangir Balai Janggo menuju pusat pemerintahan kabupaten setempat. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SMA N 2 Lintau Buo Lakukan Kerjasama Pembinaan Informasi Kampus Dan Beasiswa Dengan IPMI

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka pembinaan informasi kampus dan beasiswa di dalam maupun luar nageri,SMA Negeri 2 Lintau Buo lakukan kerjasama Dengan...

Club Sepak Bola LPPKI FC Ikut Ambil Bagian Dalam Turnamen U-14

Padang,- Club sepak bola LPPKI FC turut ambil bagian dalam kejuaraan sepak bola U-14 memperebutkan Piala SIWO PWI Sumatra Barat yang diselenggarakan...

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah – Kapuah Pagaruyung Bahayakan Pengendara

Tanah Datar, - Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -