24.1 C
Padang
Thursday, October 22, 2020

Sumbar Tidak Usulkan PJ Bupati Limapuluh Kota

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk sementara tidak akan mengusulkan nama Penjabat (Pj) Bupati Limapuluh Kota karena proses penetapan Pj di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum jelas hingga saat ini.

“Wacana yang berkembang, untuk daerah yang tidak ada sengketa pemilu, calon kepala daerah pemenang akan dilantik Januari 2016,” kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Mardi di Padang, Minggu.

Artinya, waktu yang tersisa sangat sedikit. “Kalau kita paksakan untuk mengusulkan nama Pj Bupati Limapuluh Kota sekarang, bisa jadi nanti dia hanya menjabat untuk beberapa hari saja, karena itu, sementara ini kita tidak akan mengusulkan apapun,” katanya.

Menurut dia, dengan pertimbangan waktu tersebut, kemungkinan Kabupaten Limapuluh Kota akan tetap dipimpin Sekretaris Kabupaten sebagai pelaksana harian (plh) bupati hingga kepala daerah definitif dilantik.

Ia mengatakan, hal yang sama kemungkinan juga akan berlaku untuk Kabupaten Agam.

“Untuk Pj Bupati Agam sebenarnya telah sejak lama kita usulkan, tetapi sampai sekarang belum ada balasan dari Kementerian Dalam Negeri. Kemungkinan, akan sama dengan Limapuluh Kota” katanya.

Menurut Mardi, kebijakan untuk tidak mengusulkan nama Pj Bupati Limapuluh Kota itu, tidak menyalahi aturan yang ada.

Sementara, pamong senior Sumbar Rusdi Lubis menilai langkah yang dilakukan Pemprov Sumbar untuk tidak mengusulkan Pj untuk Limapuluh Kota itu, memang tidak menyalahi aturan.

“Sekarang tidak ada lagi persoalan yang sifatnya “urgen” di daerah. Apalagi, ada wacana calon pemenang akan dilantik Januari 2016. Sebaiknya memang menunggu kepala daerah definitif dilantik,” katanya.

Tapi kalau seandainya pelantikan baru dilakukan Maret atau Juni, maka menurutnya, Pj tetap dibutuhkan oleh daerah.

Sebelumnya, pemilu kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Agam dan Limapuluh Kota pada 9 Desember 2015 berjalan lancar.

Pilkada Agam tidak ada sengketa hasil pemilu, sementara untuk Limapuluh Kota, meskipun sengketa terdaftar di Mahkamah Konstitusi, tetapi dinilai tidak memenuhi syarat untuk diteruskan. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

P3S Gelar Webinar Dengan Tema “Masa Depan Penyiaran Analog (Konvensional) di Indonesia”

Topik menarik seputar kontroversi antara penyiaran analog dan digital akan dibedah dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) dan esensinews.com yang...

Setahun Gerakan Merawat Bumi dari Rumah Tangga di Indonesia

Eco Enzyme (EE) adalah cairan yang diproduksi dari fermentasi sampah organik seperti kulit buah dan sayuran dicampur gula dan air yang menghasilkan...

P3S Gelar Webinar Dengan Tema “Masa Depan Penyiaran Analog (Konvensional) di Indonesia”

Topik menarik seputar kontroversi antara penyiaran analog dan digital akan dibedah dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) dan esensinews.com yang...

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

LIMAPULUH KOTA,- Program dalam memimpin Limapuluh Kota kedepan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -